Profil Abah Lala, Pencipta Lagu Ojo Dibandingke yang Viral Dinyanyikan Farel Prayoga

Abah Lala juga merupakan sosok di balik jargon Cendol Dawet yang viral.

Nur Khotimah
Jum'at, 19 Agustus 2022 | 08:32 WIB
Profil Abah Lala. (Instagram/@abahlalareal)

Profil Abah Lala. (Instagram/@abahlalareal)

Matamata.com - Lagu Ojo Dibandingke tengah jadi primadona belakangan ini. Bahkan lagu yang semakin viral usai dinyanyikan penyanyi cilik Farel Prayoga itu berhasil membuat para pejabat berjoget di Istana Negara pada Rabu (17/8/2022). Sosok pencipa lagu Ojo Dibandingke pun ikut menuai sorotan.

Seperti diketahui, Farel Prayoga diundang untuk mengisi acara Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 pada 17 Agustus kemarin. Dalam kesempatan tersebut, Farel Prayoga menyanyikan lagu Ojo Dibandingke.

Momen saat para pejabat, termasuk Presiden Jokowi sedikit berjoget dengan iringan suara merdu Farel Prayoga masih menjadi perbincangan hingga sekarang. Di balik kepopuleran Ojo Dibandingke yang melambungkan nama Farel Prayoga, ada sosok Abah Lala yang merupakan pencipta lagu tersebut.

Baca Juga: - 7 Fakta Gong Hyo Jin, Aktris Korea yang Bakal Dipersunting Kevin Oh

Abah Lala mungkin masih asing bagi mereka yang kurang menggemari lagu dangdut. Namun, pria asal Boyolali ini bukan orang baru di belantika musik dangdut. Ia pula orang yang membuat jargon "Cendol Dawet" viral digaungkan. Sekalipun bukan penggemar dangdut, pasti masyarakat pernah mendengar jargon tersebut.

Lantas siapa sebenarnya Abah Lala? Kepoin sosoknya lewat ulasan profil Abah Lala yang sudah MataMata.com siapkan berikut.

1. Biodata Abah Lala

Baca Juga: - Hemat Banget, Uang Jajan Denny Sumargo Sebulan Bikin Istri Terkejut sekaligus Kasihan

Profil Abah Lala. (Instagram/@abahlalareal)
Profil Abah Lala. (Instagram/@abahlalareal)

Abah Lala memiliki nama asli Agus Purwanto. Ia merupakan pria kelahiran 24 Oktober 1986 di Boyolali. Abah Lala berusia 35 tahun dan pada Oktober nanti usianya akan genap 36 tahun. Nama panggungnya sendiri didapatkannya secara tidak sengaja.

Kala itu, Abah Lala tengah berkomunikasi dengan temannya dengan handy talky (HT) dan secara asal menyebut nama Lala sebagai nama aliasnya. Alasan penggunaan Lala sebagai namanya juga cukup unik. Pasalnya saat itu ia tengah menonton Teletubbies, di mana salah satu karakternya bernama Lala. Sejak saat itu, ia pun dipanggil dengan nama panggung Abah Lala.

2. Kehidupan pribadi

Baca Juga: - 8 Potret Aisyahrani Melahirkan Anak Ketiga di Hari Kemerdekaan, Bayinya Cantik Banget!

Profil Abah Lala. (Instagram/@abahlalareal)
Profil Abah Lala. (Instagram/@abahlalareal)

Sebelum tenar dan menjadi musisi, Abah Lala merupakan seorang pekerja migran Indonesia. Tak hanya pernah bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Abah Lala juga merupakan seorang petani ladang. Siapa sangka kini, ia menjadi salah satu musisi yang dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan lagunya dinyanyikan langsung di Istana Negara dan didengar di seluruh penjuru negeri.

3. Perjalanan karier

Profil Abah Lala. (Instagram/@abahlalareal)
Profil Abah Lala. (Instagram/@abahlalareal)

Abah Lala sudah menggeluti dunia musik sejak tahun 2009 silam. Ia merupakan seorang seniman Gedruk yaitu tarian tradisional Boyolali. Ia kemudian melebarkan kariernya menjadi penyanyi di grup Gedruk yang ia ikuti yaitu SALEHO. Saat menjadi ketua, Abah Lala sukses membawa grupnya tampil di luar negeri untuk mengenalkan tarian dari kampung halamannya.

