Kpop

Distribusi Album EXO Terhambat, Tagar #SMsabotagingEXO Trending

SM Entertainment menyabotase album EXO, serius?

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

EXO (Instagram/@weareone.exo)
EXO (Instagram/@weareone.exo)

Matamata.com - EXO baru saja mengakhiri promosi mereka untuk judul lagu comeback mereka "Obsession". Banyak penggemar sangat senang dengan lagu-lagunya, tetapi di sisi lain mereka juga sangat marah terhadap tindakan SM Entertainment.

Dilansir Allkpop, dimulai tanggal 27 November masalah mulai terjadi. Diketahui SM Entertainment terlambat dalam menyediakan tautan untuk preorder bagi para penggemar AS. Yang membuat banyak penggemar marah adalah bahwa tautan yang disediakan menjadi dari Amazon Prime yang menunjukkan bahwa pengiriman akan memakan waktu 1 hingga 2 bulan.

EXO (Instagram/@weareone.exo)
EXO (Instagram/@weareone.exo)

Penggemar kemudian memperhatikan bahwa di situs-situs seperti Ktown4u menunjukkan bahwa album ini diharapkan akan tersedia pada 4 Desember dengan versi album ke-3. Kemudian terungkap bahwa itu bukan hanya Ktown4u tetapi sebagian besar situs seperti Yesasia, Kpoptown dan situs lainnya yang biasa digunakan penggemar untuk memesan memiliki masalah seperti itu.

Ini berarti bahwa SM Entertainment tidak dapat menyediakan stok yang diinginkan dan toko-toko besar harus mengirimkan dalam jumlah kecil saat album tersedia. Banyak penggemar telah mengungkapkan bahwa pesanan mereka masih belum dikirimkan dan diperkirakan tidak akan dikirim dalam waktu dekat.

EXO (Instagram/@weareone.exo)
EXO (Instagram/@weareone.exo)

Kekinian, EXO-L, basis penggemar EXO, menyindir SM Entertainment terkait sabotase menggunakan tagar #SMsabotagingEXO di Twitter. Karena banyak EXO-L asal US mengalami kesulitan menerima album mereka atau album mereka masih belum dikirimkan, kalaupun dikirimkan hanya 1-2 hari sebelum pelacakan Billboard sehingga menyabot peringkat album EXO di Billboard. Belum lagi fakta bahwa album terus-menerus tidak ada stok sehingga menghasilkan peringkat lebih rendah dari biasanya untuk EXO dan penggemar mengklaim SM mungkin melakukannya dengan sengaja karena konflik kepentingan dengan label AS dan peringkat grup lain.

Banyak yang membuat perbandingan betapa konyolnya lagu itu bisa menjadi nomor satu di Billboard digital tetapi album yang dipesan tidak dapat ditemukan karena banyak yang belum dikirim atau bahkan belum di-restock.

EXO (Instagram/@weareone.exo)
EXO (Instagram/@weareone.exo)

Apa yang juga dikhawatirkan penggemar adalah bahwa SM mungkin melakukan seperti yang mereka lakukan dengan Super Junior pada bulan Oktober yang mereka juga anggap disabotase. Saat itu, toko memberikan pengembalian uang alih-alih menyetok album.

Selama comeback Super Junior, ELF yang menghubungi Ktown4u mendapat penjelasan dari Ktown4u bahwa SM Entertainment yang tahu jumlah pre-order sengaja memberikan jumlah album terbatas sehingga mengakibatkan Ktown4u dan toko-toko lain harus memberikan pengembalian uang ELF.

Hal itu membuat banyak ELF marah karena pre-order album SuJu tahun ini sangat tinggi. Penjualan album mereka masih tinggi untuk grup K-Pop dan bisa jadi lebih tinggi hingga mencapai tonggak sejarah baru bagi mereka. Banyak yang menuduh SM mungkin melakukannya dengan sengaja untuk menyabotase waktu comeback mereka.

Super Junior (Instagram/@superjunior)
Super Junior (Instagram/@superjunior)

Sekarang, yang dikhawatirkan EXO-L adalah bahwa hal ini mungkin terjadi pada EXO sehingga mereka memutuskan untuk membuat trending masalah ini. Mereka berharap dapat menarik perhatian SM dan menuding mereka melakukan sabotase dengan menggunakan #SMsabotagingEXO.

Berikut adalah beberapa tweet dari penggemar yang berbagi kekhawatiran mereka.

"Anda tahu, @SMTOWNGLOBAL?
Anda mengambil uang kami, dengan cepat, tanpa keraguan, maka Anda "lupa" mengirim stok dan mengisi kembali album. Betapa lucunya! Kami adalah pelanggan yang dapat diandalkan dari penyedia yang tidak dapat diandalkan? NAH! Anda adalah PENCURI #SMsabotagingEXO," kata akun @elymaffla.

"Anda membawa dua anggota ke grup lain terlepas dari rasa sakit fisik mereka, Anda mencoba memboikot siapa yang memberi makan Anda, tetapi itu tidak akan terjadi karena EXO-L selalu akan melindungi EXO dari Anda, perusahaan yang tidak tahu berterima kasih # SMsabotagingEXO," kata @1361Xdri.

Waduh, semoga semua masalah cepat selesai ya!

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report