World

Sinopsis Oppenheimer, Film Baru Christopher Nolan Dibintangi Cillian Murphy

Film biografi tentang pencipta bom atom akan jadi comeback Christopher Nolan sebagai sutradara.

Ade Wismoyo
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 02:00 WIB
Sinopsis Oppenheimer. (IMDb.com)
Sinopsis Oppenheimer. (IMDb.com)

Matamata.com - Oppenheimer menjadi film yang sudah sangat dinantikan publik sejak awal produksi pada April 2022 lalu. Christopher Nolan dipercaya menyutradarai film yang diangkat dari kisah nyata ini. Sinopsis Oppenheimer berpusat pada kehidupan J. Robert Oppenheimer, seorang fisikawan yang dijuluki sebagai bapak bom atom. 

Oppenheimer adalah film adaptasi dari buku American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer. Buku yang meraih Pulitzer tahun 2006 ini ditulis oleh Martin Sherwin dan Kai Bird. Sementara untuk skenarionya sendiri ditulis langsung oleh Christopher Nolan.

Tangan dingin Christopher Nolan yang sukses menggarap beberapa film box office seperti Interstellar, The Dark Knight Trilogy, dan Tenet diharapkan akan membawa Oppenheimer meraih sukses besar. Tak hanya karena sutradaranya tapi juga karena Cillian Murphy yang didapuk jadi pemeran utama.

Murphy merupakan aktor Irlandia yang tengah naik daun berkat aktingnya sebagai Tommy Shelby dalam serial TV Peaky Blinders. Juga aktingnya sebagai kriminal dalam Peaky Blinders, membawa serial Netflix tersebut berada di puncak dengan rating tinggi.

Sederet aktor top lain digaet untuk meramaikan Oppenheimer seperti Robert Downey Jr., Kenneth Branagh, Gary Oldman, Emily Blunt, Florence Pugh, Matt Damon, Rami Malek, dan banyak lagi. Tak heran jika Oppenheimer menjadi film paling diantisipasi oleh pecinta film. Kepoin dulu sinopsis Oppenheimer berikut sambil menunggu filmnya tayang tahun depan.

1. Sinopsis Oppenheimer

Sinopsis Oppenheimer. (IMDb.com)
Sinopsis Oppenheimer. (IMDb.com)

Film ini adalah film biografi yang menceritakan kehidupan J. Robert Oppenheimer yang merupakan ilmuwan ternama yang memimpin The Manhattan Project. Tim ini adalah kelompok ilmuwan pengembang bom atom untuk Amerika Serikat pada Perang Dunia II. Oppenheimer menjabat Ketua Komisi Energi Atom Amerika Serikat yang bertugas untuk memperlambat perkembangan senjata nuklir dengan Uni Soviet.

Oppenheimer dicap komunis pada tahun 1954 karena ia berafiliasi dengan banyak kelompok. Ia akhirnya dibebaskan dari layanan pemerintah federal dan kembali berkontribusi dalam bidang sains sebagai guru dan fisikawan teoretis yang penuh inovasi. Kontribusinya dalam bidang fisika cukup besar, terbukti dari tiga nominasi Hadiah Nobel antara tahun 1946 hingga 1967. Sayangnya, hingga kematiannya pada 1967, tak satupun Nobel berhasil Oppenheimer dapatkan.

Oppenheimer adalah tokoh kunci dalam penciptaan bom atom yang telah merubah dunia. Namun, pada akhirnya ia menjadi ragu dan bimbang pada senjata yang diciptakannya. Ia sampai meminta kontrol internasional atas senjata nuklir tersebut dan menentang dengan tegas pembuatan senjata yang lebih berbahaya, yaitu bom hidrogen.

2. Pemain Oppenheimer

Sinopsis Oppenheimer. (IMDb.com)
Sinopsis Oppenheimer. (IMDb.com)

Oppenheimer menggandeng banyak artis Hollywood untuk ikut bermain menjadikan film garapan Christopher Nolan ini bertabur bintang. Cillian Murphy akan memerankan tokoh utama yaitu J. Robert Oppenheimer. Film ini menjadi reuni bagi Murphy dan Nolan yang sebelumnya pernah bekerja sama lewat Inception (2019) dan Dunkirk (2017).

Emily Blunt bakal memerankan sosok Katherine seorang aktivis dan ilmuwan yang juga istri Oppenheimer. Emily Blunt sendiri tenar usai bermain dalam film A Quiet Place (2018). Kemudian ada Matt Damon yang berperan sebagai Jenderal Leslie Groves, seorang direktur militer dalam The Manhattan Project. Ada juga Robert Downey Jr memerankan Lewis Strauss. Lalu Florence Pugh sebagai Jean Tatlock serta Rami Malek yang menjadi ilmuwan.

3. Jadwal tayang

Sinopsis Oppenheimer. (IMDb.com)
Sinopsis Oppenheimer. (IMDb.com)

Oppenheimer sudah masuk dalam proses produksi sejak April 2022 lalu. JIka tidak ada perubahan jadwal, Oppenheimer akan rilis pada 21 Juli 2023 di bioskop. Film ini juga direncanakan untuk bisa rilis di platform digital dalam format IMAX.  Dilansir dari Variety, Oppenheimer diproduksi dengan anggaran mencapai 100 juta dolar atau setara Rp1,4 triliun. 

Itu tadi sinopsis Oppenheimer yang sudah dinantikan dan diharapkan bisa meraih sukses besar sebagai box office. Terlebih sutradara yang menggarapnya adalah Christopher Nolan yang juga menggandeng sang istri Emma Thomas sebagai produser. Jadi makin nggak sabar melihat aksi Murphy dkk.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Tags # sinopsis oppenheimer # oppenheimer # sinopsis film baru

Hot Video

Berita Terkini