World

Sinopsis Weathering With You, Film Anime Tentang Gadis Pengendali Cuaca

Weathering With You digarap oleh sosok di balik anime hits Your Name. Seperti apa kisahnya?

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Kamis, 15 Juli 2021 | 11:57 WIB
Sinopsis Weathering With You (tenkinoko)
Sinopsis Weathering With You (tenkinoko)

Matamata.com - Weathering With You atau Tenki no Ko adalah film anime fantasi romantis Jepang yang dirilis tahun 2019. Kisahnya tentang seorang anak SMA yang melarikan diri dari desa ke Tokyo. Ia berteman dengan seorang gadis yatim piatu yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan cuaca. Weathering With You ditulis dan disutradarai oleh Makoto Shinkai, sosok di balik anime hits Your Name (2016).

Weathering With You menerima menerima ulasan positif, dengan pujian untuk animasi, narasi, musik, dan bobot emosional, meskipun ada beberapa yang menyebutnya mirip dengan Your Name. Film ini juga memenangkan sejumlah penghargaan, termasuk terpilih sebagai perwakilan Jepang untuk Film Fitur Internasional Terbaik di Academy Awards ke-92. Lantas seperti apa kisahnya? Simak sinopsis Weathering With You berikut ini!

Sinopsis Weathering With You

Sinopsis Weathering With You (tenkinoko)
Sinopsis Weathering With You (tenkinoko)

Tokyo mengalami hujan deras yang tampaknya mengganggu kecepatan semua orang yang tinggal di sana tanpa akhir. Di tengah hujan yang tampaknya abadi, ada anak SMA yang melarikan diri, Hodaka Morishima, yang berjuang untuk menghidupi dirinya sendiri secara finansial. Hodaka berakhir dengan pekerjaan di penerbit kecil-kecilan. Pada saat yang sama, anak yatim piatu Hina Amano juga berusaha mencari pekerjaan untuk menghidupi dirinya dan adiknya.

Kedua nasib terjalin ketika Hodaka mencoba untuk menyelamatkan Hina dari pria hidung belang, memutuskan untuk melarikan diri bersama. Selanjutnya, Hodaka menemukan bahwa Hina memiliki kekuatan yang aneh namun menakjubkan, kemampuan untuk memanggil matahari setiap kali ia memintanya. Dengan mempertimbangkan cuaca Tokyo yang tidak biasa, Hodaka melihat potensi dari kemampuan ini. Ia menyarankan agar Hina menjadi "gadis sinar matahari," seseorang yang akan membersihkan langit dari hujan saat orang-orang sangat membutuhkannya. Namun ada harga yang mahal untuk itu.

Pengisi Suara Weathering With You

Sinopsis Weathering With You (tenkinoko)
Sinopsis Weathering With You (tenkinoko)

Karakter utama dalam Weathering With You Hodaka Morishima, anak SMA dari Kzu-shima yang kabur dari rumah dan pindah ke Tokyo. Hina Amano adalah anak kelas tiga SMP yang mengambil berbagai pekerjaan paruh waktu untuk menghidupi keluarganya setelah kematian ibunya. Ia memiliki kemampuan yang sangat unik untuk mengendalikan cuaca dengan berbagai bentuk seperti hujan dan kilat dengan emosinya sambil membawa sinar matahari dengan berdoa.

Selain itu itu ada Keisuke Suga, pria paruh baya yang menjalankan sebuah perusahaan penerbitan kecil di mana Hodaka akhirnya bekerja paruh waktu. Natsumi Suga, keponakan Keisuke dan seorang mahasiswa yang bekerja paruh waktu di kantornya. Nagisa Amano dijuluki Nagi adalah adik laki-laki Hina yang tinggal bersamanya. Yasui, seorang petugas polisi dan mitra Takai, yang menangani kasus Hodaka.

