Stories Artist

World

5 Film Terbaik Rajkummar Rao yang Lagi Ulang Tahun ke-38, Ada Shahid sampai Stree

Selamat ulang tahun, Rajkummar Rao. Intip beberapa film terbaiknya yuk!

Nur Khotimah
Rabu, 31 Agustus 2022 | 14:25 WIB
Film Terbaik Rajkummar Rao (Instagram/@rajkummar_rao)
Film Terbaik Rajkummar Rao (Instagram/@rajkummar_rao)

Matamata.com - Salah satu aktor Bollywood terkenal, Rajkummar Rao ulang tahun ke-38 pada hari ini, Rabu (31/8/2022). Di momen istimewanya ini, yuk kita kepoin beberapa film terbaik Rajkummar Rao yang pastinya keren.

Lahir pada 31 Agustus 1984, Rajkummar Rao membuat debut film utamanya lewat antologi Love Sex Aur Dhokha pada tahun 2010. Dia kemudian meraih kesuksesan komersial lewat peran pendukung di Gangs of Wasseypur dan Talaash: The Answer Lies Within pada tahun 2012.

Film Terbaik Rajkummar Rao (Instagram/@rajkummar_rao)
Film Terbaik Rajkummar Rao (Instagram/@rajkummar_rao)

Selanjutnya film-filmnya banyak mendapatkan pujian kritis dan membuat dia memenangkan beberapa penghargaan bergengsi. Film-film kerennya antara lain ada Shahid (2012), Kai Po Che! (2013), Queen (2014), Aligarh (2016), Bareilly Ki Barfi (2017), Ludo (2020), Chhalaang (2020), dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan film terbaik Rajkummar Rao lainnya? Yuk intip langsung ulasan mengenai sinopsis dan karakter yang dimainkannya seperti dilansir dari IMDb dan sumber lainnya. Cekidot bareng yuk siapa tahu ada film favoritmu!

1. Shahid (2012)

Film Terbaik Rajkummar Rao (IMDb)
Film Terbaik Rajkummar Rao (IMDb)

Shahid adalah film drama biografi tahun 2012 yang disutradarai oleh Hansal Mehta dan ditulis oleh Sameer Gautam Singh. Salah satu film terbaik Rajkummar Rao ini diangkat berdasarkan kisah pengacara Hak Asasi Manusia Shahid Azmi, warga biasa dengan komitmen luar biasa terhadap keadilan.

Film ini dibintangi Rajkummar Rao sebagai pemeran utama bernama Azmi, serta Mohammed Zeeshan Ayyub, Prabhleen Sandhu dan Baljinder Kaur memainkan peran pendukung. Shahid menerima ulasan yang sangat positif dari para kritikus dan sukses secara komersial di box office.

Rajkummar Rao menerima Penghargaan Aktor Terbaik dan Hansal Mehta meraih Penghargaan Sutradara Terbaik di National Film Awards ke-61. Rajkummar Rao juga memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Best Actor (Critics) untuk aktingnya di Shahid.

2. Trapped (2016)

Film Terbaik Rajkummar Rao (IMDb)
Film Terbaik Rajkummar Rao (IMDb)

Disutradarai oleh Vikramaditya Motwane, Trapped merupakan film drama tentang bertahan hidup yang rilis tahun 2016. Film ini dibintangi Rajkummar Rao sebagai Shaurya, seorang karyawan call center yang berusaha bertahan hidup usai terjebak di kamar apartemennya tanpa makanan, air, dan listrik, dan Geetanjali Thapa sebagai Noorie, pacar karyawan tersebut.

Film ini menerima ulasan yang sangat positif dari para kritikus yang memuji konsep film dan penampilan Rajkummar Rao. Trapped menyabet beberapa penghargaan di Filmfare Awards ke-63 termasuk Best Actor (Critics) untuk akting Rajkummar Rao.

3. Bareilly Ki Barfi (2017)

Film Terbaik Rajkummar Rao (IMDb)
Film Terbaik Rajkummar Rao (IMDb)

Bareilly Ki Barfi adalah film komedi romantis tahun 2017 yang disutradarai oleh Ashwiny Iyer Tiwari dan dibintangi oleh Kriti Sanon, Ayushmann Khurrana, dan Rajkummar Rao dalam peran utama. Pankaj Tripathi dan Seema Pahwa juga bergabung di film dalam peran pendukung.

Terletak di kota kecil Bareilly, Bitti (Kriti Sanon) adalah seorang gadis muda berjiwa bebas yang menjalani hidup dengan caranya sendiri dan menolak untuk dipaksa menikah. Hidupnya berubah ketika dia bertemu Chirag Dubey (Ayushmann Khurrana) dan Pritam Vidrohi (Rajkummar Rao).

Sukses secara komersial, Bareilly Ki Barfi juga menerima 8 nominasi di Penghargaan Filmfare ke-63. Ashwiny Iyer Tiwari memenangkan Sutradara Terbaik dan Rajkummar Rao meraih piala Aktor Pendukung Terbaik.

4. Newton (2017)

Film Terbaik Rajkummar Rao (IMDb)
Film Terbaik Rajkummar Rao (IMDb)

Ditulis dan disutradarai oleh Amit V. Masurkar, Newton adalah salah satu film terbaik Rajkummar Rao yang tayang pada tahun 2017. Rajkummar Rao mengambil peran tituler sebagai pegawai pemerintah yang dikirim ke daerah sensitif politik di India tengah untuk tugas pemilihan.

Pankaj Tripathi, Anjali Patil dan Raghubir Yadav juga memerankan karakter penting di film ini. Film ini menerima delapan nominasi di Penghargaan Filmfare ke-63 dan memenangkan Best Film (Critics) dan Best Original Story. Rajkummar Rao sendiri memenangkan penghargaan Asia Pacific Screen Awards untuk Aktor Terbaik berkat aktingnya yang brilian.

5. Stree (2018)

Film Terbaik Rajkummar Rao (IMDb)
Film Terbaik Rajkummar Rao (IMDb)

Stree diangkat kisahnya berdasarkan legenda urban "Nale Ba" yang menjadi viral di Karnataka pada 1990-an. Ceritanya tentang kaum pria di kota kecil Chanderi hidup dalam ketakutan akan roh jahat bernama "Stree" yang menculik pria di malam hari.

Disutradarai oleh Amar Kaushik dalam debut penyutradaraannya, film ini dibintangi oleh Rajkummar Rao, Shraddha Kapoor, Pankaj Tripathi, Aparshakti Khurana dan Abhishek Banerjee. Meraih kesuksesan secara kritis dan komersial, Stree menerima sepuluh nominasi di Penghargaan Filmfare ke-64 dan memenangkan Sutradara Debut Terbaik untuk Amar Kaushik.

Itu dia beberapa film terbaik Rajkummar Rao yang sayang dilewatkan di hari ulang tahunnya karena filmnya keren semua. Pastinya masih banyak film-filmnya yang keren lainnya karena Rajkummar Rao memang jempolan banget aktingnya. Kamu juga bisa nonton film barunya seperti Badhaai Do dan Hit: The First Case. Ada film kesukaanmu di atas? Happy birthday, Rajkummar Rao!

Kontributor: Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Tags # rajkummar rao ulang tahun # film terbaik rajkummar rao # rajkummar rao

Hot Video

Berita Terkini