World

5 Fakta James Michael Tyler, Aktor 'Friends' yang Meninggal Karena Kanker

Di usia 59 tahun, James Michael Tyler meninggalkan sang istri tercinta, Jennifer Carno.

Yohanes Endra
Senin, 25 Oktober 2021 | 20:59 WIB
Fakta James Michael Tyler   (Instagram/@courteneycoxofficial)
Fakta James Michael Tyler (Instagram/@courteneycoxofficial)

Matamata.com - Kabar duka tengah menyelimuti semua orang yang terlibat dalam serial situasi komedi Friends. James Michael Tyler yang berperan sebagai Gunther dilaporkan meninggal dunia pada Minggu (24/10) di usia 59 tahun. James rupanya telah berjuang melawan kanker prostat stadium 4 selama beberapa tahun terakhir.

Kepergian James Michael Tyler membuat namanya ramai dibicarakan pengguna media sosial. Simak berbagai fakta mengenai Michael Tyler berikut ini.

1. Profil James Michael Tyler

Fakta James Michael Tyler. (Instagram/friends)
Fakta James Michael Tyler. (Instagram/friends)

James Michael Tyler merupakan aktor Amerika kelahiran 28 Mei 1962. James telah menjadi yatim piatu di usia 12 tahun dan kemudian hanya tinggal bersama saudara perempuannya. Ia merupakan Sarjana di bidang Geologi dan Master di bidang Seni karena kecintaannya kepada dunia akting. Sebelum mulai menjadi aktor di serial Friends, James sempat menjadi asisten produksi dan asisten editor film pada 1988.

2. Karier Akting James Michael Tyler

Fakta James Michael Tyler   (Instagram/mleblanc)
Fakta James Michael Tyler (Instagram/mleblanc)

Friends merupakan salah satu serial yang fenomenal selama tayang di NBC pada 1994 hingga 2004. Serial yang mempunya 10 musim tersebut menampilkan James Michael Tyler sebagai Gunther, pekerja di kedai kopi yang memendam perasaan terhadap Rachel Green selama bertahun-tahun. Sekitar 150 episode Friends dibintangi James selama 10 tahun penayangan. Sedangkan saat reuni Friends, ia hanya tampil singkat lewat Zoom karena penyakit yang dideritanya. James juga sempat membintangi serial televisi terkenal lain seperti Scrubs (2001) dan Episodes (2012) bersama Matt LeBlanc.

3. Kisah Asmara James Michael Tyler

Fakta James Michael Tyler  (Twitter/@BounceMojo)
Fakta James Michael Tyler (Twitter/@BounceMojo)

Barbara Chadsey merupakan wanita yang pertama kali dinikahi James Michael Tyler pada 1995. Keduanya dikabarkan berpisah pada 2003. Namun James baru mengajukan gugatan cerai pada 2014 dengan alasan perbedaan yang tidak dapat lagi dicari jalan tengahnya. James kemudian menikahi Jennifer Carno pada 2017. Sang manajer mengungkap James meninggal dunia dengan tenang di sisi cinta dalam hidupnya, Jennifer Carno.

4. Riwayat Penyakit James Michael Tyler

Fakta James Michael Tyler   (Instagram/@courteneycoxofficial)
Fakta James Michael Tyler (Instagram/@courteneycoxofficial)

James Michael Tyler baru mengungkap penyakit kanker yang dideritanya dalam sebuah wawancara pada Juni 2021 setelah Friends: The Reunion tayang. James mengaku telah divonis menderita kanker prostat sejak September 2018. Karena terlambat diketahui, kanker prostat James telah sampai ke stadium akhir dan menyebar ke tulang.

James Michael Tyler sempat melakukan terapi hormon dan mendapatkan hasil yang baik. Namun keadaan James semakin parah saat pandemi Covid-19. Kanker prostat James disebut bermutasi dan semakin berkembang menyebar ke seluruh tubuh. James kemudian mengalami kelumpuhan pada bagian bawah tubuhnya sejak saat itu.

Dalam kesempatan tersebut, James juga sempat mewanti-wanti soal pentingnya deteksi dini kanker dan tidak melewatkan pengecekan. Ia menyarankan tes darah di usia 40 tahun agar tak mengalami hal serupa dengannya. Sebagai juru kampanye, penampilan James saat membacakan puisi Stephen Kalinich "If You Knew" dijadikan video pendek untuk meningkatkan kesadaran akan kanker prostat.

5. James Michael Tyler di Mata Rekan-rekan Friends

Fakta James Michael Tyler   (Twitter/AFP)
Fakta James Michael Tyler (Twitter/AFP)

Kesedihan yang mendalam disampaikan rekan-rekan James Michael Tyler di serial Friends. Jennifer Aniston menyebut Friends tidak akan pernah sama tanpa James yang telah memberikan tawa untuk semua orang. Courtney Cox yang berperan sebagai Monica Geller mengaku sangat bersyukur bisa mengenal James. Lisa Kudrow mengaku akan merindukan James dengan kenangan kebersamaan mereka.

Selanjutnya, Matt Le Blanc yang terlibat dalam dua serial bersama James mengenang banyak tawa saat mereka menghabiskan waktu bersama. Margaret Emily Wheeler juga mengungkap rasa syukurnya karena sempat mengenal pria baik dan lembut seperti James. Begitu pun penggemar yang menuliskan duka serta cintanya kepada James melalui media sosial dengan tagar #RIPGhunter, perannya yang paling dikenang.

Selamat jalan dengan tenang, James Michael Tyler. Karya-karyamu akan selalu hidup di hati penggemar, juga kerabat yang terus mengenang kebaikanmu di dunia. 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Tags # james michael tyler # james michael tyler meninggal dunia # fakta james michael tyler

Hot Video

Berita Terkini