Baca Juga: - Disopirin Wendy Cagur, Andre Taulany dan Vincent Nyolot: Kaki Nyampe Nggak?

Abah Lala kemudian mendirikan sebuah Orkes Melayu (OM) yang bernama MG 86. Kerennya, MG 86 beranggotakan para mantan TKI dan petani ladang seperti dirinya. Orkes bentukan Abah Lala kini menjadi ladang rezeki bagi dirinya dan anak buahnya.

4. Pencipta jargon cendol dawet

Profil Abah Lala. (Instagram/@abahlalareal)
Profil Abah Lala. (Instagram/@abahlalareal)

"Cendol Dawet" menjadi salah satu jargon andalan para pedangdut sejak tahun 2018 silam. Abah Lala adalah orang yang menciptakan jargon tersebut. Saat hadir di talkshow yang dipandu Tukul Arwana pada 2020 lalu, ia menceritakan asal usul jargon tersebut.

Rupanya cendol dawet adalah makanan yang ia makan tiap pagi dan dibelinya dari tukang sayur. Ia terinspirasi menjadikan makanan kesukaannya sebagai jargon untuk lagu dangdut. Ia merasa jargon yang sering diucapkan saat ada konser dangdut kurang pantas untuk didengar anak-anak. Jadi alih-alih menggunakan jargon lain, ia memilih menggunakan nama makanan.

5. Lagu Ojo Dibandingke viral

Profil Abah Lala. (Instagram/@abahlalareal)
Profil Abah Lala. (Instagram/@abahlalareal)

Abah Lala kembali jadi sorotan usai lagu ciptaannya Ojo Dibandingke yang dinyanyikan penyanyi Farel Prayoga viral. Bahkan Farel Prayoga diundang ke Istana Negara di perayaan Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia. Abah Lala merasa bangga dan terharu saat melihat penampilan Farel membawakan lagunya. Kini namanya makin bersinar berkat karyanya yang telah diakui dan didengar di seluruh penjuru Tanah Air. Abah Lala pun mendapat banyak tawaran dari berbagai program televisi.

Sebagai informasi, Abah Lala memiliki kanal YouTube resmi yaitu Abah Lala Official. Lewat media sosial Instagram dan TikTok @abahlalareal, ia kerap membagikan kegiatannya serta momen saat dirinya bernyanyi. Popularitasnya di medsos pun tak kalah dengan seleb papan atas lainnya lho. Semoga makin sukses Abah Lala!

Kontributor: Safitri Yulikhah

Berita Terkait

TERKINI

Hamil anak kedua, perut Acha Septriasa ternyata sudah besar nih!
seleb | 22:16 WIB
Ayu Dewi punya kiat jitu untuk menghilangkan perasaan susah percaya pada pasangan.
seleb | 22:08 WIB
Anak Teddy Syach menegaskan tidak ada yang bisa menggantikan sosok Rina Gunawan.
seleb | 20:51 WIB
Mantan suami Ratu Rizky Nabila beneran cuma numpang hidup?
seleb | 20:40 WIB
Sepinya postingan di akun Instagram Raffi Ahmad dan Nagita Slavina lantas membuat rumor lawas kembali mencuat.
seleb | 20:35 WIB
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono juga terbukti kompak jelang menikah!
seleb | 20:28 WIB
Apabila Pinkan Mambo mengaku punya 50 bisnis, ternyata Raffi Ahmad memang 'cuma' punya 10.
seleb | 20:05 WIB
Viral video Syahrini nyosor Reino Barack di pesawat. Acha Septriasa girang umumkah kehamilan kedua!
seleb | 20:00 WIB
Pada momen liburan kali ini, Aisha pergi bersama dengan para netizen di Indonesia.
seleb | 19:55 WIB
Fakta tak disangka seorang Dikta baru terungkap, "Dikta ini unik banget orangnya, keren!"
seleb | 19:30 WIB
Tampilkan lebih banyak