Seleb

Penuh Perjuangan, Ini Cara Zaskia Adya Mecca Rawat 3 Anaknya yang Kena Asma

Oleh karena itu, Zaskia Adya Mecca harus siaga terhadap anaknya.

Linda Rahmadanti

Zaskia Adya Mecca (Suara.com/Sumarni)
Zaskia Adya Mecca (Suara.com/Sumarni)

Matamata.com - Zaskia Adya Mecca blak-blakan menceritakan perjuangannya mengurus tiga anak dan suaminya, Hanung Bramantyo yang mengidap penyakit asma.

"Saya termasuk salah satu orangtua yang corcern tiga dari empat anak saya asma. Suami saya juga asma. Saya tinggal di Jakarta dan cukup sekolah tapi ketika anak saya kena asma saya nggak paham. Saya bukan pengidap asma jadi saya nggak tahu. Pendidikan ini penting (asma)," ujar Zaskia Adya Mecca, saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019).

Awalnya, perempuan 32 tahun ini selalu memilih membawa mereka ke rumah sakit setiap kali asmanya kambuh.

"Aku tuh punya problem dengan asma jadi sering banget kalau anak sudah batuk atau pilek pasti jam 2 pagi aku udah di UGD. Dan aku baru pulang jam 5 pagi," kata Zaskia Adya Mecca.

"Kalau anak udah batuk sama pilek aku sama Mas Hanung tuh udah siap-siap siaga. Satu pasti kita gantian tidurnya, siapa yang tidur duluan, karena anak itu pasti ada efeknya akan sesak tengah malam dan kita harus ke rumah sakit terus," jelasnya.

Zaskia Adya Mecca [Revi C Rantung/Suara.com]
Zaskia Adya Mecca [Revi C Rantung/Suara.com]

Tapi seiring berjalannya waktu, Zaskia Adya Mecca mencoba mengatasi penyakit itu di rumah. Dia mulai mencari tahu bagaimana menangani anak yang terkena asma tanpa harus ke rumah sakit.

"Karena anak udah tiga yang kena asma, aku sudah lumayan tahu bagaimana penanganannya. Jadi sekarang kita siap Nebulizer di rumah. Itu alat untuk uap gitu," tuturnya.

Zaskia Adya Mecca [Suara.com/Marni]
Zaskia Adya Mecca [Suara.com/Marni]

Tak cuma itu, pemain Ayat Ayat Cinta ini juga mulai berupaya menghindari anak-anaknya dari alergi yang bisa memicu asmanya kambuh.

"Terus setelah saya mencari selama 9 tahun, akhirnya saya coba tes darah alergi, itu bisa cek 53 jenis alergi. Itu sangat membantu saya. Saya bisa tahu alergi berat anak saya. Yang pertama itu alergi kucing tingkat 5. Semenjak saya tahu pencetus alerginya, karena asma itu berawal dari alergi, alhamdulillah sekarang sudah jarang kambuh," ucap Zaskia Adya Mecca. (Sumarni)

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report