Dangdut

Karakter Vokal Ichtiar Pryadi Kompak Dipuji Para Juri Bintang Suara

Iyar diminta berani berimprovisasi dengan karakternya.

Yohanes Endra

Ajang Pencarian Bakat Bintang Suara
Ajang Pencarian Bakat Bintang Suara

Matamata.com - M Ichtiar Pryadi, mahasiswa asal Dompu, mencuri perhatian juri Bintang Suara di penampilannya hari ini, Kamis (18/2/2021). Baru berusia 19 tahun, karakter vokal Iyar, sapaan akrabnya, sudah bisa memukau para juri.

Dalam penampilan virtualnya di grup 3 Bintang Suara, Iyar membawakan dua buah lagu berjudul Kulepas dengan Ikhlas dan Bumi Semakin Panas. Karakternya yang kalem pun sesuai dengan lagu yang ia bawakan.

"Kalau dari suara, kamu tuh bulet banget. Cocok untuk jadi penyanyi dangdut dengan karakter ballad yang slow," komentar Acong, juri dari pihak label ProAktif, di kantor Suara.com, Kamis (18/2/2021).

Kendati demikian, Acong menyarankan agar Iyar berani berimprovisasi dengan karakternya. Hal itu semata agar bisa lebih mendapat penghayatan.

"Buat peserta yang selanjutnya juga jangan pakem dengan lagu gitu bawanya kaya gitu. Lebih seru lagi kalau diimprovisasi sesuai karakter," lanjutnya.

Sepakat soal karakter vokal Iyar, juri lainnya dari Suara.com pun sepakat soal anugerah Tuhan pada suara Iyar. Bahkan, ia menyebut karakter vokal Iyar mirip dengan pedangdut senior Muhsin Alatas.

"Cengkok dangdut kamu tuh jarang, kayak Muhsin Alatas, Hamdan ATT, pokoknya penyanyi dangdut laki-laki yang bakat suara kaya kamu udah jarang. Jadi saya suka banget sama karakter suara kamu jadi kekurangannya tinggal diperbaiki aja," tutur juri lain, Ferry Noviandi.

Restu, juri lainnya memberikan masukan agar Iyar lebih belajar teknik vokal. Sebab Iyar masih tampak kesulitan mengontrol emosinya di pembawaan lagu.

"Aku denger beberapa kamu nyanyi tadi kayak dikejar-kejar temponya tiba-tiba ngebeat. Padahal santai aja, sama kalau nyanyi emosinya dikontrol, yang kita dengar malah fals bukan klimaks," ujar Restu.

Sementara dari segi penampilan, Iyar mendapat kritik yang lumayan dari juri Ririn. Sebab, pakaiannya dinilai tak seperti sedang berkompetisi karena hanya memakai kemeja polo.

"Dari penampilan masukan saya berpenampilan nggak harus dengan pakaian mahal tapi dengan pilihan baju yang pas. Misal kemeja atau jas atau rompi yang bisa dipadanin dengan kemeja. Secara penampilan lebih dipersiapkan lagi," ujar Ririn Indriani.

Diketahui, ada 10 peserta yang kali ini tampil dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Seperti Solo, Kabupaten Dompu, Rejang Lebong, Kota Kediri dan beberapa daerah lainnya. Berikut daftar peserta yang tampil di Grup 3 Bintang Suara;

Fajar Novita Mahardika Dewi (Solo)
M Ichtiar Pryadi (Dompu)
Eva Mardiana (Jakarta)
Adistya Rixca Fatmala (Surabaya)
Fitria Rahmawati (Bandung)
Tri Puji Handayani (Kudus)
Imelda Mega Rosita (Kota Kediri)
Rian Franata (Rejang Lebong)
Sukmazana (Langsa)
Jamal (Sukabumi)

Untuk diketahui, nantinya akan dipilih enam peserta terbaik dan kemudian akan diseleksi lagi menjadi tiga orang dari 30 finalis yang akan diundang ke Jakarta.

Selain tampil di babak Grand Final, mereka juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah utama, yakni masuk dapur rekaman dan merilis single perdana di Label Proaktif.

Untuk diketahui, label Proaktif sendiri menaungi beberapa artis dangdut yang dikenal publik, sebut saja Trio Macan dan Duo Mojang. Tentunya dengan hadiah tersebut, pemenang dari ajang Bintang Suara akan bisa menapaki karier selanjutnya dalam kancah musik dangdut tanah air.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report