Kpop

Kado Manis untuk Shinee Menjelang Satu Dekade Berkarier

Bertahan dalam dunia hiburan Korea Selatan tidaklah mudah. Hanya segelintir aktor dan idol yang mampu membuktikan eksistensinya, salah satunya adalah grup band Shinee.

Rendy Adrikni Sadikin | Rima Suliastini

Shinee/@shinee_shiningdot5 instagram
Shinee/@shinee_shiningdot5 instagram

Matamata.com - Nama Korea Selatan belakangan ini melejit seiring dengan lajunya dunia hiburan mereka. Drama hingga aliran musik mereka menembus dunia. Namun tahukah kamu, bertahan dalam dunia hiburan Korea Selatan tidaklah mudah. Hanya segelintir aktor dan idol yang mampu membuktikan eksistensinya, salah satunya adalah grup band Shinee.

Shinee adalah band bentukan SM Entertainment yang terdiri dari 5 member, yaitu Jonghyun, Taemin, Onew, Minho dan Key. Lima member ini termasuk yang awet sejak awal dibentuk pada 2008 silam dibanding band lainnya yang mengalami bongkar pasang personel di tengah perjalanan kariernya.

Harap dimaklumi, pergantian member memang kerap terjadi dalam dunia hiburan Korea selatan. Umumnya hal ini dilakukan untuk menjaga nama baik band yang sudah diorbitkan oleh agensinya.

Dari awal debut, nama Shinee langsung mencuri perhatian. Remaja Korea Selatan langsung jatuh cinta dengan visual member Shinee. Bukan hanya modal fisik, kemampuan vokal para member pun berkembang seiring dengan tingginya jam terbang mereka.

Seolah pandai membaca celah, Shinee kemudian menjadikan Jepang sebagai rumah kedua mereka untuk berkarya. Benar saja, semenjak debut mereka di Jepang pada pertengahan 2011, Shinee mendulang sukses. Singel hit mereka, Replay dengan versi Bahasa Jepang terjual lebih dari 100.000 kopi. Hal ini menjadi rekor singel K-pop dengan penjualan tertinggi yang tercatat oleh Oricon pada saat itu.

Layaknya grup band lain yang bertahan, Shinee juga mengalami banyak pasang surut kejadian yang mewarnai perjalanan karier mereka selama hampir satu dekade. Meninggalnya sang vokalis utama hingga terseretnya sang leader dalam kasus pelecehan seksual membuat Shinee terpuruk.

Namun perlahan nama mereka kembali merangkak naik. Seperti apa kilas perjalanan 10 tahun Shinee? Berikut redaksi rangkum dalam tulisan dibawah ini.

Dibentuk dengan nama SM5
Selama masa training, antara personel Shinee belum pernah berkumpul satu sama lain. Mereka pertama kali dipertemukan dengan formasi lengkap pada malam Natal 2006. Lee So Man kemudian menunjuk Onew sebagai leader karena umurnya yang paling tua. Nama awal mereka saat itu adalah SM5. Tahukah kamu, Minho ditemukan pertama kali oleh agensi mereka bukan melalui audisi, namun saat Rapper utama Shinee tersebut sedang berjalan-jalan dengan anjingnya.

Berprestasi
Selama hampir 10 tahun bertahan, Shinee sudah menelurkan banyak album, diantaranya enam album Korea dan lima album Jepang. Diluar itu, Shinee juga mengeluarkan 11 album saat mereka mengadakan konser dan enam album solo dari member mereka, Jonghyun dan Taemin. Sejak debut hingga 2017, Shinee telah mendapatkan total 57 penghargaan atas kemenangan mereka di 6 program musik mingguan Korea Selatan. Selain itu Shinee merupakan 1 dari 10 grup dengan penjualan album fisik terbanyak sepanjang sejarah K-Pop, yaitu lebih dari 3,1 juta keeping.

Onew dan Jonghyun/ @jinkisss instagram
Onew dan Jonghyun/ @jinkisss instagram

 

Leader terseret skandal seksual
Dari awal dibentuk, Shinee berkembang menjadi band yang memiliki sejarah haters paling sedikit, hal ini sungguh sulit ditemui dalam kancah dunia hiburan Korea Selatan. Menjadi idol di sana memang harus tangguh secara mental, karena negeri Gingseng tersebut memang terkenal memiliki penggemar fanatik paling banyak sekaligus haters paling nyinyir. Nama baik mereka seketika runtuh ketika sang leader, Onew terseret kasus pelecehan seksual pada akhir 2017 kemarin.

Jonghyun bunuh diri
Beberapa bulan setelah kasus pelecehan seksual, Shinee kembali menghadapi masa sulit. Vokalis yang mereka andalkan tewas bunuh diri karena depresi. Kejadian ini bahkan menjadi berita utama di beberapa situs hiburan internasional. Jonghyun yang juga dikenal sebagai seniman multitalenta terlihat sangat menikmati popularitasnya. Namun, kehidupannya yang mapan rupanya tidak sanggup membayar rasa depresi yang dirasakan selama bertahun-tahun.

Kado Manis untuk Shinee Menjelang Satu Dekade Berkarier - 2

Shinee/instagram@holy.shinee
Shinee/instagram@holy.shinee

 

Konser pertama tanpa Jonghyun
Setelah hampir dua bulan terpuruk dengan kematian Jonghyun, Shinee memutuskan tidak menunda konser come back mereka di Jepang . Empat member yang tersisa memutuskan untuk bersikap profesional dan melanjutkan aktivitas mereka sebagai boyband. Keputusan berat ini dikabarkan sudah mendapat restu ibu Jonghyun. Bahkan ibu dan kakak perempuan Jonghyun konon turut hadir dalam konser Shinee di Jepang saat itu.

Hadiah manis menjelang 10 tahun debut
Menjelang satu dekade berkarier dan diterpa berbagai kejadian buruk, kini saatnya Shinee untuk kembali bangkit. Berawal dari ambil bagiannya Shinee dalam konser tur agensinya di Dubai beberapa waktu lalu, berita baik kembali menghampiri. Onew dinyatakan bersih dari tuduhan melakukan pelecehan seksual. Namun Onew masih harus bekerja sangat keras untuk memulihkan kembali nama baiknya yang sempat tercoreng.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report