Sinopsis Weathering With You (tenkinoko)
Sinopsis Weathering With You (tenkinoko)

Jajaran pengisi suara dari Jepang antara lain Kotaro Daigo (Hodaka Morishima), Nana Mori (Hina Amano), Shun Oguri (Keisuke Suga), Tsubasa Honda (Natsumi Suga), Sakura Kiryu (Nagisa Amano), Sei Hiraizumi (Yasui), Yki Kaji (Takai), Chieko Baisho (Fumi Tachibana), Mone Kamishiraishi (Mitsuha Miyamizu) dan  Ryunosuke Kamiki (Taki Tachibana).

Versi bahasa Inggris diisi oleh Brandon Engman (Hodaka Morishima), Ashley Boettcher (Hina Amano), Lee Pace (Keisuke Suga), Alison Brie (Natsumi Suga), Emeka Guindo (Nagisa Amano), Mike Pollock (Yasui), Riz Ahmed (Takai), Barbara Goodson (Fumi Tachibana), Stephanie Sheh (Mitsuha Miyamizu) dan Michael Sinterniklaas (Taki Tachibana).

Alasan Wajib Nonton Weathering With You

Sinopsis Weathering With You (toho)
Sinopsis Weathering With You (toho)

Makoto Shinkai adalah salah satu sutradara film anime terbaik dalam sejarah. Beberapa orang bahkan menganggapnya sebagai Hayao Miyazaki, sosok di balik Studio Ghibli, berikutnya. Ia telah membuat film animasi gambar tangan yang indah dan agak eksperimental selama dekade terakhir. Shinkai mendapatkan sorotan berkat Your Name yang memecahkan rekor box office di seluruh dunia. Film ini menceritakan dua remaja dari tempat yang berbeda di Jepang yang menemukan diri mereka bertukar tubuh.

Weathering With You disebut-sebut sebagai karya terbaik Shinkai selain Your Name. Banyak anime dan kartun mengambil tema fantasi, tapi Weathering with You benar-benar masuk akal. Jumlah detail dan kehalusan yang dibayarkan untuk animasi air saja, dalam hujan atau genangan air yang harus dilalui oleh karakter, membuat Weathering With You benar-benar layak untuk ditonton.

Film ini begitu memesona karena bukan hanya karakter Hina dan Hodaka yang menarik dengan latar belakang unik dengan kisah cinta yang pasti ingin diikuti oleh para penonton, tapi juga karena para pemeran karakter pendukungnya juga sama-sama memesona dan memiliki alur cerita sendiri-sendiri. Tidak ada karakter pendukung yang ditampilkan sia-sia dalam anime ini.

Sinopsis Weathering With You (tenkinoko)
Sinopsis Weathering With You (tenkinoko)

Weathering With You juga memanfaatkan bayangan dalam film untuk mengatur suasana hati dan memberi gambaran kepada pemirsa tentang apa yang akan terjadi. Petunjuk hati-hati dijatuhkan sepanjang film, dimulai dengan Hodaka membawa salinan Catcher in the Rye, menjaga pemirsa agar tidak terlalu nyaman atau berpikir bahwa segala sesuatunya akan berhasil tanpa masalah di depan. Ini adalah teknik mendongeng yang hebat yang benar-benar terbayar dengan kecepatannya.

Musik untuk Your Name dan Weathering With You disusun oleh Radwimps, sebuah band rock Jepang, jadi musik untuk kedua film tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun musik terasa lebih baik saat digunakan di Weathering with You. Dampak emosional dari adegan di mana musik menggelegar atau di mana lagu pop digunakan untuk menonjolkan kepentingannya terasa sangat kuat. Ini membuat pemirsa terikat secara emosional dengan cerita.

Nah, itu dia sinopsis Weathering With You dan sederet alasan yang membuatmu wajib menonton salah satu film anime terbaik sepanjang masa ini.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Tags # film anime # weathering with you # jepang # tenki no ko # sinopsis weathering with you

Hot Video

Berita Terkini