Life

Wonder Food Indonesia, Selamatkan Bahan Pangan Berlebih untuk Berbagi

Wonder Food Indonesia mengolahnya menjadi makanan bergizi dan bernutrisi.

Tinwarotul Fatonah

Food is Love. (Dok: Wonder Food Indonesia)
Food is Love. (Dok: Wonder Food Indonesia)

Matamata.com - Wonder Food Indonesia (WFI) adalah sebuah yayasan sosial yang peduli pada isu bahan makanan berlebih (food waste) dan pentingnya asupan nutrisi di Indonesia. Lembaga ini dibentuk pada 25 November 2018, untuk menyelamatkan bahan makanan yang berlebih dalam memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat yang membutuhkan, dengan dibantu oleh para volunteer Wonder Food Indonesia.

Melalui visinya “Reduce Food Waste and Nourish The Country”, Wonder Food Indonesia melakukan penyelamatan bahan makanan berlebih yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang masih layak untuk dikonsumsi. Setelah proses penyelamatan bahan makanan, Wonder Food Indonesia melakukan pengecekan kelayakan bahan makanan, seperti melihat kembali sayuran dan buah yang memiliki tampilan luar kurang bagus namun realitanya masih baik dan layak untuk dikonsumsi.

Wonder Food Indonesia mengolahnya menjadi makanan bergizi dan bernutrisi untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Data yang disampaikan Kementerian PPN/Bappenas dari hasil analisis kolaborasi dengan Foreign Commonwealth Office Inggris selama 20 tahun terakhir menyebutkan, Food Lost dan Food Waste di Indonesia mencapai 23 - 48 ton per tahun pada periode 2000 - 2019, atau setara 115 - 184 kilogram/kapita/tahun.

Food waste juga berpengaruh pada dampak sosial, yaitu kehilangan kandungan energi dan gizi yang setara dengan porsi makanan 61 juta - 125 juta orang atau sebanyak 29 persen - 47 persen dari populasi di Indonesia. (sumber : https://www.bappenas.go.id)

Sampai 31 Juli 2021, 150.275 kilogram bahan makanan sudah diselamatkan dan diolah menjadi 281.490 porsi makanan. Artinya sudah 44.260 kilogram bahan makanan bergizi dan bernutrisi telah dibagikan Wonder Food Indonesia kepada yang membutuhkan.

Berita Terkini

Live Report