Life

Sinopsis Dokumenter Seaspiracy, Ancaman Kerusakan Ekosistem Laut

Yuk simak sinopsis Dokumenter Seaspiracy di bawah ini.

Tinwarotul Fatonah

Film dokumenter Seaspiracy. [Netflix]
Film dokumenter Seaspiracy. [Netflix]

Matamata.com - Film dokumenter Seapiracy berbicara tentang ancaman kerusakan ekosistem laut. Film dokumenter Seaspiracy mengungkap fakta di balik industri perikanan dunia.

Film yang diproduksi oleh sutradara Ali Tabrizi ini merilis trailer perdana di Netflix melalui akun YouTube resminya pada 4 Maret 2021. Dalam video berdurasi 2:20 menit tersebut, terungkap sejumlah hal yang mendorong sutradara memulai proyek ini.

Berikut ini sinopsis dokumenter Seaspiracy yang membuatnya sangat layak untuk ditonton dan direnungkan gagasannya.

Film dokumenter Seaspiracy. [Netflix]
Film dokumenter Seaspiracy. [Netflix]

Sinopsis Dokumenter Seaspiracy

Film ini akan mengulas topik tentang kerusakan ekosistem laut secara mendalam. Sejumlah ahli di bidang kelautan serta pemerhati lingkungan hidup dihadirkan guna memaparkan bahaya yang akan timbul akibat fenomena kerusakan ekosistem laut.

Di dalam film ditampilkan pula bagaimana perilaku buruk manusia mencelakai spesies laut dan mengungkap korupsi global yang mengkhawatirkan.

Seasypiracy juga akan menampilkan aktivitas kelautan Gary Stokes, pendiri LSM OceansAsia yang berbasis di Hongkong. Stokes berprofesi sebagai fotografer profesional dan instruktur selam yang sebelumnya menjabat sebagai direktur Sea Shepherd Asia, di sini dia bertugas sebagai penyelidik yang terampil dan bekerja untuk mengekspos industri sirip hiu.

Tujuan Film Dokumenter Seaspiracy

Tujuan awal pembuatan film Seaspiracy adalah mengungkap kerusakan ekosistem laut, yang mana membuat crew film sendiri terkejut dengan betapa besar hal yang akan mereka ungkap.

Jika tujuan pembuatan film ini sampai berhasil menyentuh kesadaran penonton dan membawa perubahan positif maka film ini akan secara radikal mengubah cara pikir dan bertindak dalam konservasi laut untuk selamanya.

Film ini mengajak semua orang atau penonton khususnya untuk fokus memperhatikan ekologi serta etika pada laut dan penghuninya. Laut merupakan salah satu habitat terpenting di bumi.
 
Produser eksekutif Kip Andersen menggambarkan sinopsis dokumenter Seaspiracy sebagai topik film yang memiliki fungsi penting sebagai bagian terpenting dari teka-teki lingkungan yang hilang. Film ini menekankan bahwa siapapun yang peduli pada laut dan menontonnya akan semakin peduli pada masa depan lautan.

Seaspiracy digadang-gadang memiliki dampak yang sama besarnya dengan Cowspiracy yang dapat mengubah hati dan pola pikir umat manusia terhadap lautan kita.

Kini, jangan hanya membaca sinopsis dokumenter Seaspiracy, sebaiknya Anda jadwalkan untuk nonton film ini di Netflix. Film dokumenter Seaspiracy sudah bisa disaksikan di Netflix sejak 24 Maret 2021.
 
 
Kontributor: Mutaya Saroh

Berita Terkini

Live Report