World

Profil Charlie Puth, Penyanyi yang Dikira Kuliah di FK Unhas

Profil Charlie Puth, pelantun We Don't Talk Anymore ini sempat dikira masuk FK Unhas gara-gara tweetnya lho.

Yohanes Endra

Profil Charlie Puth (Instagram/charlieputh)
Profil Charlie Puth (Instagram/charlieputh)

Matamata.com - Musisi kebangsaan Amerika Serikat ini tengah ramai menjadi perbincangan publik. Pasalnya pemilik nama asli Charles Otto Puth Jr ini sempat berkicau di akun Twitter "fk uh" pada Selasa (15/6).

Tweet penyanyi kelahiran 2 Desember 1991 ini kemudian ditanggapi secara kocak oleh admin akun Twitter Universitas Hasanuddin Makassar. Admin Unhas itu membalas tweet Chalie dengan ucapan selamat seolah-olah sang musisi memang telah diterima di FK Unhas.

"Selamat datang di Kampus Merah, Charlie. Semoga enjoy berkuliah di Makassar yah. Kalau mau mencari kost atau tempat makan yang murah, teman-teman disini akan sangat ramah untuk membantumu," tulis admin Twitter Unhas.

Cuitan Chalie Puth "FK UH (Twitter/charlieputh)
Cuitan Chalie Puth "FK UH (Twitter/charlieputh)

Tentu saja balasan kocak itu mendapat berbagai tanggapan dari netizen. Sebab sangat tidak mungkin musisi asal negeri Paman Sam itu berkuliah di Indonesia. Sementara ia sendiri telah memiliki karir yang menjanjikan sebagai penyanyi dan menetap di Amerika.

Buat yang belum begitu akrab dengan Charlie Puth, berikut ini profil lengkapnya.

Profil Charlie Puth

Profil Charlie Puth (Instagram/charlieputh)
Profil Charlie Puth (Instagram/charlieputh)

Memiliki nama asli Charles Otto Puth Jr, Charlie Puth merupakan penyanyi, penulis lagu, dan produser. Bakar bermusiknya diwarisinya dari sang ibu, Debra yang merupakan seorang guru musik. Ibunya juga berpartisipasi dalam menulis iklan untuk HBO. 

Sementara sang ayah Charles Puth merupakan seorang agen real estate. Puth memiliki dua orang adik kembar bernama Stephen dan Mikaela. Penyanyi ini juga dikenal dengan bekas luka di alis kanannya. Ternyata luka itu didapat ia pada usia dua tahun. Waktu itu ia digigit anjing yang hampir fatal dan meninggalkan bekas luka permanen.

Yang sangat luar biasa dari sosok Charlie Puth adalah bahwa ia memiliki Absolute Pitch. Sebuah kemampuan pendengaran langka yang membuatnya dapat mengenali dan menciptakan musik bahkan tanpa referensi nada. Fenomena ini juga yang dimunculkan dalam Drama Korea Dream High, di mana Kim Soo Hyun memerankan karakter yang memiliki Absolute Pitch.

Sebagai putra guru musik, Puth sudah akrab dengan musik sejak dini. Ia bahkan sudah belajar musik klasik pada usia 4 tahun. Kemudian di usia 10 tahun ia sudah belajar musik Jazz dan tampil dalam Ansamble Jazz pemuda musim panas di Count Basie Theatre's Cool School.

Saat usianya memasuki 16 tahun, ia sudah membuat musiknya sendiri, sebuah album Natal berjudul Have a Merry Charlie Christmas. Puth membagikannya dari pintu ke pintu dan berhasil mendapatkan 600 dollar dari penjualan itu.

Kehidupan selalu tentang musik, Puth lulus pada tahun 2013 dari Berklee College of Music, di mana dia mengambil jurusan produksi dan teknik musik. 

Perjalanan Karier

Profil Charlie Puth (Instagram/charlieputh)
Profil Charlie Puth (Instagram/charlieputh)

Nama Puth mulai dikenal publik setelah vidio yang diunggah di kanal YouTubenya Charlie's Vlogs mendapat begitu banyak dukungan. Dalam kanalnya itu, ia kerap menggunggah konten komedi dan cover akustik. Ia juga telah mengunggah lagi-lagu ciptaannya di sana.

Namanya makin dikenal usai memenangi kontes video online pada 2010 yang disponsori Perez Hilton, Can You Sing yang dinyanyikan bersama Emily Luther dengan versi Adele Someone Like You. 

Masih di tahun yang sama, Puth dan Luther diumumkan telah dikontrak oleh Ellen DeGeneres untuk bergabung dengan labelnya eleveneleven. Kemudian pada 2021 Puth akhirnya merilis single berjudul Break Again dengan vokal tambahan Luther.

Sampai saat ini namanya telah bertengger sebagai salah satu penyanyi dunia dengan pengemar hampir di seluruh dunia.

Penghargaan

Profil Charlie Puth (Instagram/charlieputh)
Profil Charlie Puth (Instagram/charlieputh)

Penghargaan pertama yang Puth raih usai debut sebagai penyanyi adalah Best Cover Song dalam ajang PopCrush Music Awards, Choice Music: R&B/Hip-Hop Song dan Choice Music: TV or Movie Song dalam ajang Teen Choice Awards.

Kini sudah begitu banyak penghargaan yang telah Puth raih dan membuatnya menjadi salah satu musisi kenamaan dunia. Ia juga telah merilis 2 album yaitu Nine Track Mind (2016) dalam album ini ia telah menelurkan lagu yang makin melambungkan namanya seperti One Call Away dan We Don't Talk Anymore. Kemudian pada 2018 ia merilis album keduanya Voicenotes dengan single andalan Attention, How Long, dan If You Leave Me Now.

Ia juga pernah berkolaborasi bersama beberapa penyanyi lainnya seperti Wiz Khalifa dengan lagi See You Again, yang merupakan soundtrack Film la Fast and Furious sekaligus penghormatan untuk mendiang Paul Walker. Puth juga pernah berduet dengan Meghan Trainor, dan boyband Korea BTS.

Itu dia profil Charlie Puth, yang sempat dikira masuk FK Unhas. Lagu Puth yang mana yang jadi favorit kalian?

Kontributor: Safitri Yulikhah

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report