Life

Profil Ali Hamza, Seleb TikTok yang Diboikot KPopers

Siapa sebenarnya pria yang bikin warganet khususnya Kpopers geram ini? Berikut profil Ali Hamza.

Yohanes Endra | fitri asta pramesti

Ali Hamza [YouTube: Info Populer]
Ali Hamza [YouTube: Info Populer]

Matamata.com - Ali Hamza mendadak viral dan menuai sorotan tajam. Seleb TikTok ini menuai kritikan karena dianggap menyebarkan kebencian soal Kpop.  Netizen yang geram belakangan kompak menyerukan boikot terhadap Ali Hamza. Bahkan, mereka sampai membuat petisi online untuk memboikot Ali Hamza yang kini telah diteken oleh ratusan ribu orang.

Kabar boikot Ali Hamza berawal dari postingan dirinya mengomentari dugaan Mnet memakai remix azan dalam video pembuka acara survival Street Woman Fighter. Ia menyalahkan Kpop atas kasus tersebut. Unggahan Ali Hamza langsung menuai kecaman keras warganet. Buntutnya, tagar Boikot Ali Hamza sempat nangkring di trending topic pada Jumat (10/9/2021) pagi.

Siapa sebenarnya pria yang bikin warganet khususnya Kpopers geram ini? Untuk lebih jelasnya, simak profil Ali Hamza berikut.

Profil Ali Hamza

Selebgram Ali Hamza [Tik Tok/@alinezad]
Selebgram Ali Hamza [Tik Tok/@alinezad]

Ali Hamza merupakan sosok di balik akun TikTok @alinezad. Ia diketahui merupakan konten kreator asal Jakarta.

Berdasarkan bio akun TikTok, Ali Hamza menunjukkan dirinya sebagai kreator soal Islam dan edukasi.

Cukup populer, akun TikTok pria 23 tahun ini sudah memiliki 2,9 juta pengikut. Ia diketahui mulai aktif mengunggah konten sejak Maret 2020.

Ia melabeli dirinya sebagai kreator yang kerap membagikan konten seputar tutorial, Islami, POV, viral, dan edukasi, sebagaimana yang ia tuliskan di bio akun TikToknya.

Beberapa konten TikTok terbaru yang ia unggah memiliki judul yang kontroversional seperti, "Viral Stasiun tv Korsel lagi dan lagi permainkan Islam", "Lagu kpop yang dinilai permainkan Agama Islam", hingga China banned cowo feminine tampil di TV".

Selain TikTok, Ali Hamza juga aktif di YouTube. Lewat kanalnya yang bernama hamzali abradinezad, ia kerap membuat konten seputar hal-hal viral dan kontroversi. Pria ini juga beberapa kali terlihat membuat cover lagu.

Dianggap sebar kebencian

Selebgram Ali Hamza yang diboikot karena dianggap menghina penggemar K-Pop [Tik Tok/@alinezad]
Selebgram Ali Hamza yang diboikot karena dianggap menghina penggemar K-Pop [Tik Tok/@alinezad]

Warganet ramai-ramai menggemakan biokot Ali Hamza, buntut pernyataan soal kontroversi remix azan Mnet. Ia dianggap membuat konten yang menyebarkan fitnah dan ujaran kebencian soal Kpop.

Awalnya, Ali Hamza membuat konten video yang menyebut bahwa Korea Selatan mempermainkan Islam, seiring dengan kasus dugaan Mnet menggunakan remix azan.

"Nggak ngerti lagi Korea Selatan kembali berulah. Kali ini mereka mempermainkan agama Islam guys. Waduh nggak bisa dibiarin," ujar Ali Hamza dalam videonya.

Setelah memperlihatkan video di mana azan tersebut disisipkan dalam video di acara Mnet, Ali Hamza menegaskan ini bukan kali pertama hal tersebut terjadi.

Selebgram Ali Hamza [Tik Tok/@alinezad]
Selebgram Ali Hamza [Tik Tok/@alinezad]

"Kalian tahu, ini nggak terjadi satu atau dua kali guys. Orang Korea ini memang sering banget menggunakan azan dalam musiknya. Waduh ini nggak ada akhlak banget guys," terangnya.

Selebgram yang juga seorang model ini bahkan mengutip ucapan Presiden Korea Utara, Kim Jong Un yang menyebut, "K-Pop seperti kanker ganas."

Tak hanya mengutip ucapan kasar tersebut, Ali Hamza juga menuliskan caption untuk pecinta musik Korea. Bahwa dengan adanya kasus ini masih banyak orang-orang yang menyukai K-Pop.

"Udah tau sering begini, masih aja lu demen tuh K-Pop k-Popan! Di saat agama lu dihina, lu diem? Penyembah fisik," imbuhnya.

Petisi online boikot Ali Hamza

Petisi boikot Ali Hamza. (change.org)
Petisi boikot Ali Hamza. (change.org)

Pernyataan Ali Hamza memicu munculnya petisi online berisi ajakan boikot dirinya. Adapun petisi yang dibuat di laman change.org itu berjudul "Boikot Ali Hamza, Content Creator Penyebar Fitnah & Kebencian".

Petisi yang dibuat oleh akun @DamaiIndonesiaku ini, telah diteken 134.767 pada Jumat (10/9/2021) sore dan jumlahnya diperkirakan bakal terus bertambah.

Beberapa warganet yang mendukung petisi boikot Ali Hamza ini menyebut sang TikToker telah menyebarkan fitnah dan kebencian.

"Suka menebar fitnah dan menebar ucapan kebencian," tulis akun Navi***.

"Selalu menyebar kebencian tentang artis kpop terlebih bts dan army. mengadu domba dan mengiring opini yang salah + fitnah," kata Sif***.

"Saya menandatangani ini karena ali hamza sudah memberikan opini yg tidak masuk akal," timpal Nis***.

Itulah profil Ali Hamza yang kini diboikot warganet karena dianggap menyebarkan kebencian soal Kpop. Bagaimana menurutmu?

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report