Seleb

Biar Nggak Lipsync, Cakra Khan Ngaku Sering Suntik Pita Suara

Penyanyi Cakra Khan mengaku sering menyuntik pita suaranya dengan steroid.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Cakra Khan (Suara.com/Ismail)
Cakra Khan (Suara.com/Ismail)

Matamata.com - Penyanyi Cakra Khan mengaku sering menyuntik pita suara. Keputusan itu diambil karena dia menolak tampil di atas panggung secara lipsync.

"Saya tuh sering suntik, makanya ada suaranya, kemarin tuh saya nggak bisa ngomong. Makanya, saya suntik tuh bukan karena apa tapi karena harus kerja lagi. Haduuuh, beginilah.. karena kan saya nggak bisa lipsync jadi harus bener-bener di isi lagi suaranya," kata Cakra Khan di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (20/11/2019).

Biasanya, Chakra memilih suntik steroid. Menurutnya, cara itu paling efektif buat memulihkan suara paling cepat.

"Jadi memang steroid itu bukan hanya untuk yang suka nge-gym aja tapi juga untuk yang lagi radang sama batuk juga. Karena lebih cepet," kata Cakra Khan.

Cakra Khan. (Suara,com/Ismail)
Cakra Khan. (Suara,com/Ismail)

"Kemarin pas dilihat tali pita suara saya itu udah tebel karena batuk. Banyak gesekan terus dan batuknya itu nggak bersadak. Jadi pita suaranya lebih keganggu gitu. Makanya disuntik," katanya lagi.

Meskipun begitu, pelantun Kekasih Bayangan ini berupaya agar tidak terlalu ketergantungan buat suntik steroid.

"Saya orangnya pengen perform yang bener-bener sebisa mungkin, se all out mungkin. Ini suntik itu bisa diitung jari, nggak setiap serak saya suntik itu nggak. Karena nggak bagus juga kan kalau terlalu sering suntik juga, nanti jadi ketergantungan," ujar Cakra Khan.

Kata Cakra Khan, ada efek samping jika keseringan melakukan suntik steroid. Satu di antaranya, Cakra Khan bisa mudah terserang gangguan emosi.

"Steroid ini nggak bisa langsung diberentiin jadi harus bertahap diturunin karena ganggu emosi juga. Terus efek sampingnya juga ada yang dijelasin sebelum suntik sih, dokter selalu mastiin dengan nanya dulu. Sejauh ini sih saya masih bisa ngehandlenya," kata Cakra Khan. [Sumarni]

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report