Seleb

Herjunot Ali Bicara Campur Tangan Tuhan dan Cara Manusia Memeluk Agama

Herjunot Ali bicara soal campur tangan Tuhan yang berbeda pada masing-masing kehidupan manusia.

Yohanes Endra

Herjunot Ali  (Instagram/@herjunotali.studio)
Herjunot Ali (Instagram/@herjunotali.studio)

Matamata.com - Herjunot Ali blak-blakan perihal pemikirannya terhadap Tuhan, agama, dan kepercayaan. Ketika ditanya mengenai ‘Apa yang membuat lu nggak percaya sama Tuhan?’, Herjunot Ali mengatakan bahwa kebanyakan orang menganut kepercayaan bukan berdasarkan pilihan, melainkan turunan.

“Yang pertama adalah gue banyak merasa bahwa kita ketika beragama di Indonesia agama kita itu adalah turunan dan bukan pilihan. Because your parents are Christian, and then you’re Christian," ujar Herjunot Ali di YouTube Bacot Television.

"Lo nggak diberikan keleluasaan berpikir bahwa ini adalah hal yang gue pilih, ini adalah agama yang gue pilih. Kenapa lo harus memilih itu?” imbuhnya.

Herjunot Ali ngobrol bareng Axel Matthew (Youtube.com)
Herjunot Ali ngobrol bareng Axel Matthew (Youtube.com)

Kemudian, Herjunot Ali bicara soal campur tangan Tuhan yang berbeda pada masing-masing kehidupan manusia. Sang aktor pun menilai bahwa sudah banyak ketidakadilan yang terjadi.

“Itu membuat gue menjadi orang yang critical. Gue banyak melihat ketidakadilan di dunia ini dan gue nggak merasa ada campur tangan Tuhan di dalamnya. ‘Kok ini begini? Kok Tuhan enggak adil terhadap ini? Kenapa kita diberikan keberuntungan seperti ini, tapi Tuhan tidak memberikan keberuntungan itu teradap orang ini?’.”

Herjunot Ali ngobrol bareng Axel Matthew (Youtube.com)
Herjunot Ali ngobrol bareng Axel Matthew (Youtube.com)

Meski demikian, Herjunot Ali merasa bahwa semua agama mengajarkan kebaikan. Saat ditanya agamanya, Herjunot Ali mengaku terlahir dari keluarga yang memeluk agama Islam dan kini bangga menjadi sebagai muslim.

“Semua agama mengajarkan hal baik. Intinya, apa ketika elu memilih suatu agama ketika semua agama mengajarkan hal baik? That’s how I learn religion. That’s how I wanna know God back in the day I’m a Buddhist. Gue lahir sebagai Islam and now I can say I’m a proud moslem.”

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report