9 Artis Ubah Nama Anak karena Beragam Alasan, dari Sakit hingga Cerai

Selain Irish Bella beberapa artis ini pilih mengganti nama anak mereka.

ade wismoyo
Selasa, 13 September 2022 | 12:28 WIB
Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/_irishbella_)

Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/_irishbella_)

Matamata.com - Nama dipercaya sebagai doa dan harapan yang diberikan oleh orang tua kepada anak-anaknya. Oleh karenanya banyak yang memikirkan dengan serius untuk menentukan nama buah hati. 

Tapi tak jarang perubahan nama anak karena bermacam alasan, salah satunya adalah karena sakit. Dalam masyarakat Indonesia memang ada kepercayaan jika anak sakit-sakitan adalah karena nama yang tidak cocok, sehingga perlu mengganti nama anak.

Namun, ada pula yang memutuskan mengganti nama anak mereka karena bercerai. Umumnya nama belakang anak berasal dari nama pasangan jadi setelah cerai menghapus nama pasangan adalah pilihan yang dianggap paling tepat dilakukan.

Baca Juga: - Tak Nongol di Acara Ulang Tahun Amora, Gen Halilintar Dituduh Hindari Fuji

Hal ini pula yang dialami oleh sejumlah artis Tanah Air. Kepoin siapa saja artis ubah nama anak lewat ulasan yang sudah MataMata.com humpun berikut.

1. Irish Bella

Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/_irishbella_)
Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/_irishbella_)

Irish Bella yang baru saja melahirkan anak keduanya memutuskan untuk mengganti nama sang putri. Awalnya, Irish Bella ingin menamai putrinya Asma tapi karena putrinya telat bernafas saat lahir, ia merubah rencana tersebut. Kini putrinya diberi nama Ara Puti Sabai Akbar.

Baca Juga: - Dapat Warisan Rp 29 Miliar, Alvin Faiz Dituding Cuma Foya-foya dan Makin Jauh dari Agama: Kejam!

2. Denada

Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/denadaindonesia)
Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/denadaindonesia)

Putri semata wayang Denada awalnya bernama Shakira Aurum. Pada 2020 lalu, Denada resmi merubah nama Shakira dengan Aisha karena sakit yang diderita sang putri. Seperti diketahui, Aisha menderita leukimia sejak kecil. Setelah menjalani pengobatan yang panjang dan melelahkan di SIngapura, Aisha akhirnya sembuh dari kanker sel darah putih.

3. Ruben Onsu

Baca Juga: - Nagita Slavina Bicara soal Cowok yang Tulus, Ucapannya Bikin Raffi Ahmad Kena Mental: Ah Parah Ini

Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/betrandpetoputraonsu)
Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/betrandpetoputraonsu)

Putra angkat Ruben Onsu, Betrand Peto Putra Onsu awalnya bernama Alfonsius Toribio Tenkudi. Perubahan nama Betrand lantaran ayah kandung remaja yang akrab disapa Onyo ini merupakan penggemar dari aktor Bertrand Antolin.

4. Krisdayanti

Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/krisdayantilemos)
Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/krisdayantilemos)

Diva pop Indonesia, Krisdayanti mengganti nama anak keduanya dengan Raul Lemos. Awalnya putranya bernama Kellen Alexander Raul Lemos. Tapi karena ia pernah memimpikan ayah Raul, KD menambahkan nama mertuanya di belakang nama Kellen. Akhirnya nama putra bungsunya itu berubah menjadi Kellen Alexander Raul Lemos Lay.

Baca Juga: - Raffi Ahmad dan Kawan-kawan Melenggang di New York Fashion Week 2022: Enzy Nggak Ada Obat

5. Atalarik Syach

Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/ariksyach)
Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/ariksyach)

Perceraian Atalarik Syach dan Tsania Marwa memang berujung pada perseteruan yang tak berkesudahan. Atalarik bahkan mengganti nama panggilan putranya dengan Tsania dari Syarif menjadi Fajri. Masalahnya, Atalarik tidak mendiskusikan hal tersebut dengan mantan istrinya. Padahal hak asuh anak jatuh pada Tsania Marwa.

