World

5 Film Terbaik Sanjay Dutt, Aktor Agneepath dan K.G.F: Chapter 2 Ulang Tahun ke-63

Selamat ulang tahun, Sanjay Dutt. Kita kepoin beberapa film terbaiknya yuk!

Yohanes Endra
Jum'at, 29 Juli 2022 | 14:24 WIB
Film Terbaik Sanjay Dutt (Instagram/maanayata)
Film Terbaik Sanjay Dutt (Instagram/maanayata)

Matamata.com - Salah satu aktor legendaris Bollywood yang karismatik abis, Sanjay Dutt ulang tahun ke-63 pada hari ini, Jumat (29/7/2022). Di momen pertambahan usianya ini, yuk kita intip beberapa film terbaik Sanjay Dutt yang pastinya keren.

Sanjay Dutt lahir pada 29 Juli 1959 dari orang tua aktor Sunil Dutt dan Nargis. Dia adalah salah satu aktor film India paling populer yang telah menghasilkan banyak karya keren dan menerima banyak penghargaan.

Sanjay Dutt membuat debut aktingnya lewat film Bollywood box-office bertajuk Rocky pada tahun 1981. Film-film hits yang dibintanginya termasuk Saajan (1991), Khalnayak (1993), Vaastav (1999), Munna Bhai (2003–2006), Mission Kashmir (2000), PK (2014), Agneepath (2012), K.G.F: Chapter 2 (2022) dan masih banyak lagi.

Film Terbaik Sanjay Dutt (Instagram/@duttsanjay)
Film Terbaik Sanjay Dutt (Instagram/@duttsanjay)

Diantara banyaknya film yang telah dibintanginya, yuk kita intip beberapa film terbaik Sanjay Dutt yang recommended banget di bawah ini. Simak sinopsis filmnya seperti dilansir dari IMDb dan sumber lainnya. Mari kita intip sama-sama!

1. Vaastav: The Reality (1999)

Film Terbaik Sanjay Dutt (IMDb)
Film Terbaik Sanjay Dutt (IMDb)

Vaastav: The Reality merupakan film kejahatan aksi India tahun 1999 yang ditulis dan disutradarai oleh Mahesh Manjrekar. Film ini dibintangi oleh Sanjay Dutt, Namrata Shirodkar, dan Sanjay Narvekar dalam peran utama, serta Mohnish Behl, Paresh Rawal, Reema Lagoo dan Shivaji Satam dalam peran pendukung.

Mengacu pada kenyataan pahit kehidupan di dunia bawah Mumbai, film ini dianggap oleh para kritikus sebagai salah satu karakter layar bioskop India yang paling berkesan. Sanjay Dutt memenangkan Penghargaan Aktor Terbaik Filmfare pertamanya untuk penampilannya yang brilian dalam film tersebut.

2. Munna Bhai M.B.B.S. (2003)

Film Terbaik Sanjay Dutt (IMDb)
Film Terbaik Sanjay Dutt (IMDb)

Munna Bhai M.B.B.S. merupakan salah satu film terbaik Sanjay Dutt yang bergenre drama komedi dan tayang tahun 2003. Film ini disutradarai oleh Rajkumar Hirani dan dibintangi oleh Sanjay Dutt, Sunil Dutt, Gracy Singh, Jimmy Shergill, Arshad Warsi, Rohini Hattangadi, dan Boman Irani.

Berbasis di Mumbai, film ini mengikuti kisah Munna Bhai (Sanjay Dutt), seorang gangster yang mencoba menyenangkan ayahnya (Sunil Dutt) dengan berpura-pura menjadi seorang dokter. Film ini sukses secara komersial dan dipuji kritikus hingga memenangkan National Film Awards untuk Film Populer Terbaik, dan beberapa penghargaan Filmfare termasuk Film Terbaik (Kritikus) dan Skenario Terbaik.

3. Lage Raho Munna Bhai (2006)

Film Terbaik Sanjay Dutt (IMDb)
Film Terbaik Sanjay Dutt (IMDb)

Disutradarai oleh Rajkumar Hirani, Lage Raho Munna Bhai merupakan sekuel dari film tahun 2003 yaitu Munna Bhai M.B.B.S. yang juga meledak di Box Office. Dalam film drama komedi tahun 2006 ini, Sanjay Dutt kembali mengulangi perannya sebagai Munna Bhai, gangster di dunia bawah Mumbai.

Dalam Lage Raho Munna Bhai, Munna Bhai mulai melihat semangat Mahatma Gandhi dan membantu orang biasa untuk memecahkan masalah mereka. Film ini memenangkan pujian kritis yang luas, mendapatkan kesuksesan box-office yang luar biasa, dan menerima sejumlah penghargaan termasuk 4 National Film Awards.

4. Agneepath (2012)

Film Terbaik Sanjay Dutt (IMDb)
Film Terbaik Sanjay Dutt (IMDb)

Disutradarai oleh Karan Malhotra, Agneepath merupakan film drama aksi India yang rilis tahun 2012. Film ini dibintangi oleh Hrithik Roshan, Sanjay Dutt, Rishi Kapoor, Priyanka Chopra, Kanika Tiwari, Om Puri dan Zarina Wahab.

Agneepath mengikuti kisah Vijay Deenanath Chauhan (Hrithik Roshan), seorang pria biasa dari desa yang berusaha membalas dendam atas kematian ayahnya di tangan Kancha Cheena (Sanjay Dutt). Film ini sukses secara komersial, menerima lima nominasi penghargaan di Filmfare Awards, serta memenangkan lima piala IIFA Awards dan empat Penghargaan Zee Cine Awards.

5. K.G.F: Chapter 2 (2022)

Film Terbaik Sanjay Dutt (Instagram/@duttsanjay)
Film Terbaik Sanjay Dutt (Instagram/@duttsanjay)

Salah satu film terbaik yang wajib ditonton dari Sanjay Dutt adalah K.G.F: Chapter 2 yang tayang tahun ini. Ini merupakan film aksi periode berbahasa Kannada India yang ditulis dan disutradarai oleh Prashanth Neel.

Sekuel dari film hits tahun 2018 bertajuk K.G.F: Chapter 1 ini dibintangi oleh Yash, Sanjay Dutt, Raveena Tandon, Srinidhi Shetty dan Prakash Raj. Filmnya mengikuti kisah Rocky (Yash) yang mengukuhkan dirinya sebagai gembong Kolar Gold Fields dan harus mempertahankan kekuasaannya serta berdamai dengan masa lalunya. Saking suksesnya, K.G.F: Chapter 2 merupakan salah satu film India dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa.

Itu dia beberapa film terbaik Sanjay Dutt yang hari ini ulang tahun. Tentunya masih banyak film-film lainnya karena Sanjay Dutt memang salah satu aktor terbaik Bollywood. Jangan lupa juga nonton film barunya seperti Samrat Prithviraj, Shamshera, dan lainnya. Happy birthday, Sanjay Dutt. Aktor favorit siapa nih?

Kontributor: Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Tags # sanjay dutt # film terbaik sanjay dutt # sanjay dutt ulang tahun # sanjay dutt ultah

Hot Video

Berita Terkini