World

Mengulik Deretan Bisnis Sampingan 7 Aktor Bollywood, Super Tajir!

Shah Rukh Khan nggak cuma jago main film, tapi juga jago bisnis.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Shah Rukh Khan. (Instagram/@iamsrk)
Shah Rukh Khan. (Instagram/@iamsrk)

Matamata.com - Tidak hanya di dunia hiburan, para aktor Bollywood juga membangun bisnis sampingan yang kelak menghidupi mereka ketika pensiun. Hebatnya, bisnis sampingan aktor Bollywood ini sesukses karier mereka di lebar. Salah satunya Shah Rukh Khan.

Dilansir dari msn.com, Shah Rukh Khan adalah wakil ketua perusahaan produksi film Red Chillies Entertainment dan anak perusahaannya. Perusahaan produksinya memproduksi film dan divisi VFX (Teknik Visual Efek)-nya menawarkan layanan VFX dan animasi ke rumah produksi dan pembuat film lainnya.

Shah Rukh Khan juga merupakan pemilik bersama tim kriket Liga Premier India, Kolkata Knight Riders. Khan memperoleh hak kepemilikan untuk waralaba pada 2008 dalam kemitraan dengan Juhi Chawla, yang telah menjadi lawan mainnya di banyak film sukses.

KKR adalah salah satu tim terkaya di IPL, dengan nilai merek beberapa juta. Shah Rukh Khan juga populer sebagai pembawa acara penghargaan dan presenter TV. Dia menjadi brand ambassador sejumlah merek ternama di mana dia menghasilkan banyak uang.

Shah Rukh Khan, Gauri Khan dan AbRam Khan (Instagram/@gaurikhan)
Shah Rukh Khan, Gauri Khan dan AbRam Khan (Instagram/@gaurikhan)

 

Selain Shah Rukh Khan, 6 aktor Bollywood ini juga jago berbisnis.

Siapa saja?

1. Ajay Devgan

Kajol dan Ajay Devgan (Instagram/@kajol)
Kajol dan Ajay Devgan (Instagram/@kajol)

 

Suami Kajol, Ajay Devgan telah dengan bijak menginvestasikan persen tertentu dari uangnya di sejumlah usaha. Aktor ini adalah investor bagian dalam proyek surya Charanaka di Gujarat.

Ajay bersama dengan Grup Roha berinvestasi miliaran di pabrik 25 MW. Didirikan dalam periode catatan hanya delapan bulan, pabrik ini berfungsi mulai 31 Desember 2011.

Selain itu, Ajay juga memiliki rumah produksi yang disebut Ajay Devgn Films. Didirikan pada tahun 2000, usaha perdananya adalah Raju Chacha (2000) yang menampilkan Ajay dan Kajol. Ajay juga memiliki VFX Studio.


2. Salman Khan

Salman Khan dan ibunya (Instagram/@beingsalmankhan)
Salman Khan dan ibunya (Instagram/@beingsalmankhan)

 

Salman Khan juga memasuki dunia bisnis, diantaranya hiburan, olahraga, endorsement, dan pakaian bermerek. Merek Being Human miliknya dilisensikan ke Mandhana Retail Ventures, yang mengoperasikan lusinan gerai di berbagai kota yang menjual aksesori dan pakaian mode.

Menurut kabar yang beredar, superstar Bollywood ini juga telah mendaftarkan merek dagang BeingSmart untuk smartphone yang ditargetkan pada segmen pasar menengah.

Salman memiliki 5% saham di Yatra.com, yang merupakan kesepakatan iklan untuk ekuitas. Klausa iklan untuk ekuitas ini mensyaratkan promosi dan pemasaran merek.

3. Hrithik Roshan

Hrithik Roshan (Instagram/@hrithikroshanactor)
Hrithik Roshan (Instagram/@hrithikroshanactor)

 

Hrithik Roshan yang memulai karir aktingnya pada tahun 2000 dengan ayahnya di film Kaho Naa Pyaar Hai, akhir 2018 lalu menjual saham mayoritas dalam merek fashion HRX-nya ke Myntra milik Flipkart, sebuah portal belanja online. Merek pakaian kebugarannya yang bernama HRX diluncurkan pada 2013 secara eksklusif di portal mode online Myntra dan sekarang dijual di toko-toko ritel fisik.

Hrithik Roshan juga mengambil saham di startup kebugaran CureFit yang berbasis di Bengaluru dan merancang latihan khusus HRX untuk pusat kebugaran miliknya.

4. Suniel Shetty

Mana Shetty dan Suniel Shetty  (Instagram/@suniel.shetty)
Mana Shetty dan Suniel Shetty (Instagram/@suniel.shetty)

 

Suniel Shetty bisa dibilang pertama kali menjelajah ke bisnis kebugaran dan membuka banyak pusat kebugaran di seluruh India. Waralaba gym-nya dapat terlihat di banyak bagian negara.

Suniel Shetty juga memiliki rumah produksi film yang disebut Popcorn Entertainment, yang telah menghasilkan serangkaian film seperti Khel (2003), Rakht (2004), Bhagam Bhag (2006), Mission Istanbul (2008), EMI (2008) dan Loot (2011). Nggak cuma itu, Suniel juga pemilik Mischief, rantai butik yang tersebar di seluruh penjuru Mumbai.

Sang aktor juga menjalankan beberapa restoran yang mengkhususkan diri dalam masakan Udupi di kota. Dia bahkan telah memberanikan diri merancang dan mengembangkan proyek real estat mewah melalui perusahaannya S2 Reality.

Suniel juga seorang presenter televisi. Dia juga dikatakan memiliki 50 persen saham di salon Hakim Aalim. Busyet!

5. Abhishek Bachchan

Aishwarya Rai and  Abhishek Bachchan  from Instagram @aishwaryaraibachchan_arb
Aishwarya Rai and Abhishek Bachchan (Instagram/@aishwaryaraibachchan_arb)

 

Abhishek Bachchan adalah pengusaha yang luar biasa. Suami Aishwarya Rai ini membeli tim waralaba Pro Kabaddi League, Jaipur Pink Panthers, dan pada 2014 ikut membeli tim sepakbola Liga Super India Chennaiyin FC.

Pada 2014, Jaipur Pink Panthers-nya memenangkan kejuaraan pertama dan pada 2015 Chennaiyin FC memenangkan ISL.

6. Arjun Rampal

Arjun Rampal  (Instagram/@rampal72)
Arjun Rampal (Instagram/@rampal72)

 

Arjun Rampal adalah aktor beken Bollywood yang gantengnya bukan main. Kabar mengatakan bahwa seperti banyak aktor di Bollywood, Arjun Rampal juga menghasilkan banyak uang melalui bisnis sampingannya.

LAP adalah restoran lounge-bar-nya sendiri di Delhi. Memiliki luas lebih dari 17.000 kaki persegi, restoran lounge-bar yang luas ini menawarkan fasilitas yang asyik. LAP dirancang dengan furnitur yang keren oleh istri Shah Rukh Khan, Gauri Khan, desainer Tarun Tahiliani dan Rohit Bal.

Arjun juga menjalankan perusahaan manajemen acara bernama Chasing Ganesha. Top bener deh!

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report