Seleb

Profil Joe Taslim, Atlet Judo yang Sukses Jadi Aktor Hollywood

Perjalanan karier Joe Taslim rupanya penuh cerita menarik, simak ulasannya berikut ini.

Yohanes Endra
Senin, 30 Agustus 2021 | 21:00 WIB
Profil Joe Taslim (Instagram/@joe_taslim)
Profil Joe Taslim (Instagram/@joe_taslim)

Matamata.com - Siapa yang tak kenal Joe Taslim? Nama Joe Taslim mulai melambung sejak perannya dalam film The Raid bareng Iko Uwais. Joe Taslim juga telah melebarkan sayapnya ke kancah perfilman dunia dengan membintangi film The Swordsman hingga Mortal Kombat.

Namun siapa yang menyangka apabila Joe Taslim pernah hidup susah. Menurut pengakuan Joe Taslim di sebuah acara televisi, listrik di rumahnya sering dicabut karena telat membayar tagihan hingga tidak sanggup membeli raket bulutangkis semasa kecil. Kendati begitu, Joe Taslim menyebut kehidupannya bahagia dan membanggakan meski serba kekurangan.

Seperti apa perjalanan karier Joe Taslim hingga bisa sesukses sekarang? Simak profil lengkap Joe Taslim berikut ini.

Biodata Joe Taslim

Profil Joe Taslim (Instagram/@joe_taslim)
Profil Joe Taslim (Instagram/@joe_taslim)

Joe Taslim tumbuh di Lorong Tunggal, Palembang, Sumatera Selatan. Pemilik nama Johannes Taslim ini lahir pada 23 Juni 1981. Ia kini berstatus sebagai suami dari seorang wanita bernama Julie Taslim serta ayah untuk tiga anak: Mikaveli, Karaa Ovelia, dan Hiero. Sejak lahir hingga sekarang, Joe Taslim menganut agama Kristen.

Awal Karier Joe Taslim

Profil Joe Taslim (Instagram/@joe_taslim)
Profil Joe Taslim (Instagram/@joe_taslim)

Sebelum menjadi aktor, Joe Taslim adalah seorang atlet judo. Sang ayah amat mendukung karier atlet Joe Taslim sejak kecil. Ayah Joe Taslim rupanya ingin sang putra bisa mengharumkan nama negara sebagai atlet seperti yang kerap ia lihat di televisi. Berbagai olahraga pernah dicoba Joe Taslim, mulai wushu, bulu tangkis, hingga judo.

Namun karena kehidupan sulit keluarga, Joe Taslim bahkan tak mampu membeli raket. Olahraga judo akhirnya dipilih karena tidak dikenakan biaya latihan dan tak perlu membeli alat olahraga. Bahkan pelatih judo di daerah Joe Taslim bagi-bagi seragam secara gratis lantaran cabang olahraga tersebut belum terkenal di masa itu.

Awalnya Joe Taslim mengaku setengah hati saat menekuni judo. Namun berkat dukungan sang ayah, Joe Taslim sukses menjadi seorang atlet judo berprestasi. Ia pernah memenangkan satu medali emas di kejuaraan judo Asia Tenggara 1999 dan satu medali perak di SEA Games 2007. Joe Taslim adalah anggota tim nasional judo Indonesia sejak 1997 hingga akhirnya memutuskan pensiun di tahun 2009 karena cedera.

Puncak Karier Joe Taslim

Profil Joe Taslim (Instagram/@joe_taslim)
Profil Joe Taslim (Instagram/@joe_taslim)

Karier akting Joe Taslim pun tak semudah kelihatannya. Dalam sebuah wawancara, Joe Taslim mengaku telah mencoba berbagai casting untuk membintangi film sejak tahun 2000. Namun barulah pada 2008, ia digaet menjadi bintang film horor berlatar budaya Tionghoa dengan judul Karma. Selanjutnya Joe Taslim membintangi film Rasa (2009) bareng Christian Sugiono dan Pevita Pearce. Barulah pada 2011, Joe Taslim membintangi film The Raid yang diputar di berbagai penjuru dunia. Berkat The Raid, Joe Taslim dipercaya membintangi proyek mancanegara seperti film Hollywood The Fast and The Furious 6 (2013), Star Trek Beyond (2016), Mortal Kombat (2021), dan film Korea The Swordsman (2020).

Penghargaan Joe Taslim

Profil Joe Taslim (Instagram/@joe_taslim)
Profil Joe Taslim (Instagram/@joe_taslim)

Joe Taslim termasuk salah satu artis Tanah Air yang jauh dari gosip dan kontroversi. Sebaliknya, berbagai prestasi terus ditunjukkan Joe Taslim dari tahun ke tahun. Pada 2014, Joe Taslim mendapatkan penghargaan Best Actor di Indonesian Movie Actor Awards berkat film La Tahzan (2013). Joe Taslim juga menjadi Favorite Actor di Indonesia Kids' Choice Awards 2015 dan Actor of the Year di Style Award 2017.

Selain itu, Joe Taslim membuat bangga Tanah Air dengan menerima Best APAN (Asia Pacific Actors Network) Star Award di tahun 2016 bersanding dengan Song Joong Ki (Korea), Kim Hee Sun (Korea), Thanayong Wongtrakul (Thailand), Jessy Mendiola (Filipina), dan  Narimiya Hiroki (Jepang).

Bagaimana pendapatmu tentang Joe Taslim? Sudah nonton semua filmnya? 

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Tags # joe taslim # profil joe taslim # karier joe taslim

Hot Video

Berita Terkini