7 Duka Mendalam Terjadi di Tahun 2022, Meninggalnya Putra Ridwan Kamil

Simak tujuh duka mendalam yang terjadi pada tahun 2022.

Yulia Rosdiana Putri
Rabu, 28 Desember 2022 | 20:47 WIB

Duka Mendalam di Tahun 2022. (MataMata.com)

Matamata.com - Tahun 2022 akan berakhir dalam hitungan hari.  Meski begitu, banyak hal yang terjadi di tahun ini yang tak bisa dilupakan begitu saja.

Beberapa musibah meninggalkan duka tak hanya untuk orang Indonesia, namun juga dunia. Apa sajakah duka mendalam yang terjadi di tahun 2022 ini? Mari kita bahas selengkapnya dalam artikel ini.

1. Meninggalnya Putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz 

Emmeril Kahn Mumtadz anak Ridwan Kamil dan Atalia Kamil. (Twitter/ata_lia)
Emmeril Kahn Mumtadz anak Ridwan Kamil dan Atalia Kamil. (Twitter/ata_lia)

Pertama, ada kabar duka berasal dari keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau biasa dipanggil dengan Emil, meninggal dunia pada 8 Juni 2022 lalu.

Jasadnya ditemukan pada pukul 06.50 usai ia dikabarkan tenggelam di Sungai Aare yang ada di Bern, Swiss pada akhir Mei lalu. 

Kepulangan dari jenazah Emil ke Indonesia disambut oleh masyarakat. Berbagai ucapan belasungkawa dan doa disampaikan untuk keluarga Ridwan Kamil yang ditinggalkan.

2. Tragedi Kanjuruhan

Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/helmyyahya)
Tragedi Kanjuruhan. (Instagram/helmyyahya)

Kedua, ada sebuah peristiwa yang tak terlupakan bagi Indonesia sekaligus dunia sepak bola. Peristiwa ini dikenal dengan nama Tragedi Kanjuruhan.

Kerusuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang pada 1 Oktober 2022 lalu, usai Arema kalah melawan Persebaya di kandang sendiri.

Suporter Arema turun ke lapangan dan memicu bentrok antar suporter dan polisi yang bertugas saat itu. Keputusan untuk melepaskan gas air mata disebut memperburuk situasi dan menimbulkan kepanikan.

Akibatnya tercatat 134 orang tewas dan ratusan orang cedera. Selain itu, tragedi ini dicatat sebagai salah satu yang terburuk di dunia, terkait sepak bola.

3. Tragedi Halloween Itaewon

Fakta Tragedi Halloween Itaewon. (Instagram/zonakorea)
Tragedi Halloween Itaewon. (Instagram/zonakorea)

Selanjutnya, sebuah peristiwa memilukan datang dari negeri Ginseng, Korea Selatan. Peristiwa ini dikenal dengan nama Tragedi Hallewoon Itaewon.

Saat itu, masyarakat dari penjuru Korea bahkan luar negeri berkumpul di daerah Itaewon, yang sudah terkenal sebagai salah satu kota budaya.

Mereka merayakan Halloween pada 29 Oktober 2022. Namun kerumunan massa yang berlebihan menyebabkan banyak orang sulit untuk bernapas dan mengalami serangan jantung.

Akibatnya, sekitar 156 orang meninggal dunia dan Korea Selatan berduka dalam seketika. Usai peristiwa tersebut, banyak acara yang ditunda untuk menghormati para korban jiwa.

Selain itu, banyak artis Korea dan Indonesia, seperti Luna Maya turut berduka cita melalui media sosial. Sementara itu, dua WNI yang terlibat dalam tragedi dikabarkan selamat.

4. Gempa Cianjur

Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/ashanty_ash)
Gempa Cianjur (Instagram/ashanty_ash)

Kembali ke dalam negeri, duka mendalam lainnya di tahun 2022 terjadi di daerah Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Sebuah gempa bumi dengan kekuatan 5.6  Magnitudo Momen di kedalaman 10 km terjadi wilayah tersebut pada 21 November 2022 pada pukul 13.21 WIB.

Menurut data BNPB yang terkini, tercatat sebanyak 334 orang tewas. Namun data dari pemerintah Kabupaten Cianjur menunjukkan hasil berbeda, hampir dua kali lipatnya.

Menyedihkannya, sepertiga dari korban yang tewas saat Gempa Cianjur bukanlah orang dewasa, melainkan masih anak-anak.

5. Meninggalnya Lord Rangga

Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/lordranggaofficial)
Lord Rangga. (Instagram/lordranggaofficial)

Beberapa waktu lalu, kabar duka nan mengejutkan datang dari sosok yang sempat viral, bernama Lord Rangga.

Edi Raharjo atau Lord Rangga ini awalnya dikenal sebagai petinggi dari Sunda Empire, tepatnya sebagai Sekretaris Jenderal. 

Meski viral di masa lalu, keberadaannya sempat tertelan dan tidak diketahui publik. Hingga pada 7 Desember 2022 kemarin, Lord Rangga dikabarkan meninggal dunia.

Penyebab kematiannya diduga karena terlalu lelah. Kabar tersebut menjadi duka bagi para netizen, hingga membuat nama Lord Rangga trending.

Meski begitu, terkait rumor dirinya yang meninggal akibat penyakit jantung belum ditanggapi dari orang terdekat maupun keluarga.

6. Pengesahan RKHUP

Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/kabarsejuk)
Pengesahan RKHUP. (Instagram/kabarsejuk)

Berikutnya, ada peristiwa pengesahan RKUHP yang baru-baru ini sempat menggemparkan publik. Meski begitu, ini bukan kali pertama RKUHP yang disahkan dianggap kontroversial.

RKUHP yang disahkan dalam kurun waktu yang singkat ini dinilai tidak sah oleh beberapa pihak masyarakat. Lantaran masih banyak pasal-pasal yang dianggap bermasalah.

Salah satunya adalah pasal yang mengandung asas non retroaktif. Asas ini memungkinkan kejahatan di masa lalu tidak dapat dipidana dan diadili dengan peraturan baru tersebut. 

Hal ini menjadi duka bagi mereka yang masih berjuang untuk membela pada korban kejahatan HAM masa lalu yang hingga sekarang belum tuntas.

Tak hanya itu, beberapa artis seperti Tissa Biani pun banjir kritikan usai mengunggah dukungan kepada pengesahan RKUHP tersebut.

7. Meninggalnya Mieke Wijaya

Artis Meninggal Tahun 2022 (Instagram/@miekewijaya.z)
Mieke Wijaya (Instagram/@miekewijaya.z)

Duka mendalam di tahun 2022 yang terakhir berasal dari dunia hiburan di Indonesia. Aktris senior Mieke Wijaya meninggal dunia pada Selasa 3 Mei 2022 lalu.

Kepergian Mieke Wijaya membawa duka yang sulit dilupakan bagi anggota keluarga sekaligus para sahabat yang ditinggalkan saat itu.

Apalagi ia dikenal sebagai salah satu bintang senior dengan kontribusi penting di dunia perfilman Indonesia. 

Menurut pihak keluarga, mendiang menderita penyakit diabetes yang kemudian didiagnosis lebih lanjut sebagai kanker.

Sebelum meninggal dunia, mendiang sempat diopname selama satu bulan. Meski sudah tiada, kepribadiannya yang baik hati dan ramah dikenang oleh banyak orang. 

Demikianlah tujuh duka mendalam yang terjadi sepanjang tahun 2022. Simak berita terupdate lainnya di Matamata.

Baca Juga: 7 Fakta Tragedi Halloween Itaewon, Dua WNI Turut Jadi Korban

Berita Terkait

TERKINI

Berikut adalah deretan artis yang pernah disomasi oleh Farhat Abbas, siapa saja?
hotvideo | 16:23 WIB
"Sebelum menikah, aku menyebut diriku sebagai wanita mandiri," tulis Kiky Saputri.
hotvideo | 14:20 WIB
Penampilan Putri Anne tanpa riasan wajah ini sontak menuai komentar miring.
hotvideo | 14:19 WIB
Kakak kandung Betrand Peto semakin cantik dan glowing.
hotvideo | 14:18 WIB
Verrell Bramasta diam-diam sudah memiliki masalah sejak siang hari.
hotvideo | 14:17 WIB
Satu hal yang dikeluhkan oleh Ivan Gunawan adalah cara Bunda Corla membuang abu rokoknya.
hotvideo | 14:16 WIB
Viralnya rumah yang diduga milik Kiky Saputri ini pun menuai banyak komentar. Syoknya, nama Nikita Mirzani diseret oleh netizen.
hotvideo | 11:00 WIB
Penyanyi asal Yogyakarta ini mengaku "gething"yakni bahasa jawa dari benci. Soimah ngomel-ngomel benci karena dikasih tas branded bekas.
hotvideo | 10:04 WIB
Raffi Ahmad main bulutangkis dengan Nagita Slavina baru-baru ini.
hotvideo | 08:30 WIB
Ini deretan artis yang pernah mengaku kena ilmu hitam.
hotvideo | 17:58 WIB
Tampilkan lebih banyak