Seleb

9 Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali, Terbaru Ada Nania Yusuf yang Kembali Memeluk Islam

Bukan hanya Nania Yusuf, sejumlah artis ini telah bolak-balik pindah agama.

Yohanes Endra
Senin, 23 Mei 2022 | 14:17 WIB
Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. [Kolase MataMata.com, Instagram/bangtigor75]
Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. [Kolase MataMata.com, Instagram/bangtigor75]

Matamata.com - Nania Yusuf mengejutkan publik dengan kembali masuk Islam. Padahal ia sudah 12 tahun keluar dari Islam dan menjadi seorang penganut Kristen. Kabar kembalinya Nania Yusuf menjadi seorang muslim ini menambah panjang daftar artis pindah agama lebih dari sekali di Indonesia.

Tentu ada alasan mengapa para artis ini memilih untuk merubah keyakinan agama mereka. Perjalanan spiritual manusia memang berbeda-beda. Sehingga memungkinkan adanya perubahan dalam iman seseorang.

Walau demikian, ada juga artis yang pindah agama karena pernikahan. Seperti diketahui, pernikahan beda agama tidak diperkenankan dilakukan di Indonesia, sehingga salah satu pasangan harus mengikuti agama pasangannya. Ada pula yang memang terlahir dari orang tua berbeda agama.

Lantas siapa saja artis pindah agama lebih dari sekali? Simak daftarnya yang sudah MataMata.com rangkum berikut ini.

1. Dewi Sandra

Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. (Instagram/dewisandra)
Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. (Instagram/dewisandra)

Bintang film dan sinetron Dewi Sandra sekarang dikenal sebagai muslimah berhijab yang santun dan bersahaja. Namun, sebenarnya Islam bukanlah agama pertama yang dianut olehnya. Dewi Sandra lahir dari pasangan beda agama dan bukan seorang muslim. Ia kemudian menjadi mualaf saat menikah dengan Surya Saputra.

Pasca cerai dan menikah dengan Glenn Fredly, Dewi Sandra kembali menjadi seorang Kristiani. Ia kembali menjadi mualaf setelah cerai dan mantap berhijab.

2. Sandy Tumiwa

Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. (Instagram/sandytumiwaofficial)
Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. (Instagram/sandytumiwaofficial)

Mantan suami Tessa Kaunang lahir dan dibesarkan secara Islam. Ia memilih murtad dan keluar dari Islam. Ketika menikahi Tessa Kaunang, Sandy Tumiwa mengikuti agama sang istri dan menjadi seorang Nasrani. Hingga pada 2014 silam, pernikahan mereka kandas dan berakhir dengan perceraian. Setelah bercerai, Sandy Tumiwa kembali memeluk agama Islam.

3. Nafa Urbach

Nafa Urbach. (Instagram/@nafaurbach)
Nafa Urbach. (Instagram/@nafaurbach)

Artis senior Nafa Urbach memilih menjadi mualaf saat berpacaran dengan Primus Yustisio. Setelah putus, Nafa Urbach tetap bertahan sebagai seorang muslim. Namun, pada akhirnya ia kembali memeluk Kristen saat dipersunting Zack Lee. Hal ini sempat ramai jadi perbincangan netter pada masa itu, karena Nafa Urbach telah berpindah keyakinan lebih dari sekali.

4. Jonas Rivanno

Asmirandah dan Jonas Rivanno (Instagram/@asmirandah89)
Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. (Instagram/@asmirandah89)

Kisah perpindahan agama Jonas Rivanno sempat mengundang kontroversi dan dianggap mempermainkan agama. Hal ini lantaran saat menikahi Asmirandah pada 2013 silam, ia sudah menjadi seorang mualaf.

Tapi tak lama kemudian, ia kembali menjadi Nasrani dan membatalkan pernikahannya. Keduanya kemudian menikah lagi setelah Asmirandah mengikuti agama Jonas dan menjadi pemeluk agama Kristen.

5. Marcell Siahaan

Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. (Instagram/marcellsiahaans)
Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. (Instagram/marcellsiahaans)

Penyanyi bersuara merdu Marcell Siahaan tidak hanya berpindah dari dua keyakinan agama saja. Ia telah memeluk berbagai agama dan membuat perjalanan spiritualnya panjang. Marcell lahir sebagai pemeluk Kristen, namun ia tumbuh sebagai pengikut agnostik.

Marcell kemudian berpindah agama menjadi Buddha saat menikah dengan Dewi Lestari. Ia kemudian menikah lagi dengan Rima Melati Adams pada tahun 2009. Ia pun lantas mengikuti agama sang istri dan menjadi mualaf.

6. Bang Tigor

Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. (Instagram/bangtigor75)
Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. (Instagram/bangtigor75)

Aktor bertubuh kekar yang melejit berkat aktingnya dalam Suami-Suami takut Istri, Bang Tigor sudah pindah agama sebanyak tiga kali. Bang Tigor lahir sebagai umat Kristen lalu pindah jadi dan memeluk Islam. Tak berselang lama, Bang Tigor kembali menganut Kristen. Sekarang Bang Tigor telah mantap menjadi seorang muslim.

7. Steve Emmanuel

Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. (Instagram/steve_emanuel)
Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. (Instagram/steve_emanuel)

Steve Emmanuel terkenal berkat aktingnya dalam sinetron lawas Siapa Takut Jatuh Cinta yang merupakan remake drama Taiwan Meteor Garden. Steve memutuskan meninggalkan agama Kristen dan menjadi seorang mualaf. Ia bahkan mengganti namanya menjadi Yusuf Iman. Akhirnya ia kembali pada agama lamanya saat ia terjerat kasus narkoba.

8. Kriss Hatta

Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. (Instagram/krisshatta07)
Artis Pindah Agama Lebih dari Sekali. (Instagram/krisshatta07)

Saat menikah dengan Hilda Vitria, Kriss Hatta memutuskan menjadi seorang muslim mengikuti agama sang istri. Ia kini kembali menjadi seorang Nasrani setelah menjalani hukuman penjara.

9. Nania Yusuf

Nania Yusuf [MataMata.com/Rena Pangesti]
Nania Yusuf [MataMata.com/Rena Pangesti]

Nania Yusuf atau lebih dikenal dengan Nania Idol terlahir sebagai seorang muslim. Namun, ia memutuskan memeluk agama Kristen setelah melihat Alkitab milik salah satu temannya. Nania kembali menjadi mualaf setelah 12 tahun menjadi penganut Kristen.

Ia dibimbing Gus Miftah saat mengucapkan kalimat syahadat. Alasannya karena ia cemas tidak ada yang mendoakan orang tuanya saat meninggal nanti karena beda agama.

Itulah sederet artis pindah agama lebih dari sekali dengan bermacam alasannya. Mulai dari pernikahan hingga hidayah Tuhan. Urusan agama memang masalah personal yang pastinya tidak bisa dipaksakan, apalagi hukum juga sudah jelas mengatur kebebasan beragama. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Tags # nania yusuf # bang tigor # artis pindah agama lebih dari sekali # dewi sandra

Hot Video

Berita Terkini