World

CEK FAKTA: Heboh Kabar Jackie Chan Jadi Mualaf, Beneran?

Benarkah Jackie Chan sudah memeluk agama Islam? Simak faktanya sebagai berikut.

Nur Khotimah
Rabu, 09 Maret 2022 | 17:18 WIB
Jackie Chan.(Instagram/@jackiechan)
Jackie Chan.(Instagram/@jackiechan)

Matamata.com - Kabar cukup mengejutkan datang dari Jackie Chan. Belakangan beredar narasi yang menyebutkan bahwa Jackie Chan jadi mualaf.

Kabar Jackie Chan memeluk agama Islam disampaikan oleh situs bacanewss[dot]xyz lewat artikel yang terbit pada 6 Maret 2022. Dalam artikelnya, situs tersebut menyertakan foto sang aktor pakai peci hitam.

Adapun narasi yang dibagikan dalam judul artikel sebagai berikut. "Subhanallah! Tepat Jumat Semalam ,Ternyata Aktor Laga Yang Terkenal JACKIE CHAN. Sudah Resmi Memeluk Agama ISLAM… Lihat Buktinya Disini…"

CEK FAKTA: Beredar Kabar Jackie Chan Resmi Menjadi Mualaf, Benarkah? (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA: Beredar Kabar Jackie Chan Resmi Menjadi Mualaf, Benarkah? (Turnbackhoax.id)

Lantas, benarkah kabar Jackie Chan jadi mualaf?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, klaim Jackie Chan resmi memeluk agama Islam itu tidak benar.

Klaim tersebut merupakan hoaks lama yang kini beredar kembali. Faktanya, foto saat Jackie Chan memakai peci hitam itu merupakan foto Jackie Chan saat sang aktor diberi gelar datuk oleh pemerintah Malaysia dalam rangka Federal Territory Day pada Februari 2015 silam.

Profil Jackie Chan.(Instagram/@jackiechan)
Jackie Chan.(Instagram/@jackiechan)

Dilansir dari situs Trendrr, Jackie Chan merupakan seorang penganut Buddha. Kendati demikian, Jackie Chan sangat jarang membicarakan keimanannya. Klaim itu sebelumnya pernah ditelusuri oleh Turnbackhoax.id pada 14 Februari 2020 silam.

Foto yang serupa juga pernah diunggah oleh mantan menteri Malaysia Tengku Adnan Tengku Mansor melalui akun Twitter pribadinya pada 2 Februari 2015.

Dalam foto itu, Jackie Chan baru saja menerima gelar datuk. Raja film Mandarin itu diberi gelar Panglima Mahkota Wilayah di Istana Negara, Malaysia.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka klaim yang menyebutkan Jackie Chan resmi menjadi mualaf adalah hoaks. Klaim tersebut masuk dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan. (Agatha Vidya Nariswari)

Tags # jackie chan # jackie chan jadi mualaf # jackie chan memeluk agama islam

Hot Video

Berita Terkini