7 Rekomendasi Set Top Box Terbaik dan Murah Tahun 2022

Apa saja kira-kira produk set top box terbaik yang tersedia di pasaran?

Yohanes Endra
Jum'at, 18 November 2022 | 14:17 WIB
Ilustrasi Set Top Box. (Instagram)

Ilustrasi Set Top Box. (Instagram)

Matamata.com - Sejak tanggal 2 November kemarin, Indonesia telah resmi menghentikan siaran TV analog secara bertahap untuk bermigrasi ke siaran TV digital. Agar TV analog tetap dapat digunakan, set top box dibutuhkan agar bisa menerima siaran TV digital. Sebagai informasi, set top adalah sebuah decoder yang dapat menangkap sinyal digital dan mengonversikannya menjadi data analog agar dapat disiarkan di TV.

Harga dari set top box sendiri cenderung relatif tidak terlalu mahal ataupun murah karen kisarannya ada di ratusan ribu Rupiah. Agar tidak terasa terlalu berat saat membelinya, kamu bisa mengambil pinjaman online bunga rendah bayar bulanan di SPinjam. Pasalnya, SPinjam adalah produk pinjaman tunai bagi para pengguna Shopee yang bunganya rendah, mulai dari 1,95% dan dapat dicicil hingga 12 bulan.

Lantas, apa saja kira-kira produk set top box terbaik yang tersedia di pasaran? Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya!

Baca Juga: - 5 Cara Memulai Bisnis Online di Shopee untuk Pemula

Rekomendasi Set Top Box TV Analog

1. Polytron DVB-T2 PDV 600T2

Siapa sih yang tidak kenal dengan Polytron? Produsen elektronik asli Indonesia ini dikenal dengan produk-produknya yang inovatif dan berkualitas. Adapun, salah satu produk yang juga dirilis oleh Polytron adalah set top box. Polytron DVB-T2 PDV 600T2 merupakan produk set top box unggulannya yang dibanderol dengan harga 200 ribuan Rupiah.

Baca Juga: - Ustaz Syam Bongkar Keris Petir Gus Samsudin Beli di Shopee, Ngakak Kenceng!

Fitur early warning system (EWS) menjadi salah satu keunggulan Polytron DVB-T2 PDV 600T2. Ini merupakan fitur pengingat jika akan terjadi bencana. Selain itu, Polytron DVB-T2 PDV 600T2 juga memiliki fitur perekam acara favorit, fitur panduan jadwal program siaran, fitur shift, hingga dapat memutar media dalam kualitas full HD.

2. Tanaka Type T2

Meski mereknya sangat berbau Jepang, Tanaka sebenarnya merupakan produk set top box dari Indonesia. Tanaka Type T2 memiliki harga 200 ribuan Rupiah dan sudah punya kabel HDMI dan RCA. Set top box ini diketahui mampu menangkap seluruh siaran digital di Indonesia serta sudah mendukung PVR, MP3, DLNA, Full HD 1080p, dan siaran YouTube.

Baca Juga: - Asyik! NCT DREAM Siap Comeback di TV Indonesia dalam Shopee Big Ramadan Sale TV Show

Selain itu, set top box Tanaka Type T2 ini punya banyak sekali fitur seperti early warning system, screencast, hingga perekam siaran. Ada juga fitur IPTV pada set top box ini sehingga kamu juga bisa mendapatkan siaran internet untuk ditonton.

3. Evercoss STB Pro

Merek lokal yang sebelumnya dikenal sebagai produsen ponsel dan smartwatch ini juga meluncurkan produk set top box. Evercoss STB Pro diketahui mampu menghadirkan siaran di TV analog milikmu menjadi berkualitas Full HD. Dibanderol dengan harga sekitar 170 ribuan Rupiah. Evercoss STB Pro ini dilengkapi kabel HDMI dan port USB.

Dengan begitu, set top box ini juga mendukung untuk memutarkan format MP3 atau MP4, serta resolusi Full HD 1080p. Jika ingin merekam siaran yang tidak sempat ditonton juga bisa dilakukan oleh perangkat ini karena sudah punya fitur perekaman.

