Seleb

Profil Paundrakarna, Pesinetron Calon Penerus Tahta Pura Mangkunegaran Solo

Simak profil Paundrakarna di bawah ini supaya nggak penasaran lagi.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Farah Nabila
Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:22 WIB
Paundrakarna [Youtube.com]
Paundrakarna [Youtube.com]

Matamata.com - Aktor sinetron dan bintang iklan Paundrakarna tengah jadi sorotan terutama untuk masyarakat Solo karena  digadang-gadang akan jadi penerus tahta di Pura Mangkunegaran Solo. Seperti apa sosoknya? Simak profil Paundrakarna di bawah ini supaya nggak penasaran lagi.

Diketahui kursi kerajaan mengalami kekosongan sepeninggal Raja Mangkunegaran Solo Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.) Mangkunegaran IX yang meninggal dunia pada Jumat (13/8/2021) lalu. 

Ada dua kandidat kuat yang digadang-gadang jadi penerus tahta yaitu G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan G.P.H. Paundrakarna Jiwo Suryonegara.

Cucu Presiden Soekarno Paundrakarna Sukmaputra. [Solopos.com]
Cucu Presiden Soekarno Paundrakarna Sukmaputra. [Solopos.com]

Sosok Paundrakarna cukup mencuri perhatian karena identitasnya sebagai cucu Soekarno dan aktor nasional. Seperti apa sosoknya?

Profil Paundrakarna

Paundra bukanlah keturunan raja semata, karena dirinya merupakan putra sulung Sukmawati Soekarnoputri yang merupakan adik dari Megawati Soekarnoputri. Bisa dikatakan Paundrakarna juga termasuk cucu Soekarno, Presiden pertama RI.

Sukmawati dan Sujiwakusuma atau Mangkunegara IX diketahui dikaruniai dua orang anak. Sang putra sulung bernama Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, yang lahir 19 April 1975. Sedangkan yang kedua seorang anak perempuan yang diberi nama Putri Agung Suniwati Sukmaputra, yang lahir 4 Agustus 1977.

Paundrakarna di pemakaman Raja Mangkunageran Solo. [Instagram/dinarhapprameswari77]
Paundrakarna di pemakaman Raja Mangkunageran Solo. [Instagram/dinarhapprameswari77]

Paundra menjadi seorang seniman melalui rumah produksi tari Adicipta Paundrakarna Production yang dimilikinya. Sementara mengenai jenjang pendidikan, Paundra menyelesaikan pendidikan di SMAN 1 Surakarta pada tahun 1994.

Paundra melanjutkan kuliah desain grafis di Universitas Trisakti pada 1994 usai lulus. Hanya satu tahun, Paundra memutuskan untuk keluar pada tahun 1995.

Untuk mendukung kariernya di dunia hiburan, kemudian Paundra masuk di Akademi Komunikasi Indonesia di Yogyakarta. Paundra mengambil jurusan broadcasting dan dinyatakan lulus pada tahun 2000.

Aktor Sinetron

Paundrakarna. [Instagram/aryawedakarna]
Paundrakarna. [Instagram/aryawedakarna]

Setelah tampil dalam sinetron berjudul Saraswati, nama Paundra kemudian mulai dikenal luas publik. Bahkan Paundra semakin melejit setelah memerankan Galih dalam sinetron Gita Cinta dari SMA. Sinetron ini adalah remake dari film yang tenar pada tahun 1970-an yang dibintangi oleh Rano Karno dan Yessy Gusman.

Parasnya yang rupawan dan aktingnya yang apik sebagai Galih membuatnya menjadi idola remaja pada saat itu. Paundra juga pernah tampil di dalam sinetron Perempuan Pilihan dan Kucinta Dia.

Selain itu, di dunia tarik suara, Paundrakarna pernah merilis album perdana, Sebuah Awal pada bulan April 2004. Album perdana ini berisikan 10 lagu, salah satunya lagu Galih dan Ratna yang merupakan lagu tema sinetron Gita Cinta dari SMA yang dibintanginya.

Kandidat Calon Raja Keraton Mangkunegaran

Tangkapan layar dari youtube akun pantja sila cucu Bung Karno Paundra Karna [Youtube.com]
Tangkapan layar dari youtube akun pantja sila cucu Bung Karno Paundra Karna [Youtube.com]

Pelaksana Tugas (Plt) Pengageng Kabupaten Mondropuro Mangkunegaran, Supriyanto Waluyo, menjelaskan belum mengetahui mengenai proses atau pemilihan calon pengganti K.G.P.A.A Mangkunagoro IX.

“Saya kurang tahu. Itu [yang memutuskan siapa sosok pengganti Mangkunegoro IX] nanti keluarga,” kata dia kepada wartawan, Jumat.

Sebagai informasi, selain memiliki dua putra, Mangkunagoro IX juga mempunyai dua putri yakni G.R.Ay. Putri Agung Suniwati dan G.R.Aj. Ancillasura Marina Sudjiwo. Itulah profil Paundrakarna, aktor sinetron yang jadi kandidat penerus tahta Pura Mangkunegaran Solo. Siapa yang ngefans dengan Paundrakarna nih?

Tags # paundrakarna # penerus tahta di pura mangkunegaran solo # profil paundrakarna # cucu soekarno # sukmawati soekarnoputri

Hot Video

Berita Terkini