Seleb

Lucinta Luna Disorot Gegara Liburan ke Lokasi yang Memperbudak Lumba-lumba

Lucinta Luna dikecam habis-habisan karena liburan ke tempat yang menjadikan Lumba-lumba sebagai obyek hiburan!

Yohanes Endra

Lucinta Luna (MataMata.com)
Lucinta Luna (MataMata.com)

Matamata.com - Lucinta Luna menuai sorotan saat berlibur ke sebuah lokasi yang diduga melakukan animal abuse atau kekejaman terhadap hewan. Hal ini terungkap melalui Instagram Davina Veronica.

Davina Veronica mengungkapkan kekecewaannya sembari mengunggah ulang video Lucinta Luna saat liburan. Dalam video tersebut, terlihat Lumba-lumba yang diduga disuruh berenang terbalik lalu menarik manusia yang pegangan di tangan atau flipper Lumba-lumba.

Melalui caption, Davina mengatakan bahwa aksi yang ada di dalam video tersebut merupakan tindakan yang bodoh, kejam, dan tidak berperasaan. Davina pun menjelaskan bahwa Lumba-lumba, mamalia paling cerdas di bumi, tidak layak diperlakukan seperti budak.

Lucinta Luna liburan ke lokasi yang diduga memperbudak Lumba-lumba. (Instagram/davinaveronica)
Lucinta Luna liburan ke lokasi yang diduga memperbudak Lumba-lumba. (Instagram/davinaveronica)

"This is really really stupid, uneducated, cruel and heartless. Sedih banget melihat ini. Dolfin ini seperti budak manusia. A slave for human entertainment. Kamu tahu tidak bahwa dolfin adalah hewan paling cerdas di bumi ini. They are intelligent, complex and gentle creatures.. There are social beings. Ini pasti dipisahkan dari keluarganya. Im sure they miss their family and mostly, the ocean," tulis Davina.

Davina juga mengatakan bahwa Lumba-luma bisa berenang hingga 40 km/jam dan menghabiskan energi saat berenang dengan kecepatan minimal 8 km/jam. Sehingga, bila Lumba-lumba diletakkan di penangkaran, maka ini sama saja dengan menaruh Lumba-lumba di bak mandi hanya untuk hiburan manusia.

"Tiga hal yang bisa membunuh lumba-lumba adalah polusi, jaring ikan, dan penangkaran. Ini adalah kekerasan," tulis Davina.

Davina menyayangkan Lucinta Luna yang kemungkinan besar kurang peka terhadap hal ini. Ia pun menyarankan agar Lucinta Luna dan para figur publik lainnya lebih bijak dalam mengunggah konten dan memberikan edukasi yang lebih baik, terutama tentang larangan Lumba-lumba sebagai obyek hiburan seperti yang ada di dalam video tersebut.

"Harus ditutup sarana-sarana seperti ini. This is clearly and purely money and business only. Trust me. Tidak ada unsur edukasi dan kesejatheraaan satwa sama sekali. Dan untuk dolphinlodgebaliofficial tolong hentikan dan tutup sarana seperti ini," imbuh Davina.

Lucinta Luna rela jadi badut di tahanan. (Youtube/BoyWilliam)
Lucinta Luna rela jadi badut di tahanan. (Youtube/BoyWilliam)

Terkini, akun Instagram Dolphin Lodge Bali sudah tidak aktif. Meski demikian, banyak artis dan netizen yang tetap menyoroti dan menyayangkan peristiwa ini.

Luna Maya memberikan emotikon sedih pada kolom komentar. Mira Lesmana pun syok dan tak habis pikir dengan manusia yang tega melakukan kekejaman pada Lumba-lumba.

"Oh My God! Who are these people??? Kok tega sih?" tulis Mira Lesmana.

"Sangat setujuuu pliisss kasihann Lumba-lumba ini jangan dijadikan lucu-lucuan hanya demi konten," komentar netizen.

"Denger mereka teriak-teriak kegirangan ..... very annoying. Kembalikan Lumba-lumba itu ke habitatnya," timpal yang lain.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report