World

Profil Aamir Khan, Aktor '3 Idiot' yang Bercerai untuk Kedua Kalinya

Aamir Khan mengakhiri rumah tangganya dengan Kiran Rao setelah 15 tahun bersama.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Profil Aamir Khan (Instagram/@karanjohar)
Profil Aamir Khan (Instagram/@karanjohar)

Matamata.com - Aamir Khan mengejutkan publik setelah mengumumkan perceraiannya dengan Kiran Rao. Mereka sepakat berhubungan hanya sebagai orang tua bagi Azad Rao Khan yang kini berusia 9 tahun.

Perceraian ini merupakan kali kedua bagi Aamir Khan setelah rumah tangganya dengan Reena Dutta berakhir pada 2002 silam. Kendati bercerai, Aamir Khan dan Kiran Rao sepakat akan tetap bekerja sama dalam berbagai proyek, salah satunya Paani Foundation yang mereka dirikan.

Fakta Perjalanan Cinta Aamir Khan dan Kiran Rao (Instagram/@amirkhanactor_)
Profil Aamir Khan (Instagram/@amirkhanactor_)

Ingin lebih mengenal Aamir Khan yang dikenal luas berkat film Three Idiots (2009)? Simak profil lengkapnya berikut ini.

1. Biodata Aamir Khan

Fakta Perjalanan Cinta Aamir Khan dan Kiran Rao (Instagram/@amirkhanactor_)
Profil Aamir Khan (Instagram/@amirkhanactor_)

Aamir Khan yang memiliki nama lengkap Aamir Hussain Khan lahir di Mumbai, India, 14 Maret 1965. Aamir lahir di keluarga muslim Pathan yang menggeluti dunia film.

Ayah Aamir, Tahir Hussain, adalah seorang produser film. Sedangkan paman Aamir, Nasir Hussain, merangkap sebagai produser, sutradara, dan aktor.

2. Perjalanan Karier Aamir Khan

Fakta Perjalanan Cinta Aamir Khan dan Kiran Rao (Instagram/@_kiranraokhan)
Profil Aamir Khan (Instagram/@_kiranraokhan)

Aamir Khan telah mengawali kariernya sejak anak-anak dengan berperan di film Yaadon Ki Baraat (1973) dan Madhosh (1974). Nama Aamir mulai mencuri perhatian ketika membintangi film Qayamat Se Qayamat Tak (1988) yang disutradarai sang sepupu, Mansoor Khan. Aamir kemudian mendapat penghargaan pertama Special Jury Award untuk perannya di film Raakh. Bakat akting Aamir dianugerahi penghargaan aktor terbaik berkat film Raja Hindustani yang dibintanginya bersama Karisma Kapoor.

Aamir Khan kemudian melebarkan sayap sebagai produser dengan mendirikan Aamir Khan's Productions tahun 2001. Film pertamanya yakni Lagaan sukses di kancah Internasional. Film Lagaan yang mempertemukan Aamir dengan sang mantan istri, Kiran Rao, juga dinominasikan untuk Piala Oscar dalam kategori Best Foreign Language Film. Lagaan juga meraih penghargaan nasional sebagai film terbaik dan terpopuler di ajang IIFA dan Filmfare Awards.

Setelah absen berakting selama empat tahun, Aamir Khan kembali dengan membintangi film Ketan Mehta's Mangal Pandey: The Rising (2005). Aamir kemudian kembali mendapat penghargaan sebagai aktor terbaik berkat film Rang De Basanti (2006). Debut Aamir sebagai sutradara dalam film Taare Zameen Par juga mendapat apresiasi Filmfare Award. Tahun-tahun keemasan Aamir Khan terus berlanjut dengan kesuksesan Ghajini (2008) yang menjadi film dengan penjualan terlaris dan film Bollywood yang paling sukses sepanjang masa, 3 idiots (2009).

Aamir Khan kemudian dinobatkan sebagai Bhushan Padma oleh Pemerintah India atas sumbangsih kepada perfilman India. Aamir juga ditawari untuk dibuatkan patung lilin oleh Madame Tussaud, London, namun ia tolak. Aamir Khan mengaku lebih mementingkan kerja keras dibanding ketenaran.

3. Kehidupan Pribadi Aamir Khan

Aamir Khan dan Kiran Rao (Instagram/@_aamirkhan)
Profil Aamir Khan (Instagram/@_aamirkhan)

Aamir Khan menikah dengan aktris Reena Dutta selama 16 tahun. Mereka awalnya tetangga sebelum akhirnya menikah. Dari pernikahan tersebut, Aamir dianugerahi dua anak yakni Junaid Khan dan Ira Khan. Perceraian dengan Reena Dutta sempat membuat Aamir Khan vakum dari dunia akting selama 4 tahun.

Aamir Khan kemudian menikah untuk kedua kalinya dengan asisten sutradara Kiran Rao dan kembali berakting pada 2005. Pernikahan mereka dianugerahi seorang putra bernama Azad Rao Khan yang kini telah berusia 9 tahun. Sayangnya pernikahan Aamir kembali berakhir setelah 15 tahun.

4. Kontroversi Aamir Khan

Aamir Khan (Instagram/@aamirkhanturkey)
Profil Aamir Khan (Instagram/@aamirkhanturkey)

Pernyataan Aamir Khan soal agama anak-anaknya sempat menjadi perbincangan di Twitter. Pada sebuah wawancara, Aamir pernah ditanya soal keputusannya menikahi wanita beragama Hindu. Aamir mengaku tidak masalah dan tak ingin memaksakan sang istri untuk menganut Islam seperti dirinya. Aamir rupanya santai menghadapi perbedaan tersebut lantaran anak-anaknya akan mengikuti keyakinan yang dianutnya, yakni Islam.

Aktris India, Kangana Ranaut kemudian memberikan kritikan kepada Aamir Khan. Menurut Kangana Ranaut, Aamir tidak boleh memaksakan agamanya kepada sang anak. Apalagi Aamir hidup dan berkarier di India yang mayoritas beragama Hindu. Kangana mempertanyakan toleransi yang seharusnya diterapkan di India, apalagi darah Hindu juga mengalir dalam diri anak-anak Aamir dari ibunya.

Aamir Khan juga sempat bikin heboh karena diduga memberikan bantuan berupa paket tepung terigu. Namun di dalam paket tersebut, ditemukan uang sekitar Rp3 juta. Namun Aamir telah membantah apabila yang memberikan bantuan paket terigu ke warga Delhi tersebut adalah dirinya. Terlepas dari rumah tangganya yang lagi-lagi berakhir, Aamir Khan tetap seorang aktor dengan segudang prestasi. Salut! 

Kontributor: Neressa Prahastiwi

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report