Seleb

Profil Lucinta Luna, Dikritik Habis-habisan Gegara Tunggangi Lumba-lumba

Selain isu transgender, Lucinta Luna punya sederet cerita kontroversial.

Yohanes Endra

Lucinta Luna. (MataMata.com/Yuliani)
Lucinta Luna. (MataMata.com/Yuliani)

Matamata.com - Lucinta Luna belakangan disorot lantaran mendapat kritik keras dari Susi Pudjiastuti atas aksinya berenang bersama sambil menunggangi lumba-lumba.

"Banyak orang mengira uang dan ketenaran dapat membeli serta melakukan apa saja, termasuk kebodohan dan menjadi bodoh," kicau Susi Pudjiastuti di Twitter mengomentari video Lucinta Luna tunggangi lumba-lumba.

Selain Susi Pudjiastuti, Lucinta Luna juga dikecam rekan sesama artis yakni Davina Veronica.

"Ini sangat bodoh, tidak berpendidikan, kejam dan tidak berperasaan. Sedih banget melihat ini. Lumba-lumba  seperti budak manusia, a slave for human entertainment," kata Davina Veronica.

Lantas seperti apa sosok Lucinta Luna yang kerap menuai kontroversi dan kecaman ini? Simak profil Lucina Luna berikut ini.

Lucinta Luna liburan ke lokasi yang diduga memperbudak Lumba-lumba. (Instagram/davinaveronica)
Lucinta Luna liburan ke lokasi yang diduga memperbudak Lumba-lumba. (Instagram/davinaveronica)

Profil Lucinta Luna

Lucinta Luna lahir dan besar dari keluarga yang kesulitan secara ekonomi. Keadaan itu memaksa Lucinta yang kini berusia 31 tahun harus bekerja setelah menamatkan pendidikannya di sebuah SMK jurusan Teknik Mesin. Apalagi Lucinta Luna harus membantu keluarganya yang cukup besar. Dia adalah anak kedelapan dari sembilan bersaudara.  

Ketenaran transpuan berambut panjang itu bermula dari sering tampil seksi bersama rekan duetnya Ratna Pandita dalam Duo Bunga sebelum akhirnya memutuskan untuk bersolo karier.

Meski berpenampilan cantik layaknya perempuan, Lucinta Lunta sempat menghebohkan publik saat dirinya mengajukan permohonan ganti kelamin secara hukum di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tahun 2020 lalu. Sejak itu masyarakat mengetahui Lucinta Luna lahir sebagai laki-laki dengan nama Muhammad Fatah.

Lucinta Luna (MataMata.com)
Lucinta Luna (MataMata.com)

Kontroversi Lucinta Luna

Selain isu transgender, Lucinta Luna punya sederet cerita kontroversial. Dia pernah terlibat konflik dengan sejumlah publik figur, punya pasangan perempuan, hingga pernah kepergok memakai narkoba. 

Lucinta Luna kemudian mulai aktif menyanyi dengan membentuk Duo Bunga. Sayang grup ini bubar pada Juni 2018 karena rekannya Ratna Pradita tidak setuju jika Lucinta Luna kerap wira-wiri sendirian di layar kaca tanpa membawa nama Duo Bunga. Akhirnya, Lucinta Luna memutuskan untuk bersolo karier.

Selain dunia musik, kehidupan pribadinya juga disorot. Lucinta pernah mengajukan permohonan ganti jenis kelamin dari laki-laki menjadi perempuan. Lucinta lahir dengan nama Muhammad Fatah. Namun, sejak berusia lima tahun Muhammad Fatah lebih nyaman berperilaku sebagai perempuan.

Muhammad Fatah diketahui melakukan operasi ganti kelamin pada 2016 dari laki-laki menjadi perempuan di sebuah rumah sakit di Thailand. Kini Muhammad Fatah resmi berganti nama menjadi Ayluna Putri yang merupakan nama KTP dari Lucinta Luna.

Walau sudah sepenuhnya menjadi perempuan, Lucinta Luna memiliki pasangan bernama Abash. Ternyata Abash adalah wanita berparas laki-laki. Dia punya nama asli Dian Jikun atau Esther. Mereka dikabarkan bertunangan pada 2019. Mereka berdua sempat kepergok bersama memakai narkoba sebelum akhirnya diamankan pihak kepolisian awal tahun lalu.

Lucinta Luna sempat menjadi sasaran pemberitaan miring. Dia diisukan dekat dengan Mike Lewis setelah mengunggah foto saat keduanya berpelukan. Lucinta Luna juga sempat meluapkan emosi kepada Deddy Corbuzier yang dinilai telah memberi pernyataan miring terkait dirinya. 

Itulah profil Lucinta Lunat yang belakangan aksinya menunggangi lumba-lumba menuai kecaman. (Nadia Lutfiana Mawarni)

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report