Life

Sinopsis Before, Now & Then, Film Bahasa Sunda Pertama yang Cetak Rekor MURI

Before, Now & Then dibintangi oleh Happy Salma, Ibnu Jamil, hingga Laura Basuki.

Nur Khotimah
Senin, 22 Agustus 2022 | 16:31 WIB
Sinopsis Before, Now & Then (IMDb)
Sinopsis Before, Now & Then (IMDb)

Matamata.com - "Before Now & Then" merupakan film yang belakangan ini banyak diperbincangkan. Pasalnya dialog "Before, Now & Then" sepenuhnya dalam bahasa Sunda.

Film "Before, Now & Then" dirilis melalui Amazon Prime Video sejak 1 Agustus 2022. Tertarik nonton? Simak dulu sinopsis Before Now & Then dan berbagai fakta menariknya berikut ini.

1. Sinopsis Before, Now & Then

Sinopsis Before, Now & Then (IMDb)
Sinopsis Before, Now & Then (IMDb)

Film "Before, Now & Then" berkisah tentang wanita bernama Nana yang kehilangan keluarga karena perang. Nana yang tidak bisa lepas dari masa lalu berjuang melawan traumanya.

Nana diceritakan menikah lagi untuk memulai baru. Suami baru Nana amat kaya, tapi tidak setia. Oleh sebab itu, Nana justru hidup menderita.

Suatu hari, Nana bertemu dengan gundik suaminya. Pertemuan tersebut justru membuat Nana menemukan harapan baru. Harapan tersebut adalah kebebasan. Akankah perjuangan Nana membebaskan diri dari dikte sosial patriarki dan bayang-bayang masa lalunya berhasil?

2. Pemeran Before, Now & Then

Sinopsis Before, Now & Then (IMDb)
Sinopsis Before, Now & Then (IMDb)

Happy Salma berakting sebagai pemeran utama film "Before, Now & Then " yang bernama Nana. Selain Happy Salma, penonton juga dapat menyaksikan akting Arswendy Bening Swara, Laura Basuki, Ibnu Jamil, hingga Rieke Diah Pitaloka. Berikut daftar lengkap nama pemain "Before, Now & Then".

1) Happy Salma sebagai Raden Nana Suhani
2) Arswendy Bening Swara sebagai Darga
3) Laura Basuki sebagai Ino
4) Ibnu Jamil sebagai Raden Icang Suryanata
5) Rieke Diah Pitaloka sebagai Ningsih
6) Arawinda Kirana sebagai Dais dewasa
7) Chempa Puteri sebagai Dais kecil
8) Dhea Safira sebagai Bi Wiwik
9) Gita Maya sebagai Bi Amah
10) Zawra Pratala sebagai Resik
11) Barran Akmal sebagai Raden Setia
12) Muhammad Robi Aditya sebagai Gani
13) Amira Mazaya sebagai Rubi
14) Kemal Ferdiansyah sebagai Agah
15) Heliana Sinaga sebagai Istri Agah
16) Jais Darga sebagai Hajah Hobsah
17) Magali Darga sebagai Anak perempuan Hajah Hobsah
18) Risma Nilawati sebagai Anak perempuan Hajah Hobsah
19) Tisna Sanjaya sebagai Mang Endang

3. Fakta Menarik Before, Now & Then

Sinopsis Before, Now & Then (IMDb)
Sinopsis Before, Now & Then (IMDb)

"Before, Now & Then" yang juga dikenal dengan judul "Nana" merupakan adaptasi novel "Jais Darga Namaku" karya Ahda Imran. Yang menarik, Jais Darga juga merupakan produser eksekutif dan menjadi salah satu pemeran "Before, Now & Then". Ahda Imran pun ikut andil dalam penulisan skenario.

Film "Before, Now & Then" yang sepenuhnya berbahasa Sunda telah tayang lebih dulu di Berlin pada 12 Februari 2022, tepatnya di 72nd Berlin International Film Festival. Karena sepenuhnya berbahasa Sunda, film produksi Fourcolours Films dan Titimangsa Foundation ini juga tercatat dalam rekor MURI.

Masih ragu menonton "Before, Now & Then"? Sutradaranya adalah Kamila Andini yang telah mengarahkan film "Laut Bercermin" (2011), "Sekala Niskala" (2017), "Angel Sign" (2019), dan "Yuni" (2021) lho!

Selain itu, "Before, Now & Then" telah meraih berbagai penghargaan seperti Best Supporting Performance di Berlin International Film Festival 2022 dan International Competition di Brussels International Film Festival 2022. Yuk tonton selengkapnya di Amazone Prime Video, jangan pilih yang bajakan ya!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Tags # before now & then # sinopsis before now & then # ibnu jamil # happy salma # rekor muri

Hot Video

Berita Terkini