Seleb

Sebelum Meninggal Dunia, Urip Arphan Sudah Beri Tanda-tanda

Anak ungkap firasat sebelum Urip Arphan meninggal dunia.

Tinwarotul Fatonah | Yuliani

Urip Arphan. (Instagram/prof.afghan)
Urip Arphan. (Instagram/prof.afghan)

Matamata.com - Aktor senior Urip Arphan meninggal dunia sore tadi akibat sakit stroke yang diidapnya sejak beberapa tahun lalu. Sebelum meninggal dunia, lelaki yang mirip dengan Benyamin ini disebut sudah meninggalkan tanda-tanda.

"Dalam minggu-minggu ini udah ada tanda-tandanya gitu," ungkap Arief, anak dari Urip Arphan kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Arief menyebut banyak hal-hal dari sikap ayahnya yang membuat ia kaget. Urip Arphan diakui lebih manja dan menurut padanya sebelum meninggal dunia.

Urip Arpan (Matamata.com/Ismail)
Urip Arphan (Matamata.com/Ismail)

"Akhirnya ya, banyak yang bikin saya takjub juga lah, mandi minta saya mandiin, makan disuapin, gitu-gitu," ungkapnya.

Sejak pagi, ayahnya menurut sekali ia suapi. Sayangnya, niat mereka makan siang bersama tak sempat terjadi karena kondisi ayahnya drop usai dimandikan siang hari.

"Tadi pagi sempat makan pisang saya suapin, giliran tadi siang kita mau makan bareng, (saya ajak) 'pak mandi dulu ya' (mau) mandi, habis itu beliau nggak ada, makanan belum disentuh ini juga," ujar Arief dengan suara bergetar.

Arif tak bisa banyak bicara terkait kesan dan sosok Urip Arphan di matanya. Baginya, hal itu tak cukup dituangkan melalui kata.

Urip Arphan. (YouTube)
Urip Arphan. (YouTube)

"Banyak banget..saya bingung kalau cerita," tuturnya sambil menangis.

Arief hanya mengingat satu pesan yang kerap dikatakan Urip Arphan sebelum meninggal dunia. Ia meminta anaknya tak lupa untuk ibadah.

"Yang bikin saya ingat terus (pesan) jangan ninggalin solat, itu doang," tuturnya berat.

Urip Arphan merupakan aktor kelahiran 13 Maret 1947. Dia memulai debut akting pada 1975 lewat film Laila Majenun.

Selain karena aktingnya, Urip Arphan juga dikenal publik lantaran wajahnya yang mirip Benyamin Sueb.

Kabar terkini Urip Arphan. (Instagram/@lambe_turah)
Kabar terkini Urip Arphan. (Instagram/@lambe_turah)

Pada September 2018, Urip Arphan mengidap stroke dan diabetes. Kondisi Urip Arphan cukup memprihatinkan kala itu. Dia menumpang tinggal di sebuah rumah kontrakan salah satu putranya, di Jalan Malaka Bulak, RT 003 RW 013 No.17, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.

Dengan mengenakan sarung dan kopiah, bintang sinetron Emak Ijah Pengen ke Mekkah itu mengaku terkena stroke selama satu setengah tahun.

Rencananya, jenazah Urip Arphan akan dimakamkan besok pagi di TPU Kawi-Kawi, Kramat Sentiong, Jakarta Pusat. Jenazahnya akan ditumpuk bersama almarhum istrinya di liang lahat.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report