Life

Blangkon Ahmad Dhani: Sekadar Fashion atau Jadi Simbol Tersirat?

Jadi alasan Ahmad Dhani pakai blangkon buat apa?

Tinwarotul Fatonah

Ilustrasi/Ema Rohimah
Ilustrasi/Ema Rohimah

Matamata.com - Bosan ngurusin sidang Ahmad Dhani yang belum berujung, karena dari satu kasus menuju kasus lain. Jadi mari bahas yang ringan-ringan saja.

Karena akan lebih asyik memandangi wajah ganteng putra-putra Ahmad Dhani kan daripada ngikutin sidang dugaan ujaran kebencian yang dilakukan oleh sang bapak.

Penelusuran MataMata.com dan akhirnya menimbulkan pertanyaan adalah soal penampilan Ahmad Dhani di setiap menghadiri sidang. Ini karena hampir semua media tertarik membahas penampilan Ahmad Dhani selain bahasan kasusnya.

Misal saja, saat Ahmad Dhani hadir di sidang pertama dugaan ujaran kebencian karena kicauannya di Twiter. Bapak lima anak ini mengenakan kaus hitam bertuliskan 2019 Ganti Presiden. Kata-kata ini juga sebelumnya viral dan menjadi hashtag di media-media sosial.

Alasannya ketika itu karena Ahmad Dhani adalah politisi dari partai Gerinda dan memilih Prabowo sebagai presidennya.

Terbaru saat Ahmad Dhani menghadiri sidang dengan kasus ujaran idiot di PN Surabaya pada 7 Februari lalu. Keadaannya, Ahmad Dhani sudah divonis 1,6 tahun penjara di kasus ujaran kebencian sebelumnya. Pun, ia mengenakan kaus hitam bertuliskan 'Tahanan Politik'.

Ahmad Dhani jalani sidang ujaran idiot di PN Surabaya, Kamis (7/2/2019). [Suara.com/Achmad Ali]
Ahmad Dhani jalani sidang ujaran idiot di PN Surabaya, Kamis (7/2/2019). (Suara.com/Achmad Ali)

 

Sayangnya, pentolan Dewa 19 ini tidak menjelaskan alasan dirinya mengenakan kaus bertuliskan 'Tahanan Politik'.

Itu baru kausnya Ahmad Dhani saja namun sudah bikin heboh. Lalu apakah ada maksud lain juga dengan penampilan nyentri Ahmad Dhani mengenakan blangkon hampir di setiap sidang perkaranya?

Awal pakai blangkon

MataMata.com melansir Suara.com, Ahmad Dhani muncul ke publik dengan gaya mengenakan blangkon sejak menghadiri sidang lanjutan kasus ujaran kebencian, 24 April 2018.

Perubahan penamilan drastis ini setelah Ahmad Dhani berhasil mencuri perhatian publik dangan kaus 2019 Ganti Presiden, di sidang sebelumnya.

Suami Mulan Jameela ini benar-benar tampil beda dan nyentrik. Ia mengenakan setelan jas, celana denim, sepatu pantopel hitam ditambah blangkon khas Jawa.

Menurut Ahmad Dhani, ide mengenakan jas dan belangkon ditemukan Dhani saat melakukan wisata religi bersama istri ke Palestina.

Saat MataMata.com cek, Ahmad Dhani memang bergaya rapi dengan setelan jas ditambah dasi dan blangkon ketika berjalan-jalan di Palestina.

Ahmad Dhani. (Instagram/@ahmaddhaniprast)
Ahmad Dhani. (Instagram/@ahmaddhaniprast)

 

Fashion atau simbol tersirat?

Seperti kaus milik Ahmad Dhani yang memiliki maksud tersirat, apakah blangkon yang ia kenakan memiliki makna tertentu buatnya.

Apalagi kalau mengingat blangkon memang tercipta memiliki filosofi mendalam buat orang Jawa khususnya. Konon katanya, blangkon merupakan simbol status bagi pemakainya.

Misalnya blangkon Yogyakarta yang memiliki mondalan di bagian belakangnya. Berdasarkan filosofi orang Jawa, blangkon jenis ini artinya pandai menyimpan rahasia, tidak membuka aib orang lain maupun diri sendiri. Selain itu, ada yang mengatakan maknanya adalah orang yang mampu tersenyum meskipun hati menangis. Selalu memikirkan kebahagian dan kebaikan orang lain walaupun dirinya menjadi korban.

Beda lagi dengan blangkon Solo. Blangkon jenis ini tidak memiliki tonjolan di bagian belakangnya seperti blangkon Yogyakarta. Ciri khasnya adalah terjalin dengan mengikatkan dua pucuk helai kain di bagian kanan dan kiri. Maknanya adalah pertemuan makhluk dan Tuhannya. Bahwa ketika orang menjadi pemimpin tetap membutuhkan peran Tuhan.

Ahmad Dhani. (Instagram/@ahmaddhaniprast)
Ahmad Dhani. (Instagram/@ahmaddhaniprast)

 

Lalu apakah Ahmad Dhani punya maksud seperti di atas saat mengenakan blangkon? Apalagi Ahmad Dhani memiliki beberapa jenis blangkon yang dipakai bergantian di setiap momen.

Penelusuran MataMata.com pada pemberitaan Suara.com, Ahmad Dhani pernah menjawab soal mengapa dirinya mengenakan blangkon.

Rupanya Ahmad Dhani ingin tampil beda dan unik.

"Jadi selama saya mencari di Google, kok penampilan saya nggak ada yang keren. Makanya saya akhirnya peduli sama penampilan saya, biar pas diketik di Google muncul foto keren," katanya dilansir dari Suara.com.

Pun ia mematenkan kalau gaya rapi pakai jas dan blangkon adalah ciri khasnya.

"Ini akan dipakai dalam style saya ke depannya. Nyanyi dan politik saya akan bergaya begini. Jadi harus izin saya kalau ada yang mau meniru," kata Ahmad Dhani dengan percaya diri saat itu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report