World

Sinopsis The Tinder Swindler, Kisah Lelaki yang Berhasil Menipu Perempuan Cantik Melalui Aplikasi Tinder

Simon Leviev akhirnya bebas setelah menjalani hukuman selama 5 bulan

Ismail
Selasa, 08 Februari 2022 | 18:30 WIB
Sinopsis The Tinder Swindler (YouTube Netflix)
Sinopsis The Tinder Swindler (YouTube Netflix)

Matamata.com - The Tinder Swindler adalah film dokumenter yang tayang di Netflix pada 2 Februari 2022 kemarin. The Tinder Swindler mengisahkan tentang kisah nyata tentang seorang penipu bernama Simon Hayut alias Simon Leviev.

Simon Leviev sendiri adalah seorang pengguna aplikasi Tinder yang memanfaatkan ketampanannya untuk menipu banyak perempuan. Ia berpura-pura menjadi orang tajir sebelum memoroti harta korbannya. Setelah kasus penipuan Simon Leviev viral, pihak Tinder sudah memblokir akun Tinder Simon.

Film The Tinder Swindler yang digarap oleh Felicity Morris ini mengisahkan perjalanan Simon Leviev dalam menipu para korbannya dari sudut pandang korban. Sebagai film di dokumenter, Felicity Morris mewawancarai pihak berwajib yang melakukan investigasi terhadap Simon dan juga para wanita yang jadi korbannya.

Seiring viralnya kisah Simon Leviev, The Tinder Swindler juga menjadi trending dan bahkan menjadi tren nomor dua di Netflix Indonesia. Berikut ini sinopsis The Tinder Swindler.

1. Sinopsis The Tinder Swindler

Sinopsis The Tinder Swindler (Netflix)
Sinopsis The Tinder Swindler (Netflix)

Film ini mengisahkan bagaimana Simon Leviev menipu para korbannya dengan berpura-pura menjadi anak dari konglomerat yang dikenal sebagai anak raja berlian Lev Leviev. Wajah tampannya menjadi modal bagi Simon dalam melancarkan aksinya.

The Tinder Swindler dibuka dengan penuturan tiga wanita korban Simon Leviev. Para wanita ini memiliki harapan yang sama yaitu mendapat cinta dari pria kaya secara instan di aplikasi Tinder. Mereka sama-sama terpikat kesempurnaan Simon Leviev setelah melihat foto-fotonya.

Simon Leviev adalah pria kaya idaman banyak wanita, dari media sosialnya ia memamerkan jet pribadi, mobil, pesta mewah, serta pastinya wajah tampan. Semua ini membuat tiga wanita korban Simon terpikat dan terpedaya. Apalagi ia mengaku sebagai anak konglomerat bernama Lev Leviev yang dikenal sebagai mogul berlian di Israel.

Simon Leviev berusaha mencocokkan profilnya dengan calon korbannya di Tinder. Simon Leviev memulai aksinya dengan mengajak calon korbannya kencan romantis nan mahal. Mulai dari makan malam mewah dan bermalam di hotel berbintang.

Setelah para korbannya yakin ia adalah konglomerat, Simon melancarkan aksinya untuk mulai memoroti uang teman kencannya itu. Lantas bagaimanakah tipu daya Simon Leviev untuk menipu banyak wanita di Tinder? Temukan jawabannya di film Tinder Swindler.

2. Diangkat dari Kisah Nyata

Sinopsis The Tinder Swindler (YouTube Netflix)
Sinopsis The Tinder Swindler (YouTube Netflix)

The Tinder Swindler diangkat dari kisah nyata seorang penipu bernama Simon Hayut yang menipu banyak wanita lewat aplikasi kencan Tinder. Ia berhasil menipu banyak wanita dan meraup uang jutaan dolar dari para korbannya. Tinder Swindler menceritakan kesaksian dari pada wanita yang menjadi korban Simon.

Simon Hayut telah lebih dari satu kali melakukan penipuan dengan berganti-ganti identitas. Sebelum menipu banyak wanita di Tinder, ia sudah pernah menipu banyak korban di beberapa negara seperti Norwegia, Finlandia, dan Swedia. Terakhir ia menjadi Simon Leviev dan mengaku jadi anak konglomerat Israel, Lev Leviev untuk menipu di Tinder.

Simon Leviev memanfaatkan media sosial untuk memikat calon korbannya. Ia memamerkan gaya hidupnya yang mewah dengan mobil, jet pribadi, dan pesta mewah di seluruh negara. Hal ini membuatnya mudah untuk mendekati banyak wanita karena ia berpura-pura menjadi crazy rich yang sempurna lengkap dengan wajah tampan. Tak tahunya ia adalah crazy rich palsu yang menipu banyak perempuan.

3. Simon Hanya Dihukum 5 Bulan Penjara

YouTube Netflix
Sinopsis The Tinder Swindler (YouTube Netflix)

Simon ditangkap polisi Yunani di Athena dan diekstradisi ke Israel pada Juni 2019. Simon akhirnya dijatuhi vonis 15 bulan penjara pada Desember 2019. Namun karena berkelakuan baik selama di penjara Simon Leviev akhirnya dibebaskan hanya setelah menjalani hukuman selama 5 bulan. Masa hukuman yang singkat ya kalau dibandingkan dengan kejahatan yang ia lakukan.

Kisah Simon Leviev ini viral dan membuat manajemen Tinder memblokir akun Tinder Smon Leviev. Berkat viralnya kisah Simon, Tinder Swindler juga berhasil menarik banyak penonton. Bahkan Tinder Swindler menjadi film paling banyak ditonton nomor dua oleh pelanggan Netflix Indonesia.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Tags # sinopsis the tinder swindler # film dokumenter the tinder swindler # tinder

Hot Video

Berita Terkini