Seleb

Profil Ustaz Zacky Mirza: Pingsan Saat Berdakwah di Pekanbaru

Selain berdakwah, Ustaz Zacky Mirza juga menjadi aktor.

Yohanes Endra

Ustaz Zacky Mirza (Instagram/@zackymirza)
Ustaz Zacky Mirza (Instagram/@zackymirza)

Matamata.com - Ustaz Achmad Zacky Mirza adalah salah seorang Ustaz yang populer di masyarakat Indonesia. Baru-baru ini Ustaz Zacky Mirza membawa kabar kurang mengenakkan. Ia teiba-tiba jatuh pingsan kala mengisi kajian di Riau. Ia pun langsung dilarikan ke rumah sakit. Seperti apa kondisinya? 

Berikut profil Ustaz Zacky Mirza.

Ustad Zacky Mirza bersama sahabat Murfi Sembako, Taufik Latah. (MataMata.com/Herwanto)
Ustad Zacky Mirza bersama sahabat Murfi Sembako, Taufik Latah. (MataMata.com/Herwanto)

Profil Ustaz Zacky Mirza

Kelahiran Jakarta, pada tanggal 08 Mei 1979, Ustaz Zacky Mirza memulai berdakwah di televisi nasional sejak tahun 2005 di ajang Dai Televisi TPI. Ustaz Zacky Mirza Menyelesaikan pendidikan pesantren di Ponpes Darul Muttaqin, Bogor.

Kemudian Ustaz juga menyelesaikan pendidikan keagamaannya di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir. Selain berdakwah, Ustaz Zacky Mirza juga menjadi aktor yang membintangi film yang berjudul Ketika Cinta Bertasbih 1, narasumber di berbagai program televisi seperti Titian Iman TVOne, Cermin Hati Global TV, Jejak Islam Wisata Ziarah Romadhon TVOne, Bengkel Hati MNC TV, dan lain sebagainya.

Ustaz Zacky Mirza [Suara.com/Ismail]
Ustaz Zacky Mirza [Suara.com/Ismail]

Saat ini Ustaz Zacky Mirza mengisi kajian di berbagai program seperti Damai Indonesiaku TVOne, Syiar Jalanan TVOne, dan masih banyak lagi. Baru-baru ini, profil Ustaz Zacky Mirza ramai diberitakan. Hal itu lantaran Ustaz diketahui jatuh pingsan saat sedang berdakwah. 

Jatuh Pingsan saat Berdakwah

Sepanjang Ramadhan, Ustaz Zacky Mirza memang terlihat aktif melakukan safari ke beberapa daerah. Selain itu, Ustaz juga memberikan wakaf Al Quran secara langsung kepada penerimanya di berbagai daerah yang didatanginya. Kesibukan tersebut nampaknya membuat Ustaz Zacky cukup lelah hingga pingsan saat berdakwah di Pekanbaru, Riau. Kabar ini mendadak ramai setelah sebuah potongan video memperlihatkan sang Ustaz pingsan di tengah dakwah di sebuah Masjid di Riau.

Diketahui, Ustaz Zacky Mirza naik mimbar memakai kemeja putih yang dibalut luaran lengan panjang warna gelap. Kepada jemaah, Ustaz mengingatkan pentingnya amal baik dalam hidup.

Ustaz Zacky juga mengingatkan Allah tidak akan menutup mata pada kebaikan yang diperbuat umat-Nya. Kemudian di penghujung dakwah, Ustaz mengajak jemaah untuk berzikir dengan alasan, setiap manusia akhirnya akan menghadap Allah.

Karena menjelang ajal, tidak ada lagi yang layak dilantunkan kecuali dua kalimat syahadat. Ustaz Zacky Mirza lalu memimpin zikir dengan pelafalan terbata-bata. Beberapa detik kemudian, Ustaz ambruk dan beberapa buku serta gelas berisi air minum tersenggol oleh tangannya.

Seorang pria yang duduk bersila tidak jauh dari Ustaz Zacky Mirza bergegas menangkap badan sang Ustaz yang nyaris jatuh ke lantai. Sementara itu, beberapa jemaah lain kemudian bergerak ke depan untuk memegangi tubuh Ustaz Zacky Mirza.

Ustaz Zacky Mirza ambruk saat isi ceramah [YouTube/KH Infotainment]
Ustaz Zacky Mirza ambruk saat isi ceramah [YouTube/KH Infotainment]

Dilarikan ke Rumah Sakit

Ustaz Zacky Mirza langsung dilarikan ke Rumah Sakit Efarina Pangkalan Kerinci usai pingsan saat ceramah di Riau pada Senin (19/4/2021) dini hari.

Di rumah sakit, sang Ustaz tampak masih terbaring lemah dan di tangannya masih tertancap selang infus. Hal itu terlihat dalam sebuah video yang diunggah di Insta Story Instagram milik Ustaz Zacky Mirza.

Di dalam video tersebut juga terdengar suara seseorang yang minta doa untuk kesembuhan sang Ustaz. Semoga Ustaz lekas pulih dan bisa kembali berdakwah lagi. 

Demikian profil Ustaz Zacky Mirza, pendakwah kondang yang baru-baru ini tumbang kala mengisi kajian di depan jemaah. (Rishna Maulina Pratama)

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report