Pendeta Andrey Thunggal Surati Daniel Mananta usai Video Ada Roh Jahat dalam Patung yang Disembah: Perlu Belajar Lagi

Dia minta Daniel untuk membaca Kitab Habakuk 2 ayat 19. Di situ dijelaskan bahwa tidak ada roh sama sekali di dalam patung.

ade wismoyo | Rosiana Chozanah
Senin, 21 November 2022 | 17:04 WIB
Profil Daniel Mananta (instagram/vjdaniel)

Profil Daniel Mananta (instagram/vjdaniel)

Matamata.com - Pendeta Andrey Thunggal membuat surat terbuka untuk Daniel Mananta yang setuju dengan Ustaz Abdul Somad alias UAS bahwa ada roh jahat di dalam patung yang disembah.

Daniel Mananta merujuk kepada Kitab Yesaya 4 ayat 13 sampai 20 berisi tentang seseorang membuat patung dari kayu yang telah digunakan untuk menghangatkan tubuh serta memasak makanan.

"Di situ Tuhan sendiri sampai bilang kalau, 'ini kayu yang lo gunakan untuk membuat patung yang cantik, yang indah, yang ganteng, dan patung yang sama lo gunakan buat masak, buat bakar kayu untuk menghangatkan badan lo, dan habis itu patung yang sama yang lo gunakan tiba-tiba lo sembah-sembah'. Itu bodoh," kata Daniel Mananta dalam konten TikTok-nya.

Baca Juga: 'Gue Penyatu Rumah Tangga Orang', Denise Chariesta Ogah Disebut Pelakor yang Cemburu

Dalam surat terbukanya yang disampaikan lewat kanal Youtube miliknya, Andrey Thunggal menyatakan tak setuju dengan pernyataan Daniel Mananta bahwa di dalam patung terdapat roh jahat. Dia minta Daniel untuk membaca Kitab Habakuk 2 ayat 19. Di situ dijelaskan bahwa tidak ada roh sama sekali di dalam patung.

"Saya pikir begini, loh, akhirnya dari sini kalau misalnya Daniel kemudian mengangkat ayat dari Yesaya tersebut, Daniel harus lihat Habakuk ini. Menurut bro Daniel gimana?" tanya gembala GKY citra Garden ini, mengutip kanal YouTube-nya, Minggu (20/11/2022).

Andrey Thunggal meyakini bahwa tidak ada setan atau roh jahat di dalam patung. Ini bertolak belakang dengan pernyataan Daniel Mananta.

Baca Juga: 'Bodynya Emang Bagus', Amanda Manopo Dibela Fans Pakai Baju Kelewat Seksi di Nikahan Glenca Chysara

"Suka banget ngomongin setan-setan. Ya saya juga bingung. Saya juga males ngomongin setan-setanan ya," ujar sang pemuka agama menyindir Daniel Mananta.

Tidak hanya itu, Pendeta Andrey Thunggal juga meluruskan bahwa sebenarnya umat Kristen Katolik tak menyembah patung. Mereka hanya membuat patung sebagai alat bantu.

Lebih lanjut, Andrey Thunggal juga menyinggung filosofi agama. Menurutnya, Daniel Mananta perlu mempelajarinya lebih dalam.

Baca Juga: Fuji Mendadak Pertanyakan 'Apakah Thariq Halilintar Masih Mencintainya', Kenapa Ya?

"Secara filsafat agama, mungkin Daniel perlu berlajar lagi. Maksudnya melihat sebenarnya ini tidak semata-mata menyembah patung," kata dia. 

Ini bukan pertama kalinya Daniel Mananta mendapat kritik pedas dari pemuka agama. Beberapa waktu lalu, seorang romo, yang menamakan dirinya sebagai Romo Ndeso, turut berkomentar atas ucapan Daniel Mananta yang viral di TikTok tersebut.

Baca Juga: 'Lantai dan Lampu Goyang, Ngeri!' Atta Halilintar Cerita Rasakan Gempa dari Lantai 66

Berita Terkait

TERKINI

Meski sudah bersikap baik, para majikan ini justru bertemu dengan ART yang suka bikin masalah
seleb | 08:30 WIB
Kembali olahraga berkuda, Ria Ricis tetap kena sindir soal anak.
seleb | 08:15 WIB
Beruntung, Nunung memiliki keluarga dan suami yang terus menyemangatinya. Padahal, ia mengaku kerap rewel dan menyebalkan sejak divonis kanker payudara.
seleb | 07:54 WIB
Netizen ngakak menyimak obrolan Roger Danuarta, Teuku Wisnu, dan Irwansyah. Apa sih isinya?
seleb | 07:45 WIB
"Kenapa takut dicap lebay?" tanya Feni Rose ke Nunung.
seleb | 07:15 WIB
Apa benar klaim Ayu Dewi dan Regi Datau cerai?
seleb | 06:00 WIB
Ayu Ting Ting jadi salah satu komedian wanita favorit Nunung.
seleb | 22:00 WIB
"Makasih ya sayang udah nurutin kemauan istrinya yang norak ini," ucap Kiky Saputri ke suaminya.
seleb | 21:38 WIB
Siapa Fitri Salhuteru sahabat Nikita Mirzani yang selalu mendampingi bahkan membela mati-matian?
seleb | 21:00 WIB
Meski punya suami anggota band terkenal, istri mereka justru jarang disorot
seleb | 20:59 WIB
Tampilkan lebih banyak