Seleb

Profil Desy Ratnasari, Artis dan Anggota DPR yang Akan Main Film Buya Hamka

Simak profil Desy Ratnasari, artis yang telah terjun dalam dunia politik.

Yohanes Endra

Profil Desy Ratnasari (Instagram/@desyratnasariterdepan)
Profil Desy Ratnasari (Instagram/@desyratnasariterdepan)

Matamata.com - Nama Desy Ratnasari tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Artis yang telah menapaki kariernya sejak tahun 80-an ini terus menjadi sorotan masyarakat. Terlebih saat dirinya terjun dalam dunia politik untuk pertama kali pada tahun 2014.

Desy membesarkan namanya melalui single yang berjudul Tenda Biru. Bahkan, lagu yang dinyanyikannya itu sampai saat ini masih membekas di benak para pendengar. Anak-anak muda masa kini pun juga mengetahui lagu tersebut. Selain sukses di dunia hiburan sebelumnya, Desy Ratnasari juga menunjukkan kesuksesannya di dunia politik Indonesia hingga menjadi anggota DPR RI saat ini. 

Baru-baru ini, Desy Ratnasari dikabarkan akan bermain dalam film layar lebar yang menceritakan biografi seorang tokoh ulama Indonesia, Buya Hamka. Bagaimana profil dan perjalanan Desy Ratnasari dari dulu hingga sukses menapaki kariernya di bidang politik? Simak profilnya yang telah dirangkum dari beberapa sumber berikut.

Profil Desy Ratnasari

Profil Desy Ratnasari (Instagram/@desyratnasariterdepan)
Profil Desy Ratnasari (Instagram/@desyratnasariterdepan)

Desy Ratnasari lahir di Sukabumi, Jawa Barat pada 12 Desember 1973. Desy Ratnasari ini merupakan penyanyi, pembawa acara, pemain film dan sinetron, model, sekaligus politisi keturunan Sunda. Desy Ratnasari merupakan anak dari pasangan H. Syaminan dan Mulyanah. Desy Ratnasari menghabiskan masa kecil dan masa remajanya di kampung halamannya, Sukabumi, Jawa Barat.

Desy Ratnasari pernah mengenyam pendidikan S1 di Universitas Atma Jaya Jakarta dan S2 di Universitas Indonesia mengambil disiplin ilmu Psikologi Terapan. Setelah itu, Desy mengambil pendidikan Psikologi Profesi di Universitas Atma Jaya Jakarta. Pelantun lagu Tenda Biru ini sekarang menjadi anggota Fraksi Partai Amanat Nasional yang terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024.

Perjalanan Karier Desy Ratnasari

Profil Desy Ratnasari (Instagram/@desyratnasariterdepan)
Profil Desy Ratnasari (Instagram/@desyratnasariterdepan)

Desy Ratnasari mengawali kariernya dengan menjadi runner up Gadis Sampul tahun 1987, saat dirinya genap berusia 14 tahun. Satu tahun setelah kemenangannya menjadi runner up Gadis Sampul, Desy Ratnasari mendapat tawaran untuk berakting dalam serial yang tayang di TVRI, yaitu “Jendela Rumah Kita”. Setelah mengawali karier menjadi model Gadis Sampul dan debut akting dalam serial itu, karier Desy Ratnasari semakin gemilang di dunia hiburan.

Sejak saat itu, Desy Ratnasari telah berhasil membintangi 11 judul film layar lebar dan 20 judul sinetron. Film dan sinetron yang dibintangi oleh Desy Ratnasari ini selalu berhasil menyita perhatian para penonton. Dalam film layar lebar, sinetron, dan FTV yang dibintanginya, Desy Ratnasari selalu langganan mendapatkan peran protagonis, contohnya seperti dalam drama Joshua Oh Joshua yang dibintanginya 20 tahun silam.

Setelah sukses meniti karier dalam dunia akting, Desy Ratnasari juga merambah ke dunia tarik suara. Lagunya yang paling terkenal dan fenomenal, yaitu Tenda Biru ciptaan musisi Wahyu WHL. Lagu tersebut sangat laku pada masanya hingga terjual mencapai 1 juta copy. 

Selain menjadi pemain film, sinetron, dan penyanyi, Desy Ratnasari juga merambah menjadi bintang iklan. Saat itu, Desy Ratnasari pernah menjadi bintang iklan sabun Lux, iklan obat, dan produk-produk elektronik Tidak hanya itu, Desy Ratnasari juga menjajal peruntungan sebagai presenter. Acara yang pernah dibawakan oleh Desy Ratnasari, antara lain Selamat Pagi yang tayang di Trans TV, Gebyar BCA yang tayang di Indosiar, Arisan Dangdut yang tayang di MNC TV, dan masih banyak lagi. 

Terjun Dalam Dunia Politik

Profil Desy Ratnasari (Instagram/@desyratnasariterdepan)
Profil Desy Ratnasari (Instagram/@desyratnasariterdepan)

Setelah sukses berkarier dan membesarkan nama di dunia hiburan, Desy Ratnasari memutuskan untuk terjun dalam dunia politik sejak tahun 2013. Ia bergabung dalam salah satu partai, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN). 

Tidak hanya bermodal karier di dunia hiburan, Desy Ratnasari juga memiliki modal kepiawaiannya dalam public speaking sehingga mampu bergabung dalam dunia politik. Bahkan, sebelum sempat bergabung dalam dunia politik, Desy Ratnasari kabarnya juga menjadi dosen di Fakultas Psikologi Universitas Atma Jaya Jakarta.

Latar belakang pendidikannya juga menjadi modal untuk terjun ke dalam dunia politik. Setelah setahun terjun ke dunia politik, Desy Ratnasari berhasil terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019. Ia memenangkan suara terbanyak di kampung halamannya, Sukabumi. Desy Ratnasari juga kembali terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 ini. 

Akan Bermain Film Layar Lebar

Profil Desy Ratnasari (Instagram/@desyratnasariterdepan)
Profil Desy Ratnasari (Instagram/@desyratnasariterdepan)

Beberapa waktu lalu sempat tercium kabar bahwa Desy Ratnasari akan bermain dalam film berjudul Buya Hamka. Film layar lebar itu akan menceritakan biografi seorang ulama Indonesia bernama Buya Hamka. Dalam film itu, Desy Ratnasari berperan sebagai Ummi Safiyah, ibu dari Hamka. 

Desy Ratnasari ini sempat menghebohkan publik karena publik mengiranya sedang hamil di umur 47 tahun. Ternyata, itu merupakan peran Desy Ratnasari dalam film berjudul Buya Hamka besutan sutradara Fajar Bustomi. Film Buya Hamka yang dibintangi oleh Desy Ratnasari ini siap tayang di bioskop dan menghibur para penonton. 

Demikian profil Desy Ratnasari, seorang artis dengan segudang prestasi yang kini telah terjun di dunia politik. 

Kontributor: Agatha Vidya Nariswari

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report