Dangdut

Nasib Nelangsa Pencipta Lagu Dangdut Inul Daratista: Kini Jadi Pemulung

Syam Permana tinggal di rumah warisan mertua yang berukuran sekitar 80 meter persegi.

Yohanes Endra

Lesti Kejora dan Inul Daratista. (Instagram/@inul.d)
Lesti Kejora dan Inul Daratista. (Instagram/@inul.d)

Matamata.com - Syam Permana atau Samsudin, sosok pencipta lagu Inul Daratista dan sederet penyanyi tenar mengalami nasib yang berbanding terbalik dengan para bintang. Kabarnya, Syam Permana kini hidup susah dan menjadi pemulung.

Padahal, ratusan lagu sudah diciptakan Syam Permana untuk para penyanyi. Tak hanya Inul Daratista, Syam Permana juga menuliskan lagu untuk Ine Sintia, Jhonny Iskandar, hingga Iman S Arifin.

Ironis, nasib Syam Permana kini justru berbanding terbalik dengan para penyanyi dangdut papan atas yang melantunkan lagunya. Kabarnya, Syam Permana, yang kini telah berusia 58 tahun, tinggal di Kampung Babakan Jawa RT 42/18 Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi.

Syam Permana tinggal bersama istri dan dua anak yang masing-masing berstatus sebagai siswa SD dan SMP. Kedua anaknya yang masih sekolah itu mengalami kendala dalam mengikuti pembelajaran secara daring karena tidak memiliki ponsel.

Tak hanya itu, Syam Permana tinggal di rumah warisan mertua yang berukuran sekitar 80 meter persegi. Kondisi rumahnya cukup miris karena atap rumahnya berlubang dan dapurnya hanya berlantaikan tanah. Ia pun tak memiliki toilet di dalam rumahnya.

Inul Daratista ditemui di Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (9/2/2021). (MataMata.com/Herwanto)
Inul Daratista ditemui di Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (9/2/2021). (MataMata.com/Herwanto)

Syam Permana kini bekerja serabutan. Ia bisa menjadi kuli bangunan, buruh tani, dan memungut kayu bakar untuk dijual ke pabrik tahu. Bahkan, di masa pandemi, Syam tak jarang bekerja sebagai pemulung.

Menurut Syam, ia belum pernah sekalipun dikunjungi atau dihubungi para penyanyi dangdut yang menyanyikan lagu ciptaannya.

Mendengar kabar tersebut, tim kuasa hukum Anggi Triana Ismail turun tangan. Ia mengatakan bahwa Syam punya hak eksklusif terhadap lagu ciptaannya, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Anggi Triana Ismail juga menyebut bahwa ia menemukan surat perjanjian antara Syam dengan perusahaan yang sengaja tidak memberikan royalti pada Syam. Kabarnya, Syam hanya diberikan sejumlah uang sebesar Rp 800 ribu per dua bulan dalam satu tahun.

Kini, pihak Anggi Triana Ismail dan 20 pengacara sedang mengumpulkan sejumlah bukti untuk membantu Syam menerima haknya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report