Seleb

Cerita Istri Ustaz Maulana, Amal Ini Bikin Oki Setiana Dewi Terharu

Kepada Oki Setiana Dewi, Ustaz Maulana mengisahkan sosok istrinya.

Rendy Adrikni Sadikin
Senin, 21 Januari 2019 | 10:38 WIB
Ustaz Maulana dan almarhumah istrinya. [Instagram/@m_nur_maulana]
Ustaz Maulana dan almarhumah istrinya. [Instagram/@m_nur_maulana]

Matamata.com - Duka menyelimuti keluarga Ustaz Muhammad Nur Maulana alias Ustaz Maulana. Sang istri, Nuraliyah M. Nur Maunala alias Ummi Naura meninggal usai menyintas dari kanker usus.

Ummi Naura berpulang di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (20/1/2019) pukul 17.30 Wita setelah kondisinya menurun.

Kepada Oki Setiana Dewi, rekannya sesama pembawa acara di 'Islam Itu Indah', Ustaz Maulana secara singkat mengisahkan kebaikan dan amal dari Ummi Naura.

Dalam video singkat yang diunggah di akun Instagram milik Ustaz Maulana, @m_nur_maulana, Ustaz Maulana menilai Ummi Naura merupakan sosok wanita yang sempurna.

Ustadz Maulana dan istri [Instagram/m_nur_maulana]
Ustadz Maulana dan istri [Instagram/m_nur_maulana]

 

Ustaz Maulana mengibaratkan sosok istrinya seperti wanita-wanita yang ada dalam sejarah Rasulullah, baik itu Khadijah hingga Aisyah.

"Dia (Ummi Naura--RED) merupakan istri solehah dan penurut. Ada Khadijah dalam sosok Ummi Naura. Ada pula sosok Siti Hajar yang rela dibawa suaminya ke kota lain," terang Ustaz Maulana terbata-bata.

Ustaz Maulana pun sempat bingung. "Pokoknya sosok-sosok wanita yang ada dalam sejarah, kok ada semua? Cantiknya, pintarnya seperti Aisyah, keikhlasannya," ujar Ustaz Maulana.

Emas dan harta untuk masjid

Di antara banyak amal almarhumah, ada yang paling membuat Oki Setiana Dewi terharu ketika diceritakan oleh Ustaz Maulana dalam video tersebut.

Ummi Naura diketahui menyumbangkan seluruh harta dan emasnya untuk membangun masjid dan sekolah. Sebelum Ummi Naura meninggal, masjid tersebut sudah rampung.

Video Ustaz Maulana dan Oki Setiana Dewi. [Instagram/@m_nur_maulana]
Video Ustaz Maulana dan Oki Setiana Dewi. [Instagram/@m_nur_maulana]

 

"Ustaz banyak cerita tentang Ummi Naura. Tapi yang membuat saya terharu, tadi ustaz cerita, sebelum (Ummi Naura--RED) wafat masjidnya udah jadi. Emas-emasnya dijual untuk membuat masjid dan sekolah," tutur Oki Setiana Dewi.

Hal itu diamini Ustaz Maulana. "Semuanya (harta dan emas--RED) diberikan untuk masjid dan sekolah," tutur Ustaz Maulana menirukan ucapan almarhumah semasa hidup.

Sakit Umi Naura

Kepada Oki Setiana Dewi, Ustaz Maulana mengisahkan sakit yang didera oleh Ummi Naura selama 7 tahun ini, yakni kanker di usus.

Untuk sembuh, saluran pembuangan Ummi Naura harus dialihkan ke samping perut. Ustaz Maulana mengatakan istrinya menolak hal tersebut.

"Ternyata Ummi Naura ada kanker di usus. Usus yang dekat anus. Solusinya: pembuangan harus dialihkan. Dia maunya pengobatan alternatif. Hingga akhirnya, (menjalar --RED) sampai ke hati, limpa dan paru-paru," tutur Ustaz Maulana.

Sejatinya, Minggu kemarin, Ummi Naura akan dibawa ke Malaysia untuk menjalani pengobatan. Tapi Tuhan berkehendak lain. Ummi Naura dipanggil Allah.

"Semua sudah disiapkan: hotel, rumah sakit hingga dokter. Tapi Allah berkehendak lain," tutur Ustaz Maulana.

Tags # ustaz maulana # ummi naura # oki setiana dewi

Hot Video

Berita Terkini