World

Aktor Peraih Oscar Christopher Plummer Meninggal Dunia

Kepergian Christopher Plummer membuat banyak orang di seluruh penjuru dunia terpukul.

Yohanes Endra

Christopher Plummer. (Hollywood Reporter)
Christopher Plummer. (Hollywood Reporter)

Matamata.com - Aktor pemenang Oscar, Christopher Plummer, meninggal dunia pada hari Jumat (5/2), di rumahnya di Connecticut, Amerika Serikat (AS). Sosok yang tampil begitu ciamik kala membintangi film The Sound of Music tersebut meninggal pada usia 91 tahun.

Kepergian Christopher Plummer membuat banyak orang di seluruh penjuru dunia terpukul. Sederet artis, tokoh dunia, dan orang-orang terdekatnya turut menyampaikan penghormatan terakhir sebagai salam perpisahan untuk Christopher Plummer.

Chris Evans mengenang kembali momen manis bersama Christopher Plummer saat keduanya bermain di film Knives Out.

"Ini kehilangan besar. Karya dan kariernya memiliki pengaruh yang luar biasa. Salah satu kenangan favorit saya dari Knives Out adalah ketika bermain piano bersamanya di rumah Thrombey. Dia adalah pria yang baik dan bakat legendaris," ujar Chris Evans.

Christopher Plummer. (NBC News)
Christopher Plummer. (NBC News)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga turut menyampaikan duka terdalam, sembari mengenang kebaikan Plummer.

"Plummer adalah aktor abadi yang menghibur jutaan orang di seluruh dunia dan menginspirasi banyak orang untuk menekuni seni. Dia adalah seorang pria sejati dan profesional yang sempurna, kehadirannya baik di dalam maupun di luar panggung akan sangat dirindukan. Atas nama semua warga Kanada, saya menyampaikan duka terdalam untuk keluarganya, teman-temannya, dan banyak penggemarnya," bunyi pernyataan dari Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Lou Pitt, sosok teman yang juga manajer Plummer, turut memberikan salam perpisahan.

"Chris merupakan pria luar biasa yang sangat mencintai dan menghormati profesinya dengan sikap yang hebat. Dia adalah Harta Karun Nasional yang sangat menikmati akar Kanada-nya. Melalui seni dan kemanusiaannya, dia menyentuh hati kita. Kehidupan legendarisnya akan menjadi warisan untuk semua generasi yang akan datang," kata Lou Pitt.

Christopher Plummer populer lewat perannya sebagai Captain Von Trapp di film The Sound of Music (1965). Mulai 1965, Plummer dikenal sebagai Von Trapp. Film Knives Out menjadi film terakhir Christopher Plummer, di mana ia berperan sebagai Harlan Thrombey.

Pada usia 80 tahun, Christopher Plummer mendapatkan nominasi Oscar pertamanya lewat The Last Station. Kemudian, Plummer memenangkan Best Supporting Actor di Oscar lewat film Beginners. Pencapaian itu menjadikannya aktor tertua yang pernah memenangkan Oscar di usia 82 tahun.

Berita Terkini

Live Report