Life

Profil Aria Baron, Mantan Personel GIGI dengan Segudang Prestasi

Aria Baron memberi daya gedor tersendiri di dua album perdana Gigi yang berjudul Angan (1994) dan Dunia (1995). Simak profil Aria Baron berikut ini!

Yohanes Endra

Aria Baron. (Instagram)
Aria Baron. (Instagram)

Matamata.com - Aria Baron meninggal dunia pada hari Selasa (29/6/2021). Kepergian mantan personel GIGI itu menyisakan duka mendalam. Thomas Ramdhan tak kuasa menahan tangisnya ketika membagikan kabar meninggalnya Aria Baron. Melly Goeslaw pun begitu terpukul.

Sosok Aria Baron memang dikenal begitu dekat dengan para musisi dan penggemar musik. Apalagi, Aria Baron telah puluhan tahun berkiprah di dunia musik. Prestasi dan kontribusi Aria Baron untuk musik Indonesia pun begitu luar biasa.

Sebagai tribute, simak profil Aria Baron berikut ini.

Aria Baron. (Instagram)
Aria Baron. (Instagram)

Profil Aria Baron

Aria Baron Suprayogi dikenal sebagai mantan gitaris GIGI. Aria Baron lahir di Bandung pada 16 Januari 1970.

Usut punya usut, Aria Baron rupanya sudah belajar musik sejak usia dini. Ia belajar piano klasik sebagai permulaan. Kemudian, pada usia 12 tahun, Aria Baron memilih belajar gitar akustik.

Aria Baron pernah berguru pada musisi kawakan Donny Suhendra, Harry Roesli, dan Pra Budi Dharma sejak SMA. Dari situ, Aria Baron muda mulai mendapatkan tempat dengan sederet prestasinya. Ia mendapat gelar gitaris terbaik selama tiga tahun berturut-turut (1986-1988) dari ajang Light Music Contest Yamaha.

Tak banyak yang tahu, Aria Baron menjadi sosok yang berperan dalam lahirnya band /rif. Bersama Andi (vokal), Iwan (bas), Abi (gitar), Ade (drum) dan Dwi (keyboard), Aria Baron membuat grup musik yang diberi nama Badai Band.

Band tersebut mengusung aliran rok alternatif. Hanya saja, Aria Baron akhirnya mundur dari band ini karena ingin fokus menuntaskan kuliahnya di Universitas Parahyangan Bandung.

Aria Baron. (Instagram/ariabaron)
Aria Baron. (Instagram/ariabaron)

Aria Baron pindah ke Jakarta setelah menyelesaikan kuliahnya. Ia pun membentuk band GIGI bersama Armand Maulana, Dewa Budjana, Thomas Ramdhan, dan Ronald Fristianto.

Aria Baron memberi daya gedor tersendiri di dua album perdana Gigi yang berjudul Angan (1994) dan Dunia (1995). Pada September 1995, Aria Baron hengkang dari Gigi untuk meneruskan kuliah di Communication Arts, di New York Institute of Technology, Amerika Serikat.

Kemudian, pada tahun 2000, Aria Baron membentuk band bernama NO!. Ia mengajak Eel eks ADA Band, Adi Dharmawan dan basis Donny Suhendra.

Aria Baron bersama GIGI. (Instagram/ariabaron)
Aria Baron bersama GIGI. (Instagram/ariabaron)

Delapan tahun setelah itu, Aria Baron membentuk Baron's Soulmate bersama vokalis Ary dan drumer Jimmy. Band tersebut sempat mencuri perhatian dan cukup sukses di industri pop Indonesia setelah merilis album perdana Flying High pada Agustus 2008.

Aria Baron kembali ke GIGI pada Maret 2016, tapi bukan sebagai personel. Ia berada di tim manajemen GIGI.

Bicara soal kehidupan pribadi, Aria Baron terbilang jarang memperlihatkan potretnya bersama keluarga. Namun, Aria Baron diketahui memiliki istri bernama Zeby Febrina. Aria Baron dan Zeby dikaruniai dua anak yang diberi nama Pascal dan Fabian.

Demikianlah profil dari Aria Baron. Selamat jalan, Aria Baron!

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report