Seleb

Penuh Penyesalan, Keanu Agl Klarifikasi Usai Dituding Menghina Adat Riau

Apakah Keanu Agl memang sepenuhnya bersalah dan patut dimaafkan?

Yohanes Endra

Selebgram Keanu. (Instagram/@awkarin)
Selebgram Keanu. (Instagram/@awkarin)

Matamata.com - Keanu Agl kembali menuai kontroversi seiring dengan penampilannya kala ia berkunjung ke Pekanbaru, Riau. Kala itu, Keanu mengenakan Tanjak, ikat kepala atau topi khas masyarakat Melayu, dipadukan dengan kaus dan hot pants. Hal itu lantas membuat Keanu dikecam banyak pihak, termasuk Tokoh Adat Melayu.

Terkini, setelah dikecam banyak pihak dan nyaris diboikot, Keanu Agl telah memberikan klarifikasi. Pria bernama asli Muhammad Miftahul Huda itu mengunggah video permintaan maaf dan penyesalannya terkait penampilannya itu.

Keanu Agl klarifikasi usai dituduh menghina adat Riau. (Instagram/nenk_update)
Keanu Agl klarifikasi usai dituduh menghina adat Riau. (Instagram/nenk_update)

Keanu menyesal tidak mencari tahu terlebih dahulu perihal pemakaian Tanjak yang dikenakannya dalam sebuah acara. Ia pun mengatakan bahwa saat acara berlangsung, tidak ada orang yang menegur kesalahannya tersebut.

Meski demikian, Keanu menegaskan bahwa secara tulus dan dari hati yang terdalam, ia menyesali perbuatannya dan meminta maaf kepada masyarakat Melayu.

"Assalamualaikum, saya Keanu memohon maaf atas ketidak tahuan saya dalam menggunakan Tanjak dengan busana yang tidak sesuai dengan alur patut dan pantas saat acara grand opening Nadhira Napoleon pada tanggal 3 April 2021 karena saya hanya menjalankan tugas saya untuk mempromosikan produk yang dijual di toko tersebut, yang mana salah satunya adalah Tanjak Kreasi yang saya kenakan," ujar Keanu Agl.

"Penyelenggara juga tidak mengingatkan saya tentang kekeliruan saya, tapi dari hati terdalam saya secara tulus minta maaf kepada seluruh masyarakat Melayu, khususnya Riau, Pekanbaru. Sekarang saya mau mengajak teman-teman semua untuk lebih memperhatikan adat budaya di manapun kita berada. Sekali lagi saya mohon dimaafkan," imbuhnya.

Keanu Agl disebut rendahkan budaya Melayu (Instagram.com)
Keanu Agl disebut rendahkan budaya Melayu (Instagram.com)

Netizen pun memberikan berbagai macam komentar untuk klarifikasi Keanu Agl. Mereka menganggap bahwa Keanu tidak sepenuhnya bersalah dan patut dimaafkan.

"Dah tau Keanu lagi pake hot pants terus kenapa di pakaikan tanjak melayu ya kalao keanu nolak ntar di katain nggk sopan maunya sebelumnya keanu di kasih info dulu atau nggk panitianya siapkan kain atau apapun itu yg bisa nutupin auratnya keanu," tulis netizen.

Keanu Agl disebut rendahkan budaya Melayu (Instagram.com)
Keanu Agl disebut rendahkan budaya Melayu (Instagram.com)

"Inget pas di bali, mau masuk GWK, pake celana pendek. Halus bgt kasih taunya, dipakein kain, diiketin jg. Pas jalan-jalan, lupa daerah mana, ada orang ga sengaja nyenggol bunga2 apa gituu, yg ditaruh di deket patung, muka dia udah keliatan panik, sama orang balinya dibilang 'gapapa, kami maklum kalau orang di luar bali belum paham tradisi di bali'. Sopan juga, adem cara ngomongnya," komentar netizen yang lain.

"Gak apa apa keanu, masih ada kepulauan riau kok, saya org melayu, Keanu sudah meminta maaf, esensi nya apa ya sampe diboikot gitu? Kenapa kesannya jadi arogan sekali?" tanya netizen

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report