World

Bill Gates dan Melinda Gates Cerai setelah 27 Tahun Menikah

Salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates cerai, pembagian harta jadi sorotan.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Bill Gates dan Melinda Gates (Instagram/@thisisbillgates)
Bill Gates dan Melinda Gates (Instagram/@thisisbillgates)

Matamata.com - Ada kabar mengejutkan dari pasangan terkaya di dunia, Bill Gates dan Melinda Gates. Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates memutuskan bercerai dari istrinya.

"Setelah banyak pemikiran dan banyak usaha yang dikerahkan pada hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami," kata Mr dan Ms Gates dalam sebuah pernyataan yang diposting ke Twitter.

Bill Gates cerai (Twitter/@BillGates)
Bill Gates cerai (Twitter/@BillGates)

"Dalam 27 tahun, kami telah membesarkan 3 anak yang hebat dan telah membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani hidup yang sehat dan produktif. Kami akan terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan terus bekerja sama untuk yayasan, tetapi kami tidak lagi bisa mempercayai dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase kehidupan kita yang selanjutnya ini. Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami dalam rangka memulai hidup yang baru ini," lanjut pernyataan Melinda Gates dan Bill Gates.

Meski begitu seperti dilansir The New York Times, perceraian tersebut akan menimbulkan pertanyaan baru tentang nasib rejeki Gates, yang banyak di antaranya belum disumbangkan ke Gates Foundation. Mr. Gates, 65, yang ikut mendirikan Microsoft, adalah salah satu orang terkaya di dunia, dengan kekayaan sekitar $ 124 miliar, menurut Forbes. Keluarga Gates telah menikah selama 27 tahun dan memiliki tiga anak, usia 18 hingga 25 tahun.

“The Gates Foundation adalah entitas filantropi paling penting dan berpengaruh di dunia saat ini,” kata Rob Reich, profesor ilmu politik di Universitas Stanford. "Perceraian mungkin berdampak besar bagi yayasan dan pekerjaannya di seluruh dunia."

Bill Gates (Shutterstock)
Bill Gates (Shutterstock)

Meski Gates tidak memberikan perincian tentang bagaimana mereka akan menyusun keuangan mereka, mereka diyakini memiliki perjanjian pranikah. Gates adalah pemilik lahan pertanian terbesar di Amerika dan memiliki investasi besar melalui Cascade Investment, yang mengelola kekayaan pribadi Mr. Gates dan memiliki saham besar di jaringan hotel Four Seasons, Canadian National Railway and AutoNation, jaringan dealer mobil terbesar di negara itu di antara perusahaan lain.

Rumah dan properti keluarga termasuk mansion Negara Bagian Washington seluas 66.000 kaki persegi, yang memiliki fasilitas seperti ruang trampolin, ruang pemutaran film, dan perpustakaan multi-ruang yang dipenuhi dengan dokumen dan artefak langka.

Melinda Gates sendiri sudah memiliki perusahaannya sendiri, Pivotal Ventures, yang dia gunakan untuk berinvestasi dalam masalah yang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi perempuan. (Tuan Gates memiliki kantor pribadinya sendiri, Gates Ventures, untuk mengejar kepentingan di luar yayasan.) Jika dia menerima sebagian dari kepemilikan Microsoft Tuan Gates, dia dapat mendirikan yayasan baru atau memberikan hadiah langsung untuk tujuan lain yang dia dukung.

Bill Gates dan Melinda Gates (Instagram/@thisisbillgates)
Bill Gates dan Melinda Gates (Instagram/@thisisbillgates)

Bill dan Melinda telah menghadapi perselisihan hubungan selama beberapa tahun terakhir, kata dua orang yang dekat dengan mereka. Ada beberapa kali hubungan itu hampir runtuh, tetapi mereka berusaha untuk tetap bersama, kata orang-orang.

Bill Gates disebut-sebut memutuskan untuk mundur dari dewan direksi Microsoft dan Berkshire Hathaway, sebagian, sehingga dia dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya.

Melinda Gates (Instagram/@melindafrenchgates)
Melinda Gates (Instagram/@melindafrenchgates)

“Ketika dia mengalami kesulitan membuat keputusan tentang menikah, dia sangat jelas bahwa itu bukan tentang saya, ini tentang 'Bisakah saya mendapatkan keseimbangan yang tepat antara pekerjaan dan kehidupan keluarga?" kata Melinda Gates dalam sebuah wawancara di 2019 di The Sunday Times of London.

“Dan percayalah, saya dapat mengingat hari-hari yang sangat sulit dalam pernikahan kami di mana Anda berpikir, 'Bisakah saya melakukan ini?'" tutupnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report