Baca Juga: - Shopee 11.11 Big Sale TV Show Manjakan Penggemar Dangdut Indonesia

4. Matrix Apple DVB-T2

Ini merupakan merk set top box paling populer di pasaran. Matrix Apple DVB T2 ini memiliki harga 200 ribuan Rupiah dan punya banyak keunggulan. Salah satunya adalah jika menggunakan dongle WiFi, set top box ini dapat melakukan screencast dari ponsel ke TV serta mendukung streaming YouTube. Set top box Matrix Apple DVB T2 juga diketahui telah mendukung kualitas gambar Full HD.

Matrix Apple DVB T2 yang telah bersertifikasi SNI (Sertifikat Nasional Indonesia) diketahui memiliki 2 output untuk RCA dan HDMI. Selain itu, set top box ini sudah punya sertifikat EWS untuk peringatan dini dari bencana.

5. EviniX H1 DVB T2 Cast

Ini merupakan salah satu produk set top box paling terjangkau di pasaran karena harganya di bawah 200 ribu Rupiah. Meski begitu, kualitas yang dimiliki oleh EviniX H1 DVB T2 Cast ini tetap terjaga dengan baik dan tidak kalah dari produk lainnya.

Salah satu keunggulannya adalah set top box ini sudah memiliki fitur MeeCast. Fitur ini sendiri akan memungkinkan set top box ini agar dapat membagikan konten pada ponsel seperti video, musik, dan gambar untuk ditampilkan ke layar televisi.

Selain itu, EviniX H1 DVB T2 Cast juga sudah memiliki Dual UI dan adaptor. Sebagai informasi, adaptor pada set top box ini dapat membantu menerima siaran lewat antena UHF biasa ataupun antena UHF digital.

6. Advan Digipro DVB-10KK

Dikenal sebagai produsen ponsel, Advan diketahui juga merilis produk set top box. Salah satu produk set top box unggulannya adalah Advan Digipro DVB-10KK yang mendukung format audio dan video seperti H264, MP3, WMA, ACC, MPEG1, MPEG2, dan MPEG4. Set top box ini juga sudah mendukung siaran YouTube jika USB Wifi Dongle sudah terpasang.

Beli Set Top Box Terbaik di Shopee

Ingin berbelanja lebih hemat, termasuk ketika membeli set top box? Kamu bisa melakukannya dengan memanfaatkan promo Shopee 12.12 Birthday Sale yang akan berlangsung dari tanggal 14 November-12 Desember 2022. Ada berbagai promo menarik yang bisa bikin kamu semakin untung saat berbelanja seperti Gratis Ongkir Rp 0, Cuci Gudang Diskon s/90%, dan Rezeki Nama Diskon s/d 50 Ribu.

Yuk, buruan belanja di Shopee sekarang!

TERKINI

Saksikan konser virtual dalam game Sky: Children of the Light dengan menampilkan musisi kenamaan Norwegia, AURORA.
life | 21:39 WIB
Voxxes menyusulnya dengan merilis single dengan tajuk Fences di tahun yang sama sebagai single pembuka menuju album terbaru yang akan datang.
life | 17:42 WIB
Simak Lirik Lagu Semata Karenamu - Happy Asmara.
life | 15:47 WIB
Berikut jadwal lengkap dan siaran langsung pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.
life | 15:15 WIB
Mestinya sih, seks dalam sebuah hubungan FWB dilakukan dengan perasaan gembira selayaknya rekreasi.
life | 14:44 WIB
Mestinya sih, seks dalam sebuah hubungan FWB dilakukan dengan perasaan gembira selayaknya rekreasi.
life | 10:00 WIB
Fakta bahwa Rich Brian merupakan artis asal Indonesia ternyata banyak dilupakan.
life | 07:00 WIB
Simak lirik lagu NO dari Meghan Trainor.
life | 23:00 WIB
Simak Lirik Lagu Ada Di Mana Mana - Selfi Yamma.
life | 16:12 WIB
Dua juri Indonesia Idol yang baru langsung mencuri perhatian, siapa saja?
life | 10:00 WIB
Tampilkan lebih banyak