Seleb

Meggy Wulandari Tuding Kiwil Tak Perhatian Soal Anak

"Cuma sayang sekali anaknya sudah memilih ayahnya, tapi dia kurang perhatian. Itu sayang sekali," kata Meggy Wulandari.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Herwanto

Meggy Wulandari. (MataMata.com/Alfian Winanto)
Meggy Wulandari. (MataMata.com/Alfian Winanto)

Matamata.com - Konflik antara komedian Kiwil dengan mantan istrinya, Meggy Wulandari kembali memanas. Kekinian, mereka saling serang terkait hak asuh anak.

Konflik bermula saat putra pertama Kiwil dan Meggy Wulandari, Rifky Ananda, meminta tinggal bersama sang ayah di Jakarta. Namun, karena Rifky kini tinggal bersama Meggy di Makassar bersama suami barunya, hal tersebut suli terjadi. 

Gegara kejadian tersebut, Kiwil kemudian meminta Meggy Wulandari menyerahkan Rifky kepadanya dan ditulis dengan perjanjian berdasarkan hitam di atas putih. 

Meggy Wulandari [Suara.com/Evi Ariska]
Meggy Wulandari [Suara.com/Evi Ariska]

Pengacara Meggy Wulandari, Asnawi Patandjengi kemudian menanggapi permintaan Kiwil itu. Menurut Asnawi, mengenai surat perjanjian untuk menyerahkan Rifky, tidak diperlukan. 

"Yang dipermasalahkan ini kan anak berumur 16 tahun. Katanya minta surat untuk hitam di atas putih, supaya diserahkan ke bapaknya. Itu kan tidak diperlukan, undang-undang mengatakan begitu," ujar Asnawi Patandjengi, saat ditemui di Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (7/6/2021). "Kalau anak milih bapaknya, ya sudah ikut bapaknya. Karena dia sudah dewasa," kata Asnawi menambahkan. 

Meggy Wulandari di kesempatan yang sama mengatakan kalau sang anak lebih ingin tinggal di Jakarta karena keperluan sosial. Namun, Meggy menuding bahwa Kiwil itu kurang perhatian terhadap Rifky.

Komedian Kiwil berpose di depan kamera ketika ditemui usai menjalani sidang cerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Rabu (10/2/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]
Komedian Kiwil berpose di depan kamera ketika ditemui usai menjalani sidang cerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Rabu (10/2/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]

"Karena sekolah di sini juga banyak teman-temannya. Dia sudah besar jadi saya memberikan kebebasan untuk memilih dan dia lebih pengin di sini (di Jakarta)," tutur Meggy Wulandari.

"Cuma sayang sekali anaknya sudah memilih ayahnya, tapi dia kurang perhatian. Itu sayang sekali," imbuh perempuan berhijab ini.

Kemudian, Asnawi juga menyinggung soal nafkah Kiwil kepada anak. Menurutnya, berdasarkan hukum Kiwil masih wajib memberikan nafkah kepada Rifky.

Meggy Wulandari bersama suami dan anak-anaknya. (Instagram/@meggywulandari_real)
Meggy Wulandari bersama suami dan anak-anaknya. (Instagram/@meggywulandari_real)

"Nah persoalan nafkah anaknya suami diatur di pasal 80, suami terhadap anak sudah bercerai wajib menafkahi anaknya. Sampai dia bisa berdiri sendiri, sampai 21 tahun. Itu kewajiban bapak loh. Itu ada konsekuensinya loh kalau tidak dilaksanakan," kata Asnawi. 

Meski begitu, Asnawi menyebut kliennya tak terlalu persoalkan urusan nafkah. Sebab soal hak asuh anak yang terpenting, Kiwil harus patuh terhadap hukum.

"Jadi ini sebenarnya nggak ada kasus ya. Kalau suami istri bercerai ya anak berusia 12 tahun menurut hukum Islam harus ikut ibunya. Kalau sudah 13 tahun ke atas ia bisa memilih (mau tinggal dengan siapa) ibu atau bapaknya," kata Asnawi menjelaskan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report