Life

Cerita Jadi Pendonor ASI di Singapura, Sarwendah: ASI-nya Kebanyakan!

Baiknya Sarwendah, padahal prosedur buat jadi pendonor ASI di Singapura cukup ribet lho.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Sarwendah dan Thalia (Instagram @sarwendah29)
Sarwendah dan Thalia (Instagram @sarwendah29)

Matamata.com - Sarwendah Tan berbagi cerita saat menjadi pendonor ASI di Singapura. Menurut Istri Ruben Onsu ini, prosedur buat menjadi pendonor di sana cukup sulit. 

"Jadi donor ASI sebenarnya karena ASI-nya kebanyakan. Jadi benar-benar full bingung mau dikemanain. Karena kalau dibawa pulang juga nggak mungkin. Jadi akhirnya tanya-tanya dan memang ada rumah sakit di Singapura yang khusus bank ASI," ujar Sarwendah, ditemui Suara.com di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (10/7/2019) malam.

"Akhirnya aku ke sana check up, cek darah juga. Prosedurnya ada banyak. Ada banyak pertanyaan yang harus dijawab. Ternyata pas hasil tesnya oke semua baru bisa donor," sambungnya lagi.

Setiap harinya, Sarwendah ini bisa mendonorkan ASI sampai lima botol dengan masing-masing terisi 100 ml.

"Aku sehari itu bisa pompa 500 ml sampai 600-an ml yang Thania minum. Jadi aku simpan di botol gitu kan, 100 ml kan sayang kalau nggak diminum. Jadi mending aku donorin. Kebetulan ada orang Indonesia yang tinggal di Singapura butuh ASI, jadi kasih ke mereka juga," kata Sarwendah.

Meskipun sudah tidak tinggal di Singapura, pentolan Cherrybelle ini berencana meneruskan donor ASI-nya di Indonesia.

Ruben Onsu bersama Sarwendah dan putrinya, Thalia. (Instagram)
Ruben Onsu bersama Sarwendah dan putrinya, Thalia. (Instagram)

"Pastinya ada donor ASI. Karena banyak ASI yang nggak keminum sama Thania. Itu aja sudah aku kasih ke Thalia beberapa. Jadi pastinya ada rencana donor juga di sini," imbuhnya lagi. 

Seperti diketahui, Sarwendah baru saja melahirkan anak keduanya, Thania Putri Onsu di Singapura pada 5 Juni 2019. Karena itu, dia sempat menetap di sana selama dua bulan.

Suara.com/Sumarni

Berita Terkait

Berita Terkini