Seleb

Nama Asli 7 Artis Keturunan Aceh, Pakai 'Teuku' atau 'Cut'?

Tanpa ada 'Teuku' atau 'Cut', masyarakat awam biasanya akan susah mengenali mereka sebagai keturunan Aceh.

Yohanes Endra
Senin, 27 September 2021 | 06:00 WIB
Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@enzystoria)
Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@enzystoria)

Matamata.com - Artis keturunan Aceh bisa ditebak dari nama mereka yang biasanya berawalan Teuku atau Cut. Nama tersebut dulunya diperuntukkan sebagai gelar kebangsawanan. Biasanya seorang perempuan dengan nama Cut memiliki ayah bernama Teuku. Begitu pun ketika ayahnya bernama Teuku, maka anak laki-laki juga akan mendapat nama Teuku.

Namun artis-artis di bawah ini memilih nama panggung yang tidak kentara mereka keturunan Aceh. Ada pula yang namanya memang tidak ada Teuku atau Cut. Penasaran siapa saja artis keturunan Aceh yang dimaksud? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

1. Beby Tsabina

Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@bebytsabina)
Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@bebytsabina)

Nama Beby Tsabina tentu sudah tidak asing bagi para penikmat dunia hiburan Tanah Air. Belum lama ini, Beby Tsabina membintangi serial Antares yang disiarkan WeTV bareng Angga Aldi Yunanda. Kemampuan Beby Tsabina juga membuatnya berkesempatan menjadi lawan main Vino G. Bastian dalam remake film Korea Scandal Makers.

Beby Tsabina sebenarnya bernama asli Cut Beby Tsabina. Ia lahir di Banda Aceh pada 27 Oktober 2002. Kakaknya bernama Teuku Atha dan adiknya yakni Cut Keysha. Sedangkan ayah dan ibu Beby Tsabina tidak menyandang gelar Teuku maupun Cut, yakni Darmawan dan Linda Darmawan berdasarkan data yang tersebar di internet.

2. Enzy Storia

Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@enzystoria)
Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@enzystoria)

Nama asli Enzy Storia adalah Enzy Storia Leovarisa. Ia mendapat darah Aceh dari sang ibunda, sedangkan ayahnya adalah orang Polandia. Perpaduan darah Aceh dan Polandia membuat wajah Enzy Storia begitu rupawan.

Belum lama ini, Enzy Storia pergi ke Amerika Serikat bersama rekan-rekan artis untuk berlibur sekaligus urusan pekerjaan. Namun tidak seperti rekan-rekan artis yang lain, Enzy Storia tak mendapatkan vaksin booster di Amerika karena mengidap autoimun. Kabarnya Enzy akan segera membintangi film bareng Gading Marten. Kita tunggu saja ya!

3. Risty Tagor

Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@ristytagor)
Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@ristytagor)

Meski namanya Batak banget, Risty Tagor sebenarnya juga keturunan Aceh. Ayah Risty berdarah Batak-Aceh, yakni Johan Tagor Harahap. Sedangkan ibunda Risty Tagor bernama Tjut Mutia yang merupakan keturunan Aceh-Padang.

Belakangan ini, pemilik nama Ariestia Ramadhany Tagor Harahap tersebut kembali dirumorkan bercerai. Apabila kabar tersebut benar, maka Risty Tagor bercerai untuk ketiga kalinya. Namun kabar tersebut belum dapat dipastikan.

4. Asha Shara

Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@ashasyara)
Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@ashasyara)

Asha Shara merupakan nama asli sekaligus nama panggung. Selain Arab, Asha Shara juga memiliki garis keturunan Aceh.

Belakangan Asha Shara sudah jarang terdengar kabarnya. Terakhir, Asha Shara diketahui bercerai dari sang suami, Syafiq Assa'dy. Ia juga sempat menghebohkan publik karena pakai-lepas hijab dalam penampilan sehari-hari.

5. Syakir Daulay

Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@syakirdaulay)
Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@syakirdaulay)

Syakir Daulay juga menggunakan nama asli sebagai nama panggungnya. Aktor sekaligus penyanyi kenamaan Tanah Air ini lahir di Bireuen, Nanggroe Aceh Darussalam, pada 10 Januari 2002.

Belakangan Syakir ikutan disorot atas perceraian sang kakak, Zikri Daulay. Pasalnya mantan istri Zikri, Henny Rahman, menikah dengan sahabat Syakir yakni Muhammad Alvin Faiz. Syakir pun jadi kena imbas terus diperhatikan.

6. Tompi

Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@dr_tompi)
Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@dr_tompi)

Beda jauh dengan nama panggungnya, Tompi sebenarnya bernama asli Teuku Adifitrian. Namun nama Tompi juga merupakan pemberian sang ibu yang berarti pekerjaan yang sempurna, kebaikan, dan kesopanan.

Penyanyi asal Aceh tersebut kini dikenal sebagai dokter sekaligus sutradara. Kemampuan Tompi menangkap momen juga membuatnya dipercaya sebagai fotografer. Sebut saja Baim Wong dan Paula Verhoeven yang menggunakan jasa Tompi untuk maternity shoot anak kedua.

7. Nova Eliza

Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@novaelizaworld)
Nama Asli Artis Keturunan Aceh (Instagram/@novaelizaworld)

Nova Eliza rupanya kelahiran Aceh pada 4 Juni 1980 silam. Nama asli Nova juga sekaligus nama panggungnya. Sang ibunda bernama Cut Rosminar yang jelas asli Aceh.

Belakangan ini Nova Eliza lebih sering menjadi ibu rumah tangga. Ia juga gemar berolahraga, salah satunya menembak. Olahraga tersebut rupanya juga disukai sang putri, Malika. Nova bahkan mendaftarkan sang putri ke sekolah menembak.

Ternyata beberapa artis tidak memiliki atau tak memakai nama 'Cut' dan 'Teuku' untuk nama panggung mereka. Bagaimana pendapatmu? 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Tags # beby tsabina # enzy storia # nama asli artis keturunan aceh

Hot Video

Berita Terkini