Artis yang Gagal Nyaleg, Dul Jaelani Bakal Nyusul?

Memiliki privellage nama besar artis tak menjamin perjalanan politik akan berbuah manis. Akankah Dul Jaelani bernasib sama?

Diwanna Ericha
Selasa, 22 November 2022 | 17:05 WIB

Artis yang Gagal Nyaleg. (Instagram)

Matamata.com - Memiliki nama besar sebagai artis tak menjamin mampu berhasil meraup suara banyak sebagai calon anggota parlemen pada Pemilu. Walaupun begitu tak sedikit juga yang behasil melenggang dan mendapatkan kemenangan. Sebut saja ada Krisdayanti, Arzeti Bilbina, Rano Karno, Rachel Maryam, Nico Siahaan, hingga Tommy Kurniawan. Namun, 

Terbaru putra bungsu dari Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Dul Jaelani digadang-gadang akan gadang akan maju ke dunia politik, sebagai Calon Bupati Bekasi. Namun, belum juga memulai perjalanan kariernya di dunia politik, Dul Jaelani malah blak-blakan mengklarifikasi bahwa hal tersebut tidak benar.

Lantas, seperti apa klarifikasi Dul Jaelani? Dan siapa sajakah deretan artis yang gagal nyaleg? Mari kita bahas.

Dul Jaelani. (MataMata.com/Adiyoga Priyambodo)
Dul Jaelani. (MataMata.com/Adiyoga Priyambodo)

Klarifikasi Dul Jaelani

Melalui kanal YouTube MAIA ALELDUL TV, Dul Jaelani mengklarifikasi kabar bahwa dirinya akan maju sebagai Calon Bupati Bekasi. Rupanya, Dul sedang mengisi acara televisi bertema sosial yang mirip dengan momen blusukan pejabat.

Dul Jaelani tampak begitu tertarik dengan konten-konten sosial seperti itu. Putra sulung Ahmad Dhani dan Maia Estianty ini terlihat mempelajari hal baru seperti menangkap bebek, kodok, dan bermain di sawah.

"Selain kerja, emang aku seneng aja. Aku seneng eksplor hal-hal yang belum tahu sebelumnya. Kayak tadi angon (bebek), trus nangkep kodok kecil, main-main sawah. Asyik aja gitu," kata Dul.

Saat bertemu dengan warga, munculah ide Dul untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Bekasi. Tetapi rupanya orasi warga untuk mencalonkan Dul hanya sebatas candaan belaka.

"Jangan lupa ya pilih Dul jadi Bupati Bekasi. Pilih nomor 3," kata ibu-ibu di daerah yang dikunjungi Dul Jaelani.

"Bercanda Bu," tandas Dul.

Sumber Kekayaan Andre Taulany (Instagram/@andreastaulany)
Sumber Kekayaan Andre Taulany (Instagram/@andreastaulany)

 Andre Taulany Pernah Gagal Jadi  Kepala Daerah di Tangsel

Selanjutnya ada komedian Andre Taulany yang pernah mencari peruntungan di dunia politik. Sayangnya, tindakan Andre yang terbilang cukup nekat justru berakhir dengan kekalahan.

Andre Taulany pernah membeberkan alasannya mampu termotivasi mengikuti Pemilihan Kepala Daerah atau PILKADA di Tanggerang Selatan.

"Tercetuslah Andre Taulany maju dong di Tangsel, kan artis nih, fans-nya banyak, OVJ lagi naik waktu itu popularitasnya, sudahlah pasti top nih, sudah ikut aja Mas Andre, kita cari pasangannya yang bagus, birokrat di Tangsel," kenang Andre.

Ahmad Dhani. [MataMata.com/Angga Budhiyanto]
Ahmad Dhani. [MataMata.com/Angga Budhiyanto]

Ahmad Dhani Pernah Dua Kali Gagal Nyaleg

Selanjutnya ada komedian Andre Taulany yang pernah mencari peruntungan di dunia politik. Sayangnya, tindakan Andre yang terbilang cukup nekat justru berakhir dengan kekalahan.

Andre Taulany pernah membeberkan alasannya mampu termotivasi mengikuti Pemilihan Kepala Daerah atau PILKADA di Tanggerang Selatan.

"Tercetuslah Andre Taulany maju dong di Tangsel, kan artis nih, fans-nya banyak, OVJ lagi naik waktu itu popularitasnya, sudahlah pasti top nih, sudah ikut aja Mas Andre, kita cari pasangannya yang bagus, birokrat di Tangsel," kenang Andre.

Kemudian ada pesohor Dewa 19 yakni Ahmad Dhani. Suami Mulan Jameela ini pernah meraamaikan pesata Demokrasi pada tahun 2017 dan 2019. Pada tahun 2017, Ahmad Dhani mecoba peruntungan sebagai Pemilihan Bupati Bekasi mendampingi Sa'duddin. Di saat tahun 2019 Ahmad Dhani mencoba kembali mencari secercah cahaya perjalanan politiiknya dengan mencalonkan diri sebagai anggota Legislatif DPRI dari partai Gerindra untuk Dapil 1 Jawa Timur.

Namun, kedua percobaannya itu membuat Ahmad Dhani harus ikhlas menerima kekalahan. Siapa yang menyangka walaupun sudah gagal 2 kali terjun ke dunia politik Ahmad Dhani rupanya akan kembali mencoba peruntungannya pada pemilu 2024.

Seperti apa rencana Ahmad Dhani dalam berpolitik di tahun 2024? Kita tunggu saja.

Ferry Irawan dan Venna Melinda. (Instagram)
Ferry Irawan dan Venna Melinda. (Instagram)

Venna Melinda Alami Selisih 83 Suara pada Pilkada 2019

Mengawali karier sebagai model dan aktris peran, Venna Melinda rupanya pernah gagal melangkah ke Senayan sebanyak 3 kali lantaran kalah 83 suara dari rekan separtainya pada pemilu 2019.

Kala itu, Venna meraih 57.060 suara, kalah 83 suara dari rekan separtainya dari dapil yang sama yakni Nurhadi, yang meraup 57.143 suara. Partai Nasdem hanya dapat satu kursi dari dapil ini.

Saat itum, Venna Melinda tengah berada di Bali dan mengaku shock mendengar kabar tersebut.

"Yang aku lakukan, aku nangis, waktu itu aku di Bali, nangis, shock, karena aku terlalu cinta sama konstituenku sebenarnya. Bukan kekalahannya sih. Aku kayak merasa belum selesai PR-ku di Komisi X," kenang Venna.

Vena Melinda tercatat sudah 2 periode menjadi anggota DPR. Di periode pertama 2009-2014, dan periode kedua 2014-2019. Di dua periode itu, mantan Puteri Indonesia 1994 berangkat dari Partai Demokrat.

Denada (Instagram/@denadaindonesia)
Denada (Instagram/@denadaindonesia)

Pasangan Artis Ibu dan Anak Emillia Contessa dan Denada 

Dilanjut oleh dua caleg artis penyanyi ibu dan anak yang pernah gagal melenggang ke Senayan mealui Pileg 2019, yakni Emilia Contessa dan Denada.

Emilia Contessa yang sebelumnya menjabat anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Jawa Timur itu maju melalui Partai Amanat Nasional (PAN) dari dapil Jatim 4 meliputi Jember dan Lumajang.

Sementara Denada yang maju melalui partai yang sama dengan ibunya, dari dapil Jatim 8 meliputi Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten dan Kota Madiun, Nganjuk dan Jombang, hanya mendapatkan 43.573 suara.

Perjalanan Karier Giring Ganesha Eks Nidji. (Instagram/@giring)
Perjalanan Karier Giring Ganesha Eks Nidji. (Instagram/@giring)

Giring Ganesha Gagal Masuk Senayan

Giring Ganesha, mantan vokalis Nidji, yang sudah rela meninggalkan band yang telah membesarkan namanya, justru gagal.

Sejatinya, Giring Ganesha mendulang suara cukup tinggi yaitu 47.069 suara. Sayang, Giring Ganesha gagal karena suara PSI tidak melampaui ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

Namun, justru hal ini tak bikin vokalis grup band Nidji itu patah arang.

"Iyalah kondisi DPR nggak akan berubah karena nggak ada PSI," ujarnya percaya diri.

Terlebih menelik Instagram pribadinya, Giring Ganesha terlihat akan maju kembali untuk mencoba peruntungan di dunia politik pada tahun 2024. Kita tunggu saja, perjalananya!

Baca Juga: Dituding Bikin Alyssa Soebandono Kurus dan Tampak Tua, Dude Harlino Singgung soal Omongan Orang

Berita Terkait

TERKINI

Beredar kabar bahwa JK adalah seorang pengusaha dan duda. Namun tidak ada informasi lebih lanjut mengenai identitasnya.
hotvideo | 12:00 WIB
Nikita Mirzani umbar seberapa besar gaji Antonio Dedola.
hotvideo | 11:35 WIB
Putri Delina hanya bisa pasrah berharap ada seseorang yang mengabarkan kondisi Bintang agar bisa dijemput.
hotvideo | 11:28 WIB
Kendati melabrak Fitri Salhuteru dan Nikita Mirzani, Kiki The Potters mengaku tidak takut jika dirinya dipolisikan.
hotvideo | 10:45 WIB
Nikita Willy masak menu favorit suami.
hotvideo | 21:35 WIB
Alih-alih berobat ke luar negeri, para artis ini lebih memilih memakai BPJS.
hotvideo | 17:15 WIB
Deva Mahenra menulis curhatan di Twitter.
hotvideo | 12:30 WIB
Berikut adalah deretan artis yang pernah disomasi oleh Farhat Abbas, siapa saja?
hotvideo | 16:23 WIB
"Sebelum menikah, aku menyebut diriku sebagai wanita mandiri," tulis Kiky Saputri.
hotvideo | 14:20 WIB
Penampilan Putri Anne tanpa riasan wajah ini sontak menuai komentar miring.
hotvideo | 14:19 WIB
Tampilkan lebih banyak