Seleb

Para Selebriti Tunjukkan Simpati atas Insiden Bom di Surabaya

Peristiwa bom bunuh diri di tiga lokasi di Surabaya tentunya menyulut kemarahan masyarakat, tak terkecuali selebriti Tanah Air.

Tinwarotul Fatonah | Uni Irmagani

Daniel Mananta, jerinx dan Ernest Prakasa
Daniel Mananta, jerinx dan Ernest Prakasa

Matamata.com - Terjadi ledakan diduga bom bunuh diri di tiga lokasi gereja di Surabaya, hari ini Minggu (13/5/2018) sekitar pukul 7 pagi.

Tiga gereja tersebut yakni Gereja (Katolik) Santa Maria Tak Bercela, GKI (Gereja Kristen Indonesia) Diponegoro dan GPPS (Gereja Pantekosta Pusat Surabaya) Arjuno.

Melansir dari Suara.com, bom pertama meledak di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya Nomor 1, Gubeng.

Menurut Frans, insiden pertama terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Diduga pelaku teror bom di Santa Maria meledakkan dirinya di area gereja.

Sedangkan insiden di GPPS, ledakan bom berasal dari mobil.

Pelaku bom bunuh diri di GKI Diponegoro diduga seorang ibu dan anak perempuan berusia sekitar 15 tahun.

"Ada ibu-ibu dan anaknya perempuan bawa tas dan tiba-tiba meledak," ujar salah seorang saksi di kawaan GKI Diponegoro

Sementara ini informasi dari Frans, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, korban mencapai sembilan orang, sementara 38 orang luka-luka.

"Satu lagi korban jiwa meninggal. Jadi total korban jiwa ada 9. Dia meninggal dalam perawatan di RS dr Soetomo, Surabaya," jelas Frans.

Korban-korban tersebut belum diketahui dari gereja mana. Sedangkan korban luka kebanyakan dirawat di RS dr Soetomo Surabaya.

Kejadian tak berperikemanusiaan ini tentunya menyulut kemarahan masyarakat Indonesia, tak terkecuali para selebriti.

Mereka menunjukkan simpati dan empati melalui postingan di Instagram.

Mereka juga mengajak masyarakat untuk tidak terpengaruh dan terpancing oleh aksi terorisme yang membawa-bawa agama lain.

Berikut deretan artis yang menyuarakan tanggapan mereka mengenai insiden bom Surabaya.

1. Jerinx SID

Drummer band SID ini menghimbau agar masyarakat tidak menyebar foto maupun video korban bom di Surabaya.

Ia juga menegaskan jika aksi terorisme tersebut bukanlah dari suatu agama tertentu, karena sejatinya terorisme tidak memiliki agama.

"Jokowi sudah tahu kok nama-nama di balik teror belakangan ini. Tapi layaknya politisi, beliau tersandera secara politik jadi terpaksa bermain cantik.

Terorisme di Indonesia motif sejatinya selalu politik; ia dibiayai elit, dirancang militer, lalu dieksekusi kelas menengah ke bawah yg frustasi dan kurang edukasi. Agama hanya topeng, digunakan utk menjaring jiwa tersesat yg terobsesi mati muda menjadi martir.

Itu bukan agama. Terorisme sejatinya tak memiliki agama.

Lalu apa goal utama teror-teror tsb? Sederhana saja: Kekuasaan tak terbatas atas bangsa yg kaya raya ini.

Apakah ada keterlibatan negara lain di sini? Saya rasa kita bisa menyimpulkannya sendiri.

#prayforsurabaya," tulis Jerinx.

Para Selebriti Tunjukkan Simpati atas Insiden Bom di Surabaya - 1
Instagram @jrxsid

2. Daniel Mananta

Host Indonesian Idol ini mengungkapkan kesedigannya atas tragedi bom di Surabaya. Ia mengajak masyarakat untuk mendoakan para korban dan keluarganya.

"Gw sangat sedih mendengar apa yang terjadi di Surabaya. But let’s choose love & forgiveness. But I do wanna pray for the victims and the family. God loves us all," tulis Daniel.

Para Selebriti Tunjukkan Simpati atas Insiden Bom di Surabaya - 2
Instagram @vjdaniel

3. Ernest Prakasa

Ernest menghimbau masyarakat untuk tidak terpecah akibat ulah para teroris. Ia juga mengajak masyarakat untuk lebih dekat satu sama lain.

"Teroris beraksi di Minggu pagi, meledakkan bom di tiga gereja di Surabaya, dan sudah 9 orang dinyatakan meninggal. Saat mata saya tengah membaca berita ini, telinga saya tengah mendengarkan speaker masjid dekat rumah. Isi ceramahnya tentang apa? Pentingnya kerukunan antar umat beragama. Please, teman2, jangan terpancing. Kita bukan sedang berperang melawan sesama. Justru ini waktunya kita saling berangkulan lebih erat. Kita boleh berduka & marah, tapi kita tidak boleh terpecah," tulis Ernest.

Para Selebriti Tunjukkan Simpati atas Insiden Bom di Surabaya - 3
Instagram @ernestprakasa

4. Nafa Urbach

Ibu satu anak ini tak bisa lagi menahan kemarahannya. Ia mengajak masyarakat untuk menunjukkan bahwa kita bisa melawan para teroris melalui kekuatan kebersamaan.

"Gak tau lagii mau ngomong apaaa , sediihh bangettt banget , kaget bercampur marah dan hancur hatiiii saya , GOD have mercy on Us , mari kt semua bergandengan tangan dan berdoa buat negara kt indonesia, NKRI harus bersatu kt adalah bangsa yg pintar guysss , tujuan mrk adalah memecah belah antar umat beragama , kt hrus tunjukan semakin di tindas kt bangsa yg harus semakin kuat , jgn lengah dan minta terus Kepekaan pd Tuhan , gandengan yah guys . islam,kristen,budha,hindu,katolik . #kitabhinekakitaindonesia #prayforsurabaya #indonesia hastag ini yahh guys," tulis Nafa.

Para Selebriti Tunjukkan Simpati atas Insiden Bom di Surabaya - 4Instagram @nafaurbach

Berita Terkait

Berita Terkini