6. Jonathan Frizzy

Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/ijonkfrizzy)
Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/ijonkfrizzy)

Sering sakit menjadi alasan Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka mengganti nama putra keduanya mereka. Anak kedua Ijonk dan Dhena sebelumnya bernama Zayn Zavier Frizzy lalu diganti Zayn Jouden Frizzy. Memang hanya bagian tengahnya saja yang dirubah bukan keseluruhan namanya.

7. Yama Carlos

Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/arfitadwip)
Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/arfitadwip)

Pernah nyaris bercerai menjadi alasan istri Yama Carlos, Arfita Dwi Putri merubah nama anaknya. Awalnya anak mereka memiliki nama Marco Armanda Blessio Carlos. Namun karena konflik dengan Yama, Arfita mengganti nama Marco jadi Zio Zeidan Zafiro. Kini setelah rumah tangga keduanya rukun dan bahagia nama putranya telah dikembalikan seperti semula.

8. Ahmad Dhani

Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/ahmaddhaniofficial)
Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/ahmaddhaniofficial)

Musisi kenamaan Ahmad Dhani merubah nama putranya dengan Mulan Jameela, Ahmad Syailendra menjadi Muhammad Ali. Awalnya memang Muhammad Ali adalah pilihan pertama untuk nama anaknya. Namun karena nama itu tidak disetujui guru agamanya, Dhani pun mengalah. Barulah setelah mendapat izin ia merubah nama putra bungsunya dengan Mulan.

9. Nikita Mirzani

Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/azkaraqillamawaradi_al)
Artis Ubah Nama Anak. (Instagram/azkaraqillamawaradi_al)

Perceraian Nikita Mirzani dengan Sajad Ukra membuatnya menghapus nama mantan suami di nama putranya. Anak laki-laki Nikita mulanya memiliki nama lengkap Azka Raqilla Ukra. Nama belakang sang putra diganti dengan nama belakangnya yaitu Mawardi. Sehingga tak ada lagi kata Ukra dalam nama buah hatinya itu. 

Pergantian nama bagi anak yang sering sakit-sakitan dipercaya bisa membawa perubahan positif pada kesehatan. Hal itu pula yang menjadi alasan mengapa merubah nama anak dilakukan. 

Kontributor: Safitri Yulikhah

Berita Terkait

TERKINI

Beberapa adegan yang dijalani membuat Putri Ayudya terkuras secara emosi.
seleb | 20:51 WIB
Winarsih kemudian menangis histeris sambil bersujud di depan Sri Muna agar aksinya menghina Dewi Perssik diampuni.
seleb | 20:41 WIB
Bintang film Yuni itu menekankan bahwa dia tidak pernah menggoda suami Amanda Zahra, karena yang terjadi justru sebaliknya.
seleb | 20:27 WIB
Laura Basuki bahkan sampai melihat gelagat Meira Anastasia setelah selesai syuting.
seleb | 20:21 WIB
Awkarin enggan bikin party ulang tahun, ada apa nih?
seleb | 20:13 WIB
Pihak Arawinda Kirana menerangkan, pertemuan sang talent dengan suami Amanda Zahra dimulai pada 12 April 2022.
seleb | 20:12 WIB
Banyak yang tidak percaya bahwa perempuan 42 tahun ini memilki puluhan perusahaan.
seleb | 20:05 WIB
Pinkan Mambo lagi-lagi bikin sensasi dengan menyebut Raffi Ahmad Sampah. Rizky Billar diisukan akan hengkang dari Indonesia dan memulai hidup di negara lain.
seleb | 20:00 WIB
Sebelumnya, muncul kabar bahwa Arawinda Kirana, salah satu artis di bawah naungan agensi yang dinahkodai Chicco Jerikho terlibat dalam skandal perselingkuhan.
seleb | 19:58 WIB
Pengusaha bunga itu kembali menyinggung ucapan RD saat Reino Barack klarifikasi soal alasan putus dengan Luna Maya beberapa tahun lalu.
seleb | 19:51 WIB
Tampilkan lebih banyak