World

Profil Taylor Swift, Meraih Grammy Awards 2021 Berkat Album Folklore

Lewat album 'Folklore', Taylor Swift membuktikan bahwa karakter musiknya kian kuat dan beragam.

Yohanes Endra

Taylor Swift. (Instagram/@taylorswift)
Taylor Swift. (Instagram/@taylorswift)

Matamata.com - Taylor Swift kembali hangat diperbincangkan. Pasalnya, musisi berusia 31 tahun ini berhasil memenangkan ‘Album of The Year’ pada Grammy Awards 2021 melalui album 'Folklore'.

Album yang berhasil melambungkan nama Taylor Swift ini memang sudah digadang-gadang akan masuk nominasi dalam Grammy tahun 2021. Lewat album 'Folklore', Taylor Swift membuktikan bahwa karakter musiknya kian kuat dan beragam.

Folklore dirilis pada 24 juli 2020 dan berisikan 16 lagu yang diisi dengan lirik-lirik naratif yang memang sejak dahulu sudah menjadi karakter dari Taylor Swift. Ingin tahu lebih banyak dengan sosok pemenang Grammy Awards 2021? Simak profil Taylor Swift berikut ini.

Biodata Taylor Swift

Perempuan jenius dalam bermusik yang bernama lengkap Taylor Alison Swift ini lahir pada 13 Desember 1989. Anak dari pasangan Andrea Gardner dan Scott Kingsley Swift ini memang memiliki darah seni yang mengalir dari neneknya yang merupakan seorang penyanyi opera, ia adalah Majorie Finlay.

Penyanyi yang dikenal dengan musik Country ini memiliki satu orang saudara yang berusia lebih muda, yaitu Austin.

Kabarnya inspirasi terbesarnya dalam bermusik datang dari seorang penyanyi country, penulis lagu dan aktris asal Amerika Serikat yang bernama Shania Twain.

Taylor Swift. (Instagram/@taylorswift)
Taylor Swift. (Instagram/@taylorswift)

Perjalanan Karier Taylor Swift

Bakat Taylor dalam bernyanyi sudah mulai terlihat saat ia berusia 3 tahun, ketika Taylor sedang bertamasya dengan keluarganya ia menunjukan talentanya di hadapan sekumpulan turis. Selanjutnya saat Taylor menduduki bangku sekolah dasar kelas 4 ia memenangkan kontes puisi tingkat nasional yang berjudul ‘Monster in My Closet’.

Instrumen yang pertama kali Taylor pelajari adalah gitar, saat ia berusia 10 tahun seorang tukang reparasi komputer mengajarinya 3 chord yang mana menjadi pemicu lahirnya lagu pertama Taylor yang berjudul ‘Lucky You’.

Mulanya Taylor adalah seorang yang menjadikan musik sebagai wadah dalam menyalurkan emosinya, bentuk ungkapan perasaan Taylor dapat terlihat melalui lirik-lirik yang ia tuliskan. Bakat Taylor dalam menulis semakin terlihat ketika ia bisa mengajak pembacanya mengerti apa yang sedang ia rasakan, seperti masalah-masalah pribadi yang sedang ia jalani.

Pasalnya Taylor adalah korban bullying semasa ia bersekolah, ia menjadikan menulis lagu sebagai bentuk pelampiasan emosi dan kekesalan yang saat itu ada dalam kehidupanya.

Bakat Taylor dalam menulis juga terlihat saat ia berusia 12 tahun, ia menghabiskan seluruh musim panas dengan menulis. Ia berhasil menyelesaikan sebuah novel 350 halaman.

Taylor Swift [Instagram/@taylorswift]
Taylor Swift [Instagram/@taylorswift]

Karya Taylor Swift

  1. Taylor Swift (24 Oktober 2006)
  2. Fearless (11 November 2008)
  3. Speak Now (25 Oktober 2010)
  4. Red (22 Oktober 2012)
  5. 1989 (27 Oktober 2014)
  6. Lover (23 Agustus 2019)
  7. Evermore (11 Desember 2020)
  8. Folklore (24 Juli 2020)

Mini Album

  1. Sounds of the Season: The Taylor Swift Holiday Collection|Sounds of the Season: The Taylor Swift Holiday Collection (14 Oktober 2014)
  2. Beautiful Eyes (15 Juli 2008)

Prestasi Taylor Swift

Berikut ini daftar penghargaan yang diraih Taylor Swift selama kariernya di dunia musik.

Grammy Awards

  • 2010: Fearless (Album of the year dan best country album)
  • 2010: White Horse (Best female country vocal performance dan best country song)
  • 2012: Mean (Best country solo dan bes country song)
  • 2013: Safe and Sound (Best song written for visual media)
  • 2016: 1989 (Album of the year dan best pop vocal album)
  • 2016: Bad Blood (Best music video)
  • 2021: Folklore (Album of the year)

Taylor Swift juga mencatatkan dirinya sebagai solois perempuan pertama yang memenangkan album of the year sepanjang sejarah Grammy Award.

Secara total Taylor Swift sudah mengantongi 248 penghargaan dan masuk dalam 541 nominasi bergengsi. Itulah profil Taylor Swift, penyanyi wanita pemenang Grammy Awards 2021.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report