World

Profil Dilip Kumar, Aktor Legendaris Bollywood Meninggal di Usia 98 Tahun

Simak profil Dilip Kumar, aktor senior Bollywood yang dikabarkan meninggal dunia di usia 98 tahun pada 7 Juli 2021.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Profil Dilip Kumar (Instagram/@dilipkumarfc)
Profil Dilip Kumar (Instagram/@dilipkumarfc)

Matamata.com - Pada 7 Juli 2021 lalu, tersiar kabar duka dari dunia perfilman Bollywood. Dilip Kumar, aktor senior yang juga disebut sebagai aktor legendaris Bollywood ini mengembuskan napas terakhirnya di usia 98 tahun. Dilip Kumar dikabarkan telah menderita sakit sejak lama dan berulang kali dilarikan ke rumah sakit. Dilip Kumar masuk ICU Rumah Sakit Hinduja dengan fasilitas non-Covid.

Melansir dari Times of India, aktor yang terkenal sebagai “raja tragedi” ini meninggal dunia setelah sakit yang berkepanjangan. Dilip Kumar meninggal dunia karena efusi pleura bilateral yang dideritanya selama ini. Sebelum meninggal dunia, dalam satu bulan terakhir, Dilip Kumar juga dikabarkan pernah dilarikan ke rumah sakit. 

Dilip Kumar. (NDTV.com)
Dilip Kumar. (NDTV.com)

Dilip Kumar telah berkarya di dunia perfilman India sejak tahun 1940-an. Pada tahun itulah, Dilip Kumar mencapai masa keemasannya. Kepergian Dilip Kumar tentu menyisakan duka yang sangat mendalam bagi keluarga dan para penggemar setianya. Untuk mengenang aktor legendaris Bollywood ini, simak profil Dilip Kumar di bawah ini.

Profil Dilip Kumar

Profil Dilip Kumar (Instagram/@dilipkumarfc)
Profil Dilip Kumar (Instagram/@dilipkumarfc)

Dilip Kumar merupakan aktor senior dalam dunia perfilman Bollywood. Nama Dilip Kumar tampaknya merupakan nama panggung. Aktor legendaris ini memiliki nama asli Mohammed Yusuf Khan. Dilip Kumar lahir pada 11 Desember 1922 di Peshawar. Dilip Kumar menikah dengan istrinya yang saat ini, Saira Banu pada tahun 1986. Istri Dilip Kumar juga seorang aktris Bollywood yang populer pada tahun 1960-an. 

Selain menjadi aktor, Dilip Kumar juga berprofesi sebagai produser film dan seorang filantropis. Di dalam dunia perfilman Bollywood, Dilip Kumar ini disebut sebagai The King of Tragedy atau Raja Tragedi.

Perjalanan Karier Dilip Kumar

Profil Dilip Kumar (Instagram/@dilipkumarfc)
Profil Dilip Kumar (Instagram/@dilipkumarfc)

Melansir dari Hindustan Times, raja Tragedi ini mengawali kariernya ketika dirinya berperan dalam film berjudul Jwar Bhata yang diproduksi pada tahun 1944 oleh Bombay Talkies. Karier Dilip Kumar berjalan dengan lancar selama enam dekade dengan lebih dari 60 judul film layar lebar yang dibintanginya. Selama berkarier di dunia perfilman Bollywood, Dilip Kumar selalu bermain dalam berbagai genre film. Mulai dari film percintaan, dramatis, komikal, sejarah, hingga film bergenre sosial pernah dibintangi oleh aktor legendaris ini.

Bintang film Mughal-e-Azam ini pernah hiatus dan mengambil cuti selama lima tahun dari dunia perfilman Bollywood pada tahun 1976. Setelah hiatus selama lima tahun, Dilip Kumar lalu comeback dengan film terbarunya berjudul Kranti yang tayang pada tahun 1981. Walaupun sempat hiatus selama lima tahun, perjalanan karier Dilip Kumar tetap gemilang. Bahkan, setelah dirinya kembali dari hiatusnya itu, Dilip Kumar tampil menjadi bintang utama dalam sejumlah film, seperti Karma, Saudagar, Shakti, dan Qila.

Film berjudul Qila yang tayang pada tahun 1998 kabarnya merupakan judul film layar lebar terakhir yang dibintangi oleh Dilip Kumar. Berkat kariernya di dunia perfilman Bollywood, Dilip Kumar mendapatkan segudang penghargaan atas jasa-jasanya dalam meramaikan perfilman Bollywood. Bahkan, Dilip Kumar memegang Guinness World Record karena menjadi aktor India yang memiliki penghargaan terbanyak.

Ibadah Umroh Bersama Istri

Profil Dilip Kumar (Instagram/@dilipkumarfc)
Profil Dilip Kumar (Instagram/@dilipkumarfc)

Selama hidupnya, aktor yang disebut-sebut sebagai King of Tragedy ini juga pernah menjalankan ibadah umroh bersama istrinya, Saira Banu. Dilip Kumar menjalankan ibadah Umroh pada tahun 2013. Pada saat itu, Dilip Kumar menjadi sorotan berbagai media India. 

Melansir dari Hindustan Times, saat itu Dilip Kumar yang sudah lama tidak menampakkan diri dalam layar kaca, tiba-tiba mengunggah foto bersama istrinya ketika berangkat menjalankan ibadah Umroh tahunan di Mekah. Ibadah Umroh saat itu merupakan momen yang luar biasa lalu Dilip Kumar bersama istrinya mengaku bahwa ingin selalu pergi Umroh.  Demikian profil Dilip Kumar, aktor legendaris di dunia perfilman Bollywood.

Kontributor: Agatha Vidya Nariswari

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report