Kpop

Didepak dari Drama dan Diputus Kontraknya, 5 Fakta Kasus Pelik Kang Ji Hwan

Aktor Korea Selatan, Kang Ji Hwan tengah terbelit kasus pelecehan seksual.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Kang Ji Hwan (Soompi)
Kang Ji Hwan (Soompi)

Matamata.com - Kabar mengejutkan datang dari aktor Korea Selatan, Kang Ji Hwan. Sang aktor ditangkap polisi di rumahnya di Gwangju pada (9/7/2019) pada pukul 10:50 malam waktu Korea dengan tuduhan pelecehan seksual.

Dilansir Soompi, Kang Ji Hwan pulang ke rumah dengan dua karyawan wanita dari agensinya, sebut saja A dan B, untuk minum-minum setelah makan malam perusahaan. Malamnya, Kang Ji Hwan pergi ke kamar tempat kedua wanita itu tidur dan melakukan pelecehan seksual pada A, serta tindakan tidak senonoh pada B.

Sebelumnya malam itu pukul 9:41 malam, A mengirim SMS ke seorang teman di Seoul dan berkata, "Saya minum-minum di rumah aktor Kang Ji Hwan, dan sekarang kami terjebak," serta meminta temannya untuk melaporkannya. Ketika polisi tiba di rumah Kang Ji Hwan, A mengatakan bahwa dia sedang tidur saat Kang Ji Hwan secara seksual menyerangnya. Kang Ji Hwan pun ditangkap.

Kini Kang Ji Hwan sudah mengakui kesalahan, dan akibatnya dia didepak dari drama dan diputus kontrak oleh agensinya.

Berikut 5 fakta kasus pelecehan seksual Kang Ji Hwan!

1. Pembatalan Jadwal

Kang Ji Hwan (Soompi)
Kang Ji Hwan (Soompi)

Atas kasus yang menimpanya tersebut, agensi Kang Ji Hwan, Huayi Brothers Korea pun merilis pernyataan. Mereka mengungkapkan kalau Kang Ji Hwan akan membatalkan semua kegiatan yang dijadwalkan untuk bekerja sama dengan penyelidikan polisi.

"Karena para korban adalah anggota staf yang bekerja sama dengan kami, kami meminta pengertian Anda agar berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan juga untuk melindungi kedua korban.

Kang Ji Hwan akan membatalkan semua kegiatan yang dijadwalkan dan rajin bekerja sama dengan penyelidikan polisi.

Sekali lagi kami dengan tulus meminta maaf karena merugikan banyak orang akibat kejadian yang tidak menguntungkan ini," ungkap agensi.

2. Surat Perintah Penahanan

Kang Ji Hwan (Soompi)
Kang Ji Hwan (Soompi)

Dilansir Soompi, Kantor Polisi Gwangju Provinsi Gyeonggi mengungkapkan pada 11 Juli bahwa surat perintah penahanan pra-pengadilan untuk Kang Ji Hwan telah diminta ke kejaksaan.

Surat perintah penahanan praperadilan memungkinkan tersangka ditahan lebih dari 48 jam. Itu diberikan jika pengadilan memutuskan bahwa ada potensi bagi tersangka untuk melarikan diri atau menghancurkan barang bukti.

Pada malam hari tanggal 12 Juli, hakim Han Sung Jin dari Pengadilan Distrik Suwon mengeluarkan surat perintah penahan tersebut dengan alasan bahwa, "Ada risiko penghancuran bukti."


3. Didepak Dari Drama

Seo Ji Suk dan Kang Ji Hwan (Soompi)
Seo Ji Suk dan Kang Ji Hwan (Soompi)

Kang Ji Hwan diketahui menjadi pemeran utama sebagai Han Jung Rok dari drama Korea bertajuk Joseon Survival di TV Chosun. Gara-gara kasus ini, peran Kang Ji Hwan akan digantikan oleh Seo Ji Suk.

"Setelah menyelesaikan casting, Joseon Survival akan mulai syuting sesegera mungkin, dan kami akan melanjutkan penayangan episode 11 mulai Sabtu depan (27 Juli).

"Sekali lagi, kami meminta pengertiam semua orang yang menunggu Joseon Survival, dan kami akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan pemirsa dengan menciptakan drama yang dibuat dengan baik sampai akhir," kata agensi Huayi Brothers Korea pada 15 Juli 2019.

4. Mengakui Kesalahan

Kang Ji Hwan (Soompi)
Kang Ji Hwan (Soompi)

Kang Ji Hwan telah mengeluarkan pernyataan resmi di mana dia mengakui semua dakwaan dalam kasus kekerasan seksualnya.

Pada 15 Juli, tim hukum Kang Ji Hwan mengeluarkan pernyataan berikut:

"Ini adalah firma hukum Kang Ji Hwan HwaHyun. Kami sedang menyampaikan pernyataan resmi Kang Ji Hwan.

"Ini Kang Ji Hwan. Saya mengakui semua dakwaan dan saya menundukkan kepala dan dengan tulus meminta maaf kepada para korban bahwa saya sangat terluka dengan kesalahan yang tidak dapat diperbaiki. Saya juga ingin meminta maaf kepada semua orang yang khawatir karena kejadian ini. Saya akan menerima hukuman atas kejahatan saya dan bertobat.

Saya minta maaf sebesar-besarnya.

Tertanda, Kang Ji Hwan."

5. Diputus Kontrak oleh Agensi

Kang Ji Hwan (Soompi)
Kang Ji Hwan (Soompi)

Huayi Brothers Korea, telah mengakhiri kontrak eksklusif mereka dengan Kang Ji Hwan. Kang Ji Hwan sendiri sudah mengakui perbuatannya yang melakukan kekerasan seksual terhadap dua anggota staf wanita.

Berikut adalah pernyataan lengkap agensi, yang dikeluarkan pada 16 Juli:

"Halo, ini Huayi Brothers Korea.

Kami menandatangani kontrak dengan Kang Ji Hwan pada Mei 2019 atas dasar kepercayaan, tetapi sebagai hasil dari peristiwa yang tak terduga dan memalukan, kepercayaan itu hancur.

Setelah itu, kami tidak dapat melanjutkan kontrak eksklusif kami [dengan Kang Ji Hwan] dan telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak kami dengannya.

Kami akan berusaha untuk perbaikan dan melakukan yang terbaik untuk mencegah hal yang sama terjadi di masa depan melalui manajemen artis kami secara menyeluruh.

Sekali lagi, kami meminta maaf kepada semua orang karena menyebabkan kekhawatiran," kata agensi.

Mari tunggu kabar selanjutnya!

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report