World

5 Film tentang Ayah dari Berbagai Negara, Dijamin Bikin Mewek!

Baik film Indonesia, Korea, maupun Hollywood kerap mengangkat cerita tentang ayah. Ada film apa saja?

Tinwarotul Fatonah
Rabu, 24 November 2021 | 10:47 WIB
Film yang menceritakan tentang ayah (Hancinema)
Film yang menceritakan tentang ayah (Hancinema)

Matamata.com - Suasana Hari Ayah lekat dengan bulan November. Setiap tanggal 12 November setiap tahunnya, masyarakat Indonesia memang merayakan Hari Ayah Nasional. Berbagai cara dilakukan untuk merayakan Hari Ayah, salah satunya dengan menonton film.

Deretan film yang menceritakan tentang ayah berikut ini bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktumu di akhir pekan mendatang. Simak rekomendasi dari redaktur MataMata.com berikut ini.

1. Tampan Tailor

Film yang menceritakan tentang ayah (IMDb)
Film yang menceritakan tentang ayah (IMDb)

Vino G Bastian menjadi sosok ayah tunggal bernama Topan dalam film Tampan Tailor (2013). Setelah kehilangan sang istri, Topan juga harus kehilangan toko jahitnya sehingga melakukan segala pekerjaan demi menyambung hidup. Topan tak ingin anaknya, Bintang (diperankan Jefan Nathanio), putus sekolah karena keadaan tersebut.

Berkat bantuan sepupunya, Darman (diperankan Ringgo Agus Rahman), Topan mulai menjajal profesi calo tiket kereta, kuli bangunan, hingga stuntman. Topan juga dibantu Prita (Marsha Timothy), penjaga kios di dekat stasiun kereta, untuk kembali meraih mimpi-mimpinya. Tampan Tailor dapat disaksikan di KlikFilm.com.

2. Miracle in Cell No 7

Film yang menceritakan tentang ayah (Hancinema)
Film yang menceritakan tentang ayah (Hancinema)

Miracle in Cell No. 7 (2013) berkisah tentang ayah yang menderita keterbelakangan mental, Lee Yong Goo (Ryoo Seung Ryong). Lee Yong Goo terjebak kasus yang membuatnya menjadi pelaku penculikan, kekerasan seksual, dan pembunuhan. Lee Yong Goo kemudian masuk ke dalam sel penjara nomor 7 dan terpisah dari sang putri, Ye Sung (Kal So Won).

Lee Yong Goo yang begitu merindukan Ye Sung kemudian mendapat bantuan dari penghuni sel lain. Mereka menyiapkan rencana agar Lee Yong Goo dan Ye Sung bisa bertemu kendati sel mereka dijaga dengan keamanan tingkat tinggi. Miracle in Cells No. 7 juga akan diadaptasi dalam versi Indonesia dalam waktu dekat lho! Saksikan film versi Korea terlebih dahulu di Netflix.

3. Sabtu Bersama Bapak

Film yang menceritakan tentang ayah (IMDb)
Film yang menceritakan tentang ayah (IMDb)

Sabtu Bersama Bapak (2016) berhasil meraih beragam penghargaan dalam berbagai festival film. Film arahan Monty Tiwa ini mengisahkan Gunawan (diperankan Abimana Aryasatya) yang hanya memiliki sisa hidup satu tahun terkait penyakit yang dideritanya. Itje (Ira Wibowo) mendampingi Gunawan dengan tenang meski takdir segera memisahkan mereka.

Gunawan kemudian merekam pesan-pesan untuk kedua anaknya, Satya (Arifin Putra) dan Cakra (Deva Mahenra). Gunawan rupanya berharap kasih sayangnya terus dirasakan anak-anaknya setelah ia pergi meninggalkan dunia melalui rekaman tersebut. Satya dan Cakra pun mendengar rekaman tersebut setiap hari Sabtu hingga mereka dewasa. Tonton selengkapnya di Disney+ Hotstar.

4. The Pursuit of Happyness

Film yang menceritakan tentang ayah (IMDb)
Film yang menceritakan tentang ayah (IMDb)

Film The Pursuit of Happyness (2006) mengisahkan tentang Chris Gardner (diperankan Will Smith) yang kehilangan keluarganya karena masalah finansial. Chris kemudian merawat sang putra, Christopher Gardner Jr. (diperankan Jaden Smith) setelah sang istri meninggalkan mereka.

Keputusan Chris untuk magang tanpa upah di sebuah perusahaan membuat istrinya, Linda (Thandie Newton), kehilangan kesabaran. Linda pun menegaskan tak bisa merawat putra mereka. Chris dan sang putra kemudian tinggal di tempat penampungan karena apartemen dan uang simpanannya pun raib. Saksikan kisah selengkapnya di Vidio.

5. Hope

Film yang menceritakan tentang ayah (Hancinema)
Film yang menceritakan tentang ayah (Hancinema)

Hope (2013) mengisahkan seorang ayah yang harus berjuang untuk menemui sang putrinya, Im So Won (diperankan Lee Re). Suatu hari, So Won diperkosa secara sadis. Tak hanya luka fisik, So Won juga mengalami trauma berat hingga takut bertemu pria dewasa.

Bahkan Lee Re takut bertemu sang ayah, Im Dong Hoon (diperankan Sol Kyung Gu). Im Dong Hoon harus memakai kostum badut Kokomong agar bisa bertemu So Won. Di sisi lain, pelaku hanya dihukum 12 tahun penjara karena mengaku mabuk saat memperkosa So Won. Kisah lengkapnya dapat disaksikan melalui Viu.

Itu dia film-film yang menceritakan tentang ayah, dijamin bakal bikin berderai air mata pas nonton! Kalian sudah nonton yang mana saja? Film apa favoritmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Tags # film tentang ayah # miracle in cell no 7 # sabtu bersama bapak

Hot Video

Berita Terkini