Stories Artist

Viral

Puan Maharani Naik Salero Diajari Prabowo, Kuda Kesayangan yang Pernah Ditunggangi Presiden Jokowi

Puan mengaku kesulitan menunggang kuda meskipun sudah tidak gugup.

Ade Wismoyo
Senin, 05 September 2022 | 10:42 WIB
Puan Maharani dan Prabowo Subianto di kediaman Menhan RI, Hambalang, Bogor, Minggu 4/9/2022 (ist.)
Puan Maharani dan Prabowo Subianto di kediaman Menhan RI, Hambalang, Bogor, Minggu 4/9/2022 (ist.)

Matamata.com - Ketua DPR Ri yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bertemu dengan ketua Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/9/2022). Dalam pertemuan itu, Puan dapat kesempatan berharga diajari langsung menunggang kuda oleh Prabowo.

Puan pun mengaku senang bisa diberi kesempatan naik kuda kesayangan Pak Prabowo.

"Saya diperkanankan untuk mencoba kuda kesayangan beliau," kata Puan usai pertemuan dengan Prabowo di Hambalang.

Puan melalui keterangan tertulisnya mengungkapkan, kuda kesayangan Prabowo yang sempat ia tunggangi itu bernama Salero. Kuda putih tersebut jenis Lusitano yang merupakan kuda keturunan Portugal.

Salero sebelumnya juga ditunggangi Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke kediaman Prabowo pada 2016 silam. Sementara itu, Prabowo menunggangi kuda bewarna cokelat yang diberi nama Cunhal.

Puan Maharani diajarkan Prabowo Subianto menunggang kuda di kediaman Menhan RI, Hambalang, Bogor, Minggu (4/9/2022). [Ist]
Puan Maharani diajarkan Prabowo Subianto menunggang kuda di kediaman Menhan RI, Hambalang, Bogor, Minggu (4/9/2022). [Ist]

Puan dan Prabowo berkuda sekitar 15 menit. Selain diajarkan langsung oleh Prabowo, Puan juga mendapat latihan singkat oleh instruktur hingga bisa menunggangi kuda secara sendirian tanpa dituntun.

Sebelumnya, Puan Maharani mengaku kesulitan dalam melakukan kegiatan berkuda kendati ia diajarkan langsung oleh Prabowo. Adapun kegiatan berkuda itu menjadi salah satu agenda pertemuan antara Puan dan Prabowo di Hambalang, Bogor.

Puan yang baru mengetahui lebih detail tentang berkuda mengatakan bahwa menunggangi kuda memang perlu keberanian dan semangat. Bukan hanya itu, sinergi antara penunggang dan kuda juga perlu ada.

"Dan ternyata tidak semudah yang saya lihat di film-film atau TV, TV. Naik kuda itu juga perlu teori yang baik dan benar," kata Puan.

Puan mengatakan dibutuhkan ketenangan diri saat melakukan olahraga berkuda.

"Enggak boleh grogi. Itu juga mungkin saya datang ke sini dengan penuh ketenangan karena saya merasa datang ke rumah keluarga sendiri," kata Puan.

Ketua DPR Puan Maharani. [Instagram @puanmaraniri]
Ketua DPR Puan Maharani. [Instagram @puanmaraniri]

Sementara itu Prabowo menceritakan ihwal kegiatan berkuda yang sempat dilakukan bersama Puan.

"Tadi mbak Puan berkenan untuk mulai latihan naik kuda. Karena tahu bahwa di sini kita melatih kuda juga untuk olahraga equestrian ya. Sesudah itu saya sempat kita makan-makan, ramah tamah habis itu kita berbincang-bincang," kata Prabowo.

Dalam konferensi pers, Prabowo juga mengungkapkan hubungan ia dengan keluarga Puan, yakni Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri serta almarhum Taufik Kiemas, suami Megawati.

"Jadi hubungan kekeluargaan yang sudah lama terjalin. Mungkin sudah generasi ketiga orang tua saya dekat dengan orang tua Ibu Mega dan seterusnya. Kakek saya juga sama Bung Karno," ujar Prabowo.

Puan pun mengaminkan kedekatan hubungan keluarga mereka. "Seperti yang tadi disampaikan Mas Prabowo memang hubungan kami, keluarga kami itu sudah jauh berjalan," tutur Puan. (Novian Ardiansyah)

Tags # puan maharani # prabowo subianto # menunggang kuda

Hot Video

Berita